Ternyata Begini Urutan Memakai Sheet Mask dan Cara Memakainya agar Hasil Maksimal

0
Diunggah 08 November 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Ternyata Begini Urutan Memakai Sheet Mask dan Cara Memakainya agar Hasil Maksimal

Sheet mask sudah menjadi salah satu item yang sering digunakan untuk perawatan kulit. Seperti ini cara memakai sheet mask yang benar!

Apa Itu Sheet Mask?

Sheet mask adalah masker wajah yang berbentuk lembaran terbuat dari serat alami seperti katun. Lembaran masker wajah ini biasanya diperkaya degan serum sebagai bahan utamnya.

Kandungan dalam sheet mask adalah konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan krim wajah. Sebagian besar kandungan sheet mask adalah asam hialuronat, antioksidan, dan ceramide. Namun, banyak sheet mask yang mengandung berbagai kandungan aktif lainnya seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kulit.

Baca Juga : Sheet Mask Khusus Jerawat dari Avoskin, Miraculous Acne Solution Overnight Liquid Ampoule

Sheet Mask Bermanfaat untuk Kulit

Banyak perdebatan yang menyebutkan bahwa pemakaian serum lebih efektif daripada sheet mask. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang mempu menyebutkan mana yang lebih baik. Pemakaian sheet mask dengan kandungan serum dan bahan aktif dapat memberikan manfaat tambahan.

Memakai masker sudah menjadi rutinitas dalam rangkaian perawatan wajah. Salah satu item yang sering dipakai biasanya sheet mask atau masker yang berbentuk tisu. Tidak hanya praktis dan mudah digunakan, sheet mask sering digunakan karena membuat wajah menjadi lebih cerah, halus, lembap, dan kenyal dalam waktu singkat.

Karena penggunaannya yang hanya sekali pakai, penting untuk memakainya secara maksimal agar tidak ada vitamin yang terbuang sia-sia. Nah, kamu bisa ikuti beberapa cara memakai sheet mask yang benar agar hasilnya maksimal:

Cara Memakai Sheet Mask yang Benar Untuk Hasil Maksimal

1. Sesuaikan Waktu Penggunaan Sheet Mask

Kalau kamu berpikir semakin lama kamu menggunakan masker maka wajahmu akan semakin halus, hal itu adalah kesalahan besar. Meninggalkan masker terlalu lama di wajah, apalagi mendiamkannya semalaman saat kamu tidur akan membuat kulit menjadi rusak. Hal ini dikarenakan masker lama kelamaan akan kering, sehingga akan menarik kelembapan alami pada kulit wajah. Maka akan lebih baik gunakan masker sesuai dengan waktu yang disarankan pada kemasan. Rata-rata penggunaan sheet mask berkisar antara 15-20 menit.

Baca Juga : Apakah Benar Menggunakan Sheet Mask Harus Lama? Jangan Salah, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

2. Simpan Sheet Mask dalam Kulkas

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyimpan sheet mask di dalam lemari pendingin. Sebenarnya tidak ada khasiat tambahan dari menyimpan sheet mask di kulkas lebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun, menggunakan masker yang dingin akan membuat wajahmu tampak segar. Masker yang dingin akan sangat sempurna untuk kamu gunakan setelah lelah seharian beraktivitas.

3. Gunakan Kedua Sisi Masker Sheet Mask

Kalau kamu biasa menggunakan masker hanya satu sisi saja, mulai sekarang cobalah menggunakan kedua sisi masker. Sisi yang tidak dipakai masih memiliki essence yang menempel jadi masih bisa kamu gunakan. Contohnya seperti ini, jika waktu pakai yang disarankan selama 20 menit kamu bisa gunakan sisi yang satu terlebih dahulu lalu setelah 10 menit balik masker dan gunakan sisi yang lain.

4. Ratakan Sheet Mask dengan Jari

Saat meletakkan masker pada wajah, pastikan kamu meratakannya dengan jari agar masker tidak menimbulkan gelembung dan dapat menempel dengan sempurna. Selain itu, kamu juga harus menarik masker di bagian kiri dan kanan hingga wajah terasa tertarik. Ini bisa menjadi salah satu treatment anti aging yang baik.

5. Aplikasikan Sheet Mask pada Bagian Tubuh Lain

Setelah selesai menggunakan masker pada wajah, biasanya masker masih memiliki sedikit essence yang menempel. Nah, kamu bisa gunakan masker ini untuk menutrisi bagian tubuh selain wajah. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melipat masker lalu tepukkan pada wajah agar cairannya semakin menyerap ke dalam pori-pori kulit. Selanjutnya, gunakan sheet mask tersebut untuk bagian tubuh yang lain. Kamu bisa menggunakannya pada siku, lutut, atau bagian tubuh lain yang cenderung kasar.

6. Gunakan Sheet Mask Secara Rutin

Hal terpenting dari perawatan wajah adalah penggunaan secara rutin. Kamu tidak perlu terlalu sering menggunakan masker karena masker memang bukan untuk digunakan setiap hari. Sebaiknya gunakan masker favoritmu sebanyak dua hingga tiga kali seminggu agar kulit wajah semakin sehat, halus, lembap, dan terawat.

7. Waktu Terbiak Menggunakan Sheet Mask

Waktu terbaik untuk menggunakan sheet mask yaitu pada malam hari setelah membersihkan wajah dan melaksanakan skincare lainnya (baca urutan memakai sheet mask di bawah ini), atau pagi hari sebelum kamu mengaplikasikan makeup.

Selain memperhatikan tips diatas, penting juga untuk tau urutan menggunakan sheet mask yang benar agar hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal. Berikut adalah urutan memakai sheet mask yang benar:

Urutan Memakai Sheet Mask yang Benar

1. Sebelum Memakai Sheet Mask, Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Urutan memakai sheet mask yang pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan pernah memakai sheet mask saat wajah dalam kondisi yang kotor, meski sudah tidak sabar untuk cepat-cepat memasang sheet mask di wajah. Jadi, selalu pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan sheet mask. Sebab, essence dari sheet mask ini tidak akan berfungsi maksimal apabila kotoran masih banyak yang menempel di wajah.ย 

Baca Juga: Apakah Perlu Cuci Muka Setelah Pakai Masker? Jangan Salah Lagi, Simak Penjelasan Lengkapnya!

2. Eksfoliasi Wajah Sebelum Pakai Sheet Mask

Langkah yang satu ini optional, kamu boleh melakukan exfoliasi kulit wajah terlebih dahulu agar hasil sheet mask maksimal. Meskipun ini hanya langkah tambahan, kamu kamu sudah lama tidak exfoliate wajah akan lebih baik tetap dilakukan karena sel kulit mati akan terangkat. Dengan begitu essence dari sheet mask akan lebih mudah diserap oleh kulit wajah.ย 

Baca Juga: Simak Jenis Exfoliating Acid yang Sesuai untuk Kulitmu! Hati-hati Breakout!

3. Aplikasikan Serum Sebelum Memakai Sheet Mask

Setelah eksfoliasi dilakukan, urutan memakai sheet mask selanjutnya adalah aplikasikan skincare lainnya, seperti serum. Jika kamu memiliki banyak produk skincare seperti booster, serum, moisturizer, atau facial oil, kamu bisa memakainya sebelum memakai sheet mask. Skincare ini akan mengoptimalkan wajah untuk menerima manfaat dari essence yang terkandung dalam sheet mask.

4. Aplikasikan Sheet Mask Pada Wajah

Setelah tiga langkah sebelumnya dilakukan, sekarang saatnya memasang sheet mask. Beberapa dari kamu pasti sering menggunakan sheet mask selama satu jam penuh, bahkan sampai sheet mask mengering. Padahal penggunaan sheet mask yang lebih lama bisa menghasilkan hasil yang sebaliknya. Kamu cukup memakai sheet mask dalam waktu maksimal 20 menit. Lebih dari itu, sheet mask dapat mengering dan memberikan hasil yang sebaliknya.

Setelah tau cara memakai sheet mask yang benar, urutan memakai masker sheet mask, sekarang simak pertanyaan umum (FAQ) tentang sheet mask berikut! Kamu akan lebih siap dan pede saat pakai sheet mask-mu!

Pertanyaan Umum Tentang Sheet Mask

1. Apa Perbedaan Sheet Mask Mahal dan Murah?

Banyak varian sheet mask dengan harga yang berbeda. Para ahli juga beranggapan bahwa kandungan konsentrasi bahan aktif memiliki peran dalam penentuan harga. Sebagian masker ada yang memiliki kandungan air, glikol, gliserin, dan pengawet lebih banyak. Ada juga masker yang memiliki kandungan aktif lebih banyak seperti hyaluronic acid, brightening niacinamide, dan sebagainya.

Namun, hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih sheet mask bukan kandungan serum melainkan bentuk sheet mask itu sendiri. Masker yang terbuat dari kertas lebih terjangkau tetapi sulit untuk menyesuaikan dengan kontur wajah daripada gel atau bioselulosa. Maka, kamu perlu menemukan sheet mask yang mudah dipakai pada wajah dan bertahan dengan baik.

2. Apa Masker Perlu Digunakan Setiap Hari?

Para ahli menyarankan untuk menggunakan sheet mask sebagai perawatan ekstra rutinitas kecantikan sehari-hari. Khasiatnya tidak sebanding dengan produk yang diformulasikan untuk dipakai setiap hari. Selain itu, sheet mask digunakan setiap hari akan menguras pengeluaranmu.

3. Apakah Memilih Sheet Mask Harus Sesuai Jenis Kulit?

Benar! Dalam memilih sheet mask, kamu juga perlu memperhatikan jenis sheet mask yang kamu gunakan agar sesuai dengan kebutuhan kulitmu, Sahabat AVO. Berikut adalah beberapa jenis sheet mask yang harus kamu ketahui:

Sheet Mask untuk Kulit Berminyak

Kamu bisa menggunakan sheet mask yang terbuat dari bahan eksfoliator seperti salicylic acid dan alpha hydroxy acid, purify, seperti clay dan bahan anti bakteri anti inflamasi seperti zinc dan sage. Semua kandungan ini bisa mengatasi kulit berminyak dan kandungan ini bekerja menyerap minyak berlebih pada kulit dan mengecilkan tampilan pori-pori.

Baca Juga: Cara Pemakaian Makeup untuk Kamu Pemilik Kulit Berminyak

Sheet Mask untuk Kulit Kering

Untuk kulit kering kamu bisa memilih sheet mask dengan kandungan hyaluronic acid, gliserin, ceramide, atau peptide. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu kulit menarik dan menjaga air, menghidrasi sekaligus membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Sheet Mask untuk Kulit Kusam

Kalau kamu ingin mencerahkan kulit kusam, kamu bisa menggunakan sheet mask yang mengandung bahan pencerah seperti vitamin C dan niacinamide. Kandungan itu dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan terlihat lelah.

Baca Juga: Vitamin C dan Niacinamide Bisa Dipakai Bersamaan? Baca Dulu Penjelasannya Disini!

Sheet Mask untuk Kulit Sensitif

Pilihlah sheet mask yang mengandung bahan seperti chamomile, resveratrol, polifenol, niacinamide, sorbitol, atau air untuk mengatasi inflamasi atau terasa sakit setelah perawatan.

Meski cara memakai sheet mask yang benar terlihat sederhana, ada banyak hal yang harus diketahui dan diperhatikan agar manfaat dalam memakai sheet mask yang benar dapat lebih optimal. Ikuti terus artikel terbaru dari The Carousel, the official blog of Avoskin!

Last Updated on April 29, 2022

Tags Terkait

#sheetmask
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 November 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya