Cukupi Kebutuhan Air Minum untuk Jaga Kesehatan Mental

0
Diunggah 29 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Cukupi Kebutuhan Air Minum untuk Jaga Kesehatan Mental

Siapa sangka untuk jaga kesehatan mental kamu juga harus cukup air minum. Apa sih alasannya?

Minum air putih sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari, jadi terkadang kurang diperhatikan. Hal-hal seperti mendapatkan sinar matahari yang cukup, melakukan aktivitas fisik dan olahraga dengan rutin, tidur dalam durasi yang tepat, dan nggak terkecuali juga makanan serta minuman yang kita konsumsi tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik. Faktor-faktor tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan mental juga. Nah, ini alasan kenapa cukup minum air putih bisa jadi bagian penting untuk jaga kesehatan mental.

Hidrasi Tercukupi Membuat Mood Lebih Baik

Hidrasi yang cukup membuat mood kita lebih baik. Ketika kekurangan air, tubuh akan jadi cepat lelah dan mudah tegang. Hal ini dapat mengganggu pikiran dan mood kita juga. Dari beberapa studi, ditemukan bahwa orang yang dehidrasi merasa tidak tenang, mudah cemas, dan tegang. Di sisi lain, orang-orang yang terhidrasi dengan baik akan merasa lebih senang dan dapat berpikir dengan jernih. Jadi, kamu bisa lebih memerhatikan keseharianmu ya. Jika mulai merasa down dan sulit konsentrasi padahal sedang tidak ada masalah, coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali kamu minum air.

Depresi dan Anxiety Bisa Muncul Karena Kurang Minum

Kebiasaan yang sangat sederhana tetapi memiliki pengaruh besar adalah minum air yang cukup setiap hari. Maraknya tren minuman manis beberapa tahun belakangan ini membuat rutinitas minum air putih jadi terabaikan. Padahal, minum air dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan risiko depresi dan gangguan kecemasan (anxiety). Beberapa studi membuktikan bahwa orang dewasa yang minum air hanya 2 gelas per hari lebih memiliki risiko gangguan kecemasan.

Ternyata penting banget ya minum air untuk kesehatan mental kita. Buat yang masih malas minum air karena merasa eneg atau tidak suka karena rasa yang tawar, sebaiknya mulai perbaiki kebiasaanmu dari sekarang ya!

Last Updated on December 06, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 29 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya