Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Kamu Cantik dengan Caramu

0
Diunggah 07 December 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Kamu Cantik dengan Caramu

Membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang sangat tidak baik untuk dilakukan. Segera berhenti membandingkan diri dengan orang lain sekarang juga.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Jika hal ini sering dilakukan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mentalmu. Membandingkan diri dengan orang lain sebagai patokan kualitas hidup bukanlah hal yang baik. Kebiasaan ini dapat memicu perasaan iri yang bisa menurunkan rasa percaya diri, menghambat potensi diri, dan menimbulkan perasaan tidak berharga atau menyalahkan diri sendiri. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Beberapa hal sederhana di bawah ini bisa kamu terapkan.

1. Lakukan Positive Talk

Ketika ada hal yang memicu untuk membandingkan diri, kamu bisa coba untuk mengabaikan pikiran negatif itu dengan melakukan positive self-talk. Kamu perlu mulai untuk berbicara positif tentang dirimu kepada dirimu sendiri. Positive self-talk ini dapat membantumu menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri.

2. Beristirahat dari Media Sosial

Setiap hari akun sosial media penuh dengan postingan individu yang memamerkan kehidupan yang terlihat lebih baik dari hidupmu. Tanpa disadari kita jadi sering membandingkan momen buruk kita dengan orang lain. Hal ini akan membuat diri menjadi frustasi dan keraguan diri. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu beristirahat sejenak dari media sosial.

Baca Juga : Cara Terbaik Menghargai Diri Sendiri

3. Fokus pada Hal Penting

Kamu perlu fokus pada dunia yang kamu jalani, kamu bisa menghindari untuk membuang waktu dan energi pada kegiatan yang tidak berarti seperti membandingkan diri dengan orang lain. Kamu bisa alihkan perhatianmu untuk berolahraga atau membaca buku. Lakukan kegiatan yang berguna untukmu.

4. Tulis Semua Pencapaianmu

Mulai sekarang tulislah semua pencapaian yang telah kamu dapatkan. Mulai dari pencapaian besar seperti penghargaan pegawai terbaik di kantor hingga pencapaian kecil seperti berhasil memasak sendiri atau berhasil bangun pagi. Mencatat semua pencapaian yang telah didapatkan akan membuat dirimu lebih percaya diri dalam segala hal. Selain itu, kamu juga bisa lebih menghargai diri sendiri dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Last Updated on January 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 07 December 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya