7 Kesalahan Umum yang Menyebabkan Meditasi Tidak Berhasil Dilakukan

0
Diunggah 07 January 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

7 Kesalahan Umum yang Menyebabkan Meditasi Tidak Berhasil Dilakukan

Banyaknya manfaat meditasi membuat orang ingin melakukannya. Namun, terkadang meditasi tidak berhasil dilakukan. Ini penyebabnya!

Begitu banyak dokumentasi tentang manfaat meditasi yang membuat orang ingin mengikutinya. Meditasi bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, membantu fokus pada pekerjaan, dan dapat mengurangi stres. Meski bermanfaat tidak semua orang bisa melakukannya apalagi banyak yang beranggapan itu membosankan dan butuh kesabaran. Nah, kalau kamu telah mencoba meditasi dan bertanya-tanya mengapa tidak berhasil berarti ada beberapa kesalahan dalam meditasi itu. Berikut ini ada 7 kesalahan umum dalam melakukan meditasi.

1. Meragukan Diri Sendiri

Meragukan diri sendiri adalah hal yang biasa saat pertama kali mulai bermeditasi. Namun, menurut direktur program mindfullness di Mohonk Mountain House, sebuah resor spa di New Paltz, New York hal tersebut merupakan sebuah kesalahan. Orang-orang akan berpikir apakah mereka bermeditasi dengan benar atau efektif yang membuat penghalang saat bermeditasi.

Daripada berfokus pada diri sendiri akan lebih baik kamu gunakan keraguan itu sebagai kesempatan untuk berlatih meditasi. Hal ini akan membersihkan pikiran dan mengembalikan perhatian pada pernapasanmu. Agar meditasimu berhasil perlu diingat bahwa aspek terpenting dari meditasi adalah bebas dari pikiran apapun dan pertanyaan-pertanyaan yang ada.

2. Bermeditasi Saat Kelelahan

Bermeditasi ketika keadaanmu sedang lelah atau mengantuk seperti pada awal atau akhir hari akan membuat meditasi menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan karena biologis tubuh mengharapkan kamu untuk menutup mata dan tidur.

Sebaliknya, berlatih dengan melakukannya saat keadaan tubuh benar-benar bangun atau setelah berolahraga. Akan lebih baik dengan melakukan koordinasi dengan latihan pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas. Jadi, ketika kamu duduk untuk meditasi akan memiliki efek kumulatif.

3. Tidak Melakukan Meditasi Secara Konsisten

Meditasi dirancang untuk dilakukan secara rutin dan konsisten. Dengan meditasi rutin akan memberikan hasil yang diinginkan. Sama seperti menggosok gigi yang harus dilakukan secara rutin, kalau hanya melakukannya tiga minggu sekali tidak akan berpengaruh. Banyak referensi teknik untuk melakukan meditasi namun meditasi bukan mengenai teknik. Yang terpenting adalah kamu melakukan meditasi secara rutin daripada mengikuti referensi yang sulit untuk dilakukan.

4. Selalu Lakukan Meditasi Sendirian

Ketika kamu pertama kali memulai meditasi akan lebih baik dilakukan sendrian. Namun, untuk mendapatkan ilmu meditasi yang lebih baik kamu bisa melakukannya bersama kelompok atau mentor. Mungkin kamu berpikir telah melakukan meditasi dengan benar tetapi jika tidak benar-benar fokus itu kebalikan dari meditasi. Jadi, akan lebih baik kalau kamu menemukan sudut pandang meditasi yang sesuai dengan dirimu sendiri.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Malu dan Tidak Percaya Diri

5. Bermeditasi Untuk Melarikan Diri

Menganggap meditasi sebagai alat pemutus hubungan dengan dunia luar adalah kesalahan umum. Meditasi sebenarnya adalah keadaan sadar dan jernih. Ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan integrasi dirimu dengan masyarakat, keluarga dan wawasan baru. Ketika kamu mengobrol tentu saja tidak akan memikirkan masa lalu atau masa depan. Terkadang kalau kamu tidak terlibat sepenuhnya akan membuat kehilangan informasi. Nah, meditasi ini akan membantumu untuk lebih fokus dan menghubungkan segala hal yang akan kamu lakukan.

6. Menganggap Meditasi Itu Mudah

Mungkin kamu berpikir bahwa meditasi itu mudah karena hanya tinggal duduk dan berdiam diri saja. Padahal ini sebenarnya jauh lebih sulit dari yang terlihta terutama jika kamu terbiasa membiarkan pikiranmu ke mana saja sepanjang hari. Jangan anggap remeh sulitnya meditasi dan bersiaplah untuk menghadapi gangguan. Kalau kamu sedang duduk bermeditasi tetapi mulai berpikir tentang daftar belanjaan atau percakapan yang pernah terjadi maka meditasimu akan terganggu. Nah, kalau sudah begitu Goddess harus memandu pikiran kembali untuk bermeditasi.

7. Berharap Mendapat Pengalaman Spiritual

Banyak orang yang menganggap meditasi sebagai hal yang spiritual dan religius tetapi asal mula pemikiran itu sebenarnya dalam masyarakat India kuno. Penemuan arkeologi di India ini menunjukkan adanya patung, kastil, altar, atau dewa agama spiritual apapun.

Orang Indonesia juga sering beranggapan bahwa meditasi akan memberi pencerahan untuk masalah hidup mereka. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, meditasi ini tidak akan menyelesaikan semua masalah kehidupan. Namun, meditasi akan membuat dirimu lebih sadar pada kemampuan, kekurangan, dan kesalahan apa saja yang pernah kamu lakukan. Meditasi juga akan membuatmu lebih mudah untuk mengidentifikasi hal-hal penting agar memberi hasil yang baik dan tindakan yang perlu diambil.

Itu dia 7 kesalahan yang sering dilakukan saat meditasi. Dengan mengetahui 7 kesalahan umum saat meditasi tersebut kamu bisa menghindarinya agar meditasi yang kamu lakukan berhasil. Selamat mencoba!

Last Updated on January 10, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 07 January 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya