Penting! Ini Manfaat Rajin Menabung yang Harus Kamu Ketahui

0
Diunggah 16 December 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Penting! Ini Manfaat Rajin Menabung yang Harus Kamu Ketahui

Menabung menjadi hal yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup. Ini manfaat rajin menabung yang perlu kamu ketahui!

Terkadang kita terlena dengan kehidupan yang menyenangkan dan selalu ingin mengikuti tren. Teman nonton konser K-pop, jadi ingin ikutan. Ada infuencer terkenal yang cantik pakai barang branded terbaru, kita ingin punya juga. Belum lagi lihat baju-baju menggemaskan di TikTok Shop, ada café baru yang wajib dikunjungi, cemilan hits yang harus dicoba. Hal ini seringkali sulit untuk dikontrol dan membuatmu jadi tidak punya tabungan. Padahal, menabung adalah hal yang penting dalam hidup dan sudah sering diingatkan. Lalu, apa saja sih manfaat rajin menabung ini?

1. Bisa Liburan Tanpa Berhutang

Berlibur memang hal yang wajar dilakukan tetapi bukan berarti kita jadi memaksakan diri atau menghalalkan segala cara untuk menikmati liburan singkat ini. Impulsif pakai credit card, pinjam teman, atau mengandalkan paylater sebaiknya dihindari. Liburnya hanya beberapa saat, tapi stres akibat cicilannya bisa berlangsung lama. Kalau kamu rajin menabung, kamu bisa berlibur tanpa berutang. Melakukan transaksi dengan uang yang sudah kamu milki bukan berhutang. Membeli tiket hotel, memesan tur, membuat budget makanan, membayar tiket kereta atau pesawat, semua pakai tabungan yang sudah kamu kumpulkan jauh-jauh hari. Bikin itinerary liburan pun jadi lebih tenang. Agar tabunganmu nggak tercampur, kamu bisa membuat rekening terpisah khusus untuk liburan.

2. Memiliki Dana Darurat

Dana darurat adalah simpanan yang penting bqgi kestabilan finansial kamu di waktu mendatang. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi atau kebutuhan di hari esok. Makanya, jangan malas menabung dan menyisihkan uang untuk biaya darurat ini. Dana darurat juga bisa dipakai untuk kejadian tak terduga seperti memperbaiki atau membeli ponsel, laptop, atau barang-barang perabotan di rumah yang tiba-tiba rusak. Ketika kendaraan seperti mobil dan motor kamu mogok, kamu juga tidak pusing saat memiliki dana darurat. Pastinya, dana darurat juga akan membuatmu lebih aman untuk menjalani masa depan.

3. Menghindari Hutang

Manfaat menabung sejak dini selanjutnya, yaitu menghindari utang. Menabung bisa menjadi salah satu cara mencegah utang yang paling efektif. Dengan menabung, kamu tidak perlu mengajukan pinjaman demi mencukupi kebutuhan sehari-hari dan keperluan lainnya.

4. Belajar Mengatur Keuangan

Belajar mengatur keuangan juga bisa dilakukan sejak dini. Cara agar kamu bisa mengatur keuangan adalah dengan membiasakan menabung sejak dini. Mengatur keuangan dengan baik adalah hal yang sangat penting dikuasai oleh seseorang. Dengan membiasakan menabung sejak kecil, kamu akan paham bagaimana cara menggunakan uang yang baik dan bijak. Selain itu, kebiasaan ini juga akan meminimalisir sang anak membeli keperluan yang tidak penting.

Last Updated on December 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 December 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya