Financial Planning untuk Millenial, Seperti Apa sih?

0
Diunggah 06 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Financial Planning untuk Millenial, Seperti Apa sih?

Financial planning menjadi hal yang sangat penting untuk generasi milenial. Coba ikuti financial planning for millenial ini!

PT AVO Innovation Technology memiliki komunitas yang disebut Rubi Community. Komunitas ini tidak hanya untuk tampil cantik dan elegan saja, tetapi kami juga memberikan pelajaran dan ilmu yang bermanfaat untuk setiap anggota di dalamnya. Kali ini, Rubi mengadakan acara yang membahas “financial planning” untuk kaum milenial.

Rubi Class kali ini menghadirkan Achie Mahfudloh, MBA, CFP, dari Rayhn Wealth Advisory sebagai pembicara di acara kali ini. Fokus pembahasan di kelas ini adalah “financial planning” khususnya untuk kaum milenial karena rata-rata anggota Rubi berusia 20-26tahun. Berikut adalah pentingnya financial planning untuk milenial dan cara mengatur keuangan untuk milenial.

Financial Planning Berdasarkan Usia

Pada usia 20tahunan, kebutuhan belum begitu banyak karena masih banyak yang belum memiliki tanggungan. Namun, hal ini jangan dijadikan alasan untuk bersantai-santai. Pada usia ini, sebaiknya kamu memiliki dana darurat setidaknya enam kali biaya hidup untuk memberikan rasa aman. Lalu, pada usia 30tahunan. kebutuhan hidupmu akan lebih banyak.

Namun, kamu tetap bisa melakukan kerja sampingan untuk menambah pemasukan. Untuk usia 40-50tahunan setidaknya kamu menyisakan 15 atau 25 persen pendapatan untuk pensiun, dana darurat dan tabungan umum. Pastikan tingkat kemapanan finansial dengan melihat seberapa besar tabungan pensiun.

Achie Mahfudloh menerangkan untuk membuat “budgeting” sejak dini agar memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan. Beberapa cara ini harus kamu lakukan untuk mengatur finansialmu.

  1. Buat pos pengeluaran (tagihan, kebutuhan rutin, pengeluaran sosial, tabungan, investasi, dan pengeluaran lifestyle).
  2. Catat setiap pengeluaran
  3. Miliki dua rekening atau lebih (tabungan, investasi, pengeluaran)
  4. “Delaying Pleasure” (menunda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan)
  5. Simpan dana darurat minimal 3bulan gaji

Baca Juga : Kurang Tidur Dapat Mengurangi Produktivitas Kerja

Kecerdasan Dalam Financial Planning

Melakukan financial planning memang dibutuhkan kecerdasan seperti mengolah atau menahan rasa ingin terhadap sesuatu. Generasi milenial harus bisa menahan rasa ingin akan hal-hal yang menyenangkan dan mampu mengelola dengan baik. Generesi milenial harus memiliki 5 kecerdasan berikut ini:

  1. Kecerdasan menghasilkan uang
  2. Kecerdasan mengalokasikan uang
  3. Kecerdasan mengembangkan uang
  4. Kecerdasan melindungi uang
  5. Kecerdasan mencari informasi

Pastikan kamu memiliki kecerdasan tersebut agar uang yang kamu dapatkan dapat dikelola dengan baik dan dikembangkan dengan sempurna. Jika ingin melakukan investasi sebaiknya carilah informasi sedetail mungkin agar tidak mengalami kerugian yang besar. Generasi milenial tentu mudah mencari informasi karena hidupnya tidak jauh dari gadget dan teknologi.    

Last Updated on March 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 06 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya