Tips Meningkatkan Bonding dengan Anak untuk Para Working Mom

0
Diunggah 18 December 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Tips Meningkatkan Bonding dengan Anak untuk Para Working Mom

Meskipun sibuk bekerja, para mama tetap perlu meluangkan waktu dengan anak. Ini tips meningkatkan bonding dengan anak!

Sebagai ibu yang bekerja, membagi waktu antara pekerjaan, mengurus anak, dan pekerjaan rumah tangga memang bukan hal yang mudah. Full time Moms ataupun working Moms pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Meskipun tidak bisa seharian penuh menemani anak karena harus bekerja, kamu tetap bisa membangun bonding dengan anak loh. Berikut ini tips meningkatkan bonding dengan anak di rumah.

1. Sempatkan Bermain dengan Anak di Waktu Rumah

Pagi hari sebelum berangkat ke kantor dan sepulang kerja, sempatkan waktu untuk 30 menit untuk bermain atau menghabiskan waktu bersama anak. Meski tidak terlalu lama, kamu perlu memiliki waktu rutin dan berkualitas bersama buah hati. Khususnya pada malam hari, sebelum anak tertidur. Hindari segala bentuk distraksi, seperti mematikan handphone atau mengecek pekerjaan supaya waktu dengan anak tidak terganggu.

2. Lakukan Pekerjaan Rumah Bersama Anak

Mengajak anak untuk terlibat dalam pekerjaan rumah juga memberikan manfaat tersendiri untuk buah hati. Selain memberikan keterampilan kepada mereka untuk masa depan, mereka juga bisa berlatih apa itu tanggung jawab. Mulai dari menata kamar, membereskan mainan, hingga menyiapkan sarapan, Ibu dan anak bisa memiliki waktu bersama dan membangun komunikasi yang baik. Pekerjaan rumah selesai, kamu juga punya quality time bersama buah hati.

3. Periksa Kebersihan Tubuh Anak

Selain menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak, memberikan sentuhan kasih sayang pada mereka juga bisa meningkatkan bonding. Sambil bersantai, kamu bisa memberikan pijatan, memotong kuku, atau membersihkan telinga mereka. Bahkan, jika mereka sudah bisa diajak berkomunikasi, kamu bisa melakukannya sambil bercerita. Meski aktivitas tersebut terlihat sederhana, momen-momen ini sangat bermakna bagi anak-anak.

4. Buat Jadwal Rutin untuk Bermain dengan Anak Saat Weekend

Kamu masih merasa quality time bersama keluarga dan anak masih kurang? Rekreasi di akhir pekan bisa jadi solusi yang tepat. Tidak perlu pergi ke tempat yang terlalu jauh atau harus mengeluarkan biaya yang mahal. Kamu bisa mengajak anak jalan-jalan sore di taman dekat rumah, jajan street food bersama, atau mengunjungi objek wisata yang dekat dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

5. Baca Buku Cerita untuk Anak Sebelum Tidur

Rutin membacakan dongeng atau cerita sebelum tidur bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Kebiasaan membacakan buku cerita pada anak tidak hanya akan meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil, tetapi juga bisa meningkatkan bonding serta komunikasi dengan mereka. 

Last Updated on December 27, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 December 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya