Manfaat Rice Bran Extract untuk Kesehatan Kulit

0
Diunggah 03 December 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Rice Bran Extract untuk Kesehatan Kulit

Rice bran atau bekatul sering digunakan untuk perawatan kulit. Sebenarnya apa sih manfaat rice bran extract ini?

Belum banyak yang mengetahui manfaat rice bran untuk kulit. Rice bran atau bekatul yang sering digunakan untuk bahan pakan ternak di Indonesia. Sedangkan di negara Jepang dan Korea, rice bran dipakai untuk produk perawatan kecantikan. Rice bran ini dibuat menjadi bentuk essential oil yang terbuat dari ekstrak kulit ari padi yang kemudian mengeluarkan  minyak kaya akan antioksidan dan dapat dipakai untuk merawat kesehatan kulit. Lalu, apa saja sih manfaat rice bran ini?

1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti, flek dan keriput pada kulit. Anti-oksidan ini adalah kandungan yang efektif untuk mencegah efek buruk yang disebabkan oleh radikal bebas yang berasal dari sinar UV dan polusi.

Rice bran oil sendiri memiliki kandungan anti-oksidan alami, yang terdiri dari oryzanol, tokoferol, tokotrienol, serta phytosterols yang diklaim punya kandungan anti-oksidan 10 kali lebih tinggi dari vitamin E. Kandungan oryzanol dalam rice bran oil berfungsiuntuk menghambat produksi pigmentasi melanin dengan menahan aktivitas enzim tirosinase yang bisa mencegah munculnya flek-flek hitam pada kulit.

2. Memperbaiki Kerusakan Kulit

Rice bran memang diklaim dapat meningkatkan kesehatan kulit. Di dalam rice bran terkandung beberapa antioksidan, sehingga diyakini baik untuk memperbaiki kerusakan kulit. Bahan ini diyakini mampu meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat mengurangi kerutan, meningkatkan produksi kolagen pada kulit.
Lebih dari itu, antioksidan dalam dedak padi juga dipercaya bisa mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas. Hasilnya, kulit terhindar dari risiko peradangan.

3. Mengontol Produksi Minyak

Penggunaan rice bran pada kulit berminyak dan kombinasi mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Kandungan squalane yang ada pada rice bran oil bisa membantu mengontrol produksi sebum, sehingga tetap bisa melembapkan kulit wajah tanpa takut kulit akan menjadi semakin berminyak. Hal ini karena rice bran oil memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap oleh kulit, sehingga sangat cocok diguanakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak sekalipun.

4. Menghaluskan Kulit

Rice bran juga memiliki kandungan vitamin E dan fatty acid (omega 3, 6 dan 9) yang bermanfaat untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, rice bran oil juga bisa memperlambat proses munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan keriput. Kandungan protein, Vitamin E, Vitamin B, dan magnesium dalam rice bran mampu menjaga elastisitas pada kulit wajah, kulit menjadi kencang dan tidak mudah kendur. Selain itu, kandungan ini dapat menghambat proses pembentukan melanin berkat kandungan oryzanol-nya, sehingga rice bran oil dalam ritual kecantikan bisa mencegah warna kulit menjadi bertambah gelap.

5. Mengecilkan Tampilan Pori-Pori

Rice bran oil bisa mengecilkan tampilan pori-pori. Perlu diketahui bahwa ukuran pori-pori tiap manusia berbeda-beda. Jika ukurannya membesar, maka dapat memicu tumbuhnya jerawat dan bikin tekstur kulit jadi kurang mulus. Untuk mengatasinya, mulailah merawat kulit wajah agar pori-pori wajah tidak membesar, salah satunya dengan menggunakan produk dengan rice bran oil. Jia diaplikasikan secara rutin, minyak tersebut akan membuat kulit lebih halus hingga pori-pori pun mengecil.

Last Updated on December 07, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 December 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya