Selain Bermanfaat untuk Bayi, Baby Oil Memiliki Banyak Manfaat untuk Orang Dewasa

Healthy Skin - Elisabeth - March 30, 2021

Sering digunakan untuk merawat kulit bayi. Ternyata ada banyak manfaat baby oil untuk orang dewasa bahkan kulit wajah.

Kalau kamu memiliki bayi, baby oil mungkin sudah menjadi salah satu perawatan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Namun, siapa sangka kalau baby oil tidak hanya baik untuk bayi tetapi juga untuk orang dewasa. Minyak serba guna ini bisa kamu gunakan untuk berbagai hal seperti pertolongan pertama pada kecelakaan hingga perawatan kecantikan. Nah, ini dia beberapa manfaat baby oil yang bisa kamu dapatkan.

Kandungan dalam Baby Oil

Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak berbau maupun berwarna. Minyak ini diambil dari proses penyulingan minyak bumi lalu minyak akan dimurnikan dan disuling kembali. Sebelum dijual, baby oil akan diberi tambahan zat pengawi.

Kandungan baby oil biasanya mengandung 98% minyak mineral dan 2% aroma. Minyak mineral ini bersifat lembam yang tidak berubah atau bereaksi dengan zat lain. Karena mineral ini bersifat ringan, tidak berwarna, dan tidak memiliki bau, minyak ini tidak akan menyumbat pori-pori dan aman digunakan.

Biasanya dalam baby oil ada ekstrak lidah buaya yang dapat diproses untuk menghilangkan reaksi kulit luar dari paparan bahan kimia yang memicu alergi terhadap kulit bayi.  Selain itu, baby oil juga mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk kulit. Vitamin E ini berguna sebagai antioksidan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Baby Oil untuk Orang Dewasa

Walaupun kegunaan baby oil awalnya untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya orang dewasa juga bisa mendapatkan fungsi baby oil. Namun, kamu perlu ingat kalau baby oil untuk wajah masih belum teruji secara ilmiah mengenai efektifitasnya. Maka dari itu, kamu perlu menggunakannya dengan berhati-hati. Berikut ini adalah manfaat baby oil yang akan kamu dapatkan.

1. Menghapus Makeup pada Wajah

Kegunaan baby oil salah satunya adalah menghapus makeup yang menempel di wajah. Yup! Baby oil bisa menjadi solusi untukmu yang ingin menggunakan makeup remover atau produk pembersih makeup yang lembut di kulit.

Cara menggunakannya mudah, kamu cukup menuangkan beberapa tetes baby oil ke kapas lalu usapkan ke seluruh riasan wajah secara lembut. Bersihkan secara menyeluruh sampai tidak terlihat sisa makeup yang menempel. Setelah selesai, bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk wajah perlahan.

Namun, kegunaan baby oil ini belum terbukti secara ilmiah mengenai keefektifannya. Meskipun dianggap aman untuk kulit, kalau kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak memperparah jerawat.

Baca Juga : Perbedaan Milk Cleanser dan Oil Cleanser. Jangan Sampai Keliru!

2. Melembapkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan adalah melembapkan kulit. Baby oil adalah produk perawatan noncomedogenic atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Jadi, kalau kamu memiliki tipe kulit normal yang cenderung kering, baby oil ini bisa melembapkan kulitmu.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa salah satu kandungan pelembap yang baik untuk kulit adalah minyak mineral. Kandungan utama dari baby oil ini ternyata sangat bermanfaat untuk kulit dibandingkan dengan etanol, gliserin, dan air. Peneliti juga menemukan bahwa minyak mineral bisa membantu menghidrasi kulit dan membuat kulit lebih kenyal.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan langsung ke seluruh permukaan wajah secara merata. Pastikan kamu menuangkan baby oil secukupnya pada telapak tangan dan tepuk pada seluruh permukaan wajah secara merata.

3. Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Kamu bisa menggunakan baby oil untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah tentunya menggangu penampilan dan membuat penggunaan lipstik jadi kurang maksimal. Kamu bisa membuat scrub alami dari baby oil dan gula pasir untuk mengatasi masalah ini.

Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes baby oil dan 1/2 sendok teh gula pasir lalu aduk merata. Oleskan pada permukaan bibir sambil menggosoknya secara perlahan selama 3-4 menit. Hal ini akan membuat warna alami bibir kembali dan lembap.

4. Menghilangkan Noda pada Kulit Wajah

Baby oil juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda pada kulit wajah. Misalnya, wajahmu terkena coretan spidol atau tinta, kamu bisa menghapusnya dengan baby oil. Cara menggunakan baby oil untuk menghilangkan noda di kulit wajah sama seperti menghapus makeup dengan babi oil. Kamu cukup menuangkan baby oil pada kapas lalu usapkan pada noda yang ada di kulit wajah. Bersihkan secara menyeluruh sampai nodanya berangsur hilang.

Baca Juga: Kamu Takut Dengan Munculnya Spider Veins Diwajah? Simak Dulu Fakta Spider Veins Ini!

5. Menyamarkan Kantung Mata

Menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak menjadi salah satu manfaat baby oil untuk wajah. Kamu bisa menyamarkan kantung mata dengan menggunakan beberapa tetes baby oil pada area bawah mata. Setelah itu, pijat ringan area bawah mata menggunakan jari tangan selama kira-kira 2 menit dan bersihkan sisa minyak menggunakan kapas atau tisu.

Banyak sekali ya manfaat yang didapatkan dari baby oil ini. Kegunaan baby oil ini memang belum ada penelitian lebih lanjut jadi tidak bisa sepenuhnya dijadikan acuan. Jika kamu masih ragu, tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter spesial kulit untuk mengetahui kondisi kulitmu dan baby oil yang akan digunakan. Jangan sampai kulitmu berakhir dengan iritasi karena tidak cocok menggunakannya ya!

Last Updated on April 1, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *