7 Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

0
Diunggah 03 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

7 Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Kondisi tubuh saat bulan puasa tentunya berbeda dari bulan lainnya. Nah, kamu bisa mengatasi jerawat saat puasa dengan beberapa cara ini.

Kesehatan dan kebersihan kulit perlu selalu dijaga dan diperhatikan apalagi saat bulan puasa. Metabolisme tubuh akan mengalami perubahan saat tubuh tidak mengonsumsi apa-apa. Hal ini akan membuat kulit dan bibir cenderung menjadi kering, jerawat juga turut bermunculan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena beberapa cara ini bisa mengatasi jerawat saat puasa.

Baca Juga : Ini Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit Wajah yang Akan Kamu Dapatkan

Kenapa Saat Puasa Berjerawat?

Banyak kasus yang menunjukkan bahwa selama bulan puasa, resiko wajah megalami breakout dan munculnya jerawat lebih tinggi. Jerawat muncul ketika puasa karena kondisi wajah yang kering akibat dehidrasi. Selain itu asupan vitamin dan gizi selama bulan puasa pada sebagian orang terkadang menurun. Hal ini lah yang menyebabkan kesehatan kulit tidak dapat terjaga dan terawat dengan baik sehingga muncul jerawat pada wajah.

Apakah Puasa Bisa Mengurangi Jerawat?

Pada kasus yang lain, jerawat justru berkurang ketika puasa karena asupan gizi justru lebih seimbang dibanding diluar bulan puasa. Hal ini biasanya terjadi jika di luar bulan puasa kamu terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan tanpa pertimbangan kandungan gizi dan vitaminnya. Misalkan kamu berlebihan mengkonsumsi gorengan dan protein yang pada sebagian orang dapat memicu jerawat. Namun ketika bulan puasa, konsumsi makanan tersebut berkurang sehingga jerawat jadi berkurang juga.

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Pada dasarnya konsumsi gizi dan vitamin seimbang pada bulan puasa akan menjadi kunci kesehatan kulit wajahmu. Berikut adalah 7 cara mengatasi jerawat saat puasa yang dapat kamu lakukan

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Tubuh yang kekurangan cairan akan mengakibatkan masalah pada kulit wajah. Maka dari itu, untuk mengganti cairan yang hilang selalu minum air putih yang cukup saat sahur maupun berbuka puasa.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Kalau kamu ingin jerawat hilang, kamu juga harus memerhatikan asupan makananmu. Wajah akan tampak bersih jika pencernaanmu lancar. Maka dari itu, kamu wajib mengonsumsi sayur dan buah secara rutin agar kebutuhan serat terpenuhi. Sayuran dan buah ini dapat menghilangkan jerawat dan membuat wajah terlihat lebih segar dan awet muda.

Baca Juga : Ikuti Trik Ampuh Agar Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

3. Hindari Makanan Digoreng dan Berlemak

Makanan yang digoreng adalah musuh jerawat. Bahkan makanan yang mengandung lemak tinggi juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, mulai sekarang hindari makanan saat berbuka maupun sahur. Pilihlah makanan yang direbus, kukus, atau panggang yang lebih sehat untuk tubuh.

4. Istirahat yang Cukup

Saat bulan puasa biasanya pola tidur akan terganggu, jadi pastikan kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Kamu juga bisa mencoba tidur lebih awal agar saat bangun untuk sahur, waktu istirahat tetap tercukupi.

5. Selalu Bersihkan Wajah

Selalu bersihkan wajah di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Karena debu, kotoran, dan sisa makeup yang menempel menjadi salah satu penyebab jerawat. Jadi, jangan pernah malas untuk mencuci muka jika tidak mau wajah berjerawat. Kamu bisa selalu sediakan Natural Sublime Facial Cleanser di kamar mandi untuk membersihkan wajah dengan maksimal.

6. Gunakan Pelembap

Kamu tetap memerlukan pelembap untuk menghidrasi wajah agar keadaan jerawat tidak semakin parah. Sebaiknya pilih pelembap yang ringan, berbahan dasar air dan memiliki label oil free. Untuk produk pelembap kamu harus pastikan kandungannya cocok dengan kondisi kulitmu. Kamu bisa memilih varian dari Your Skin Bae Glow Concentrate Treatment dengan tekstur ringan dengan bahan dasar air.

7. Gunakan Sunscreen

Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat Saat Puasa

Sunscreen atau tabir surya juga menjadi hal yang wajib dipakai sebelum keluar rumah. Selain melindungi wajah dari sinar matahari, sunscreen juga menangkal segala jenis debu dan polusi yang bisa masuk ke dalam pori-pori. Sunscreen yang cocok untuk kulit wajahmu adalah The Great Shield Sunscreen dari Avoskin. Produk ini mampu melindungi kulitmu dari dampak buruk sinar matahari.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa

Itu dia beberapa cara mengatasi jerawat saat berpuasa. Meskipun kondisi tubuh berubah saat bulan puasa, kamu tetap perlu menjaga kesehatan kulitmu ya!

Last Updated on April 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya