Ikuti Trik Ampuh Agar Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

0
Diunggah 01 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Ikuti Trik Ampuh Agar Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Sebagai penderita maag terkadang ragu-ragu untuk melakukan puasa. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti beberapa tips ini agar lancar puasa bagi penderita maag.

Maag terjadi karena peradangan pada lambung maka dari itu penderita maag diwajibkan untuk makan dengan pola teratur. Pola makan teratur ini dilakukan agar sakit maag tidak mudah kambuh. Nah, untuk menghadapi bulan puasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita maag agar bisa menjalani puasa dengan aman. Yuk, ikuti beberapa trik ampuh ini agar lancar puasa bagi penderita maag.

1. Hindari Beberapa Makanan dan Minuman Ini

Bagi kamu penderita maag, sebaiknya hindari minuman seperti kopi, anggur putih, minuman beralkohol, sari buah citrus, dan susu full cream saat berbuka dan sahur. Hal ini dikarenakan minuman tersebut bisa memicu asam lambung naik. Selain itu, sebaiknya hindari cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang karena akan merusak permukaan dinding lambung. Makanan seperti cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan juga perlu dihindari karena bisa melemahkan klep kerongkongan bawah.

2. Beberapa Makanan yang Baik untuk Penderita Maag

Agar kamu tidak mudah lapar dan lemas di siang hari, sebaiknya konsumsi karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna saat sahur. Sebaiknya konsumsi buah kurma saat berbuka puasa karena memiliki banyak manfaat sebagai sumber karbohidrat, serat, kalium, dan magnesium. Bagi penderita maag akan lebih baik mengonsumsi makanan yang dipanggang daripada digoreng. Selain itu, buah pisang juga baik dikonsumsi oleh penderita maag karena berfungsi sebagai sumber bagi nutrien seperti karbohidrat kalium dan magnesium.

3. Konsumsi Obat Wajib yang Dianjurkan

Dengan berpuasa penderita maag lebih bisa mengendalikan diri dan obat maag mungkin tidak diperlukan. Namun, bagi kamu yang rutin mengonsumsi obat-obatan saat menghadapi bulan puasa sebaiknya konsumsi obat-obatan tersebut. Penderita maag tidak boleh sembarangan menjalankan puasa dan membutuhkan persiapan ekstra. Minumlah obat sesuai resep dokter saat sahur agar kuat menjalani puasa.

Baca Juga : Kurangi Konsumsi Makanan ini Agar Terhindar dari Peningkatan Asam Lambung

4. Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih sangat penting terutama saat berpuasa. Sebelum berbuka dan makan berat akan lebih baik minum segelas air terlebih dahulu untuk mengurangi kadar asam lambung. Usahakan jangan minum saat makan, tunggu kurang lebih 15 menit setelah selesai lalu minum setelah selesai makan. Hal ini akan membuat makanan yang masuk dapat lebih mudah dicerna oleh lambung.

5. Hindari Stres

Sebaiknya hindari pikiran stres bagi penderita maag, kamu bisa lakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa dan istirahat yang cukup. Kadar stress yang tinggi akan meningkatkan produksi asam lambung. Saat bulan puasa ini adalah waktu yang tepat untuk menjaga kadar stres dengan ketenangan ibadah. ย ย 

Beberapa tips di atas bisa kamu lakukan selama bulan puasa ini ya! Tidak ada lagi maag kambuh saat berpuasa, kamu tidak perlu ragu untuk menjalankan ibadah di bulan ini. Semoga berhasil, Sahabat AVO!

Last Updated on April 04, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya