Ini 7 Makanan yang Biasa Ada di Bulan Puasa

0
Diunggah 02 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Ini 7 Makanan yang Biasa Ada di Bulan Puasa

Bulan puasa memang berbeda dari bulan lainnya. Banyak sekali hidangan yang hadir hanya saat bulan puasa. Nah, ini beberapa makanan bulan puasa yang biasa hadir di Indonesia.

Di bulan Ramadan ini beragam persiapan pasti dilakukan. Mulai dari fisik yang prima, mental, hingga pengeluaran selama bulan Ramadan. Bulan Ramadan selalu memberi banyak kesan dari suasana, ibadah, bahkan sajian kuliner setiap tahunnya. Nah, kamu sadar tidak sih ternyata ada beberapa makanan ini yang lebih sering muncul di bulan Ramadan. Apa saja sih makanan bulan puasa itu?

1. Es Blewah

Banyak yang mengira buah blewah sama dengan labu. Kenyataannya, blewah memiliki rasa yang lebih ringan dan mirip melon. Blewah biasa dijadikan sebagai menu takjil, bisa menjadi minuman sendiri atau dicampur es buah dan es timun suri.

2. Es Timun Suri

sayurbox.com

Tanaman timun suri biasanya hanya akan ditanam menjelang sampai akhir bulan Ramadan. Jadi tidak heran jika es timun suri hanya bisa didapatkan saat bulan Ramadan. Es timun suri merupakan salah satu buah yang mampu mencegah panas dalam dan memperlancar pencernaan karena mengandung vitamin C dan serat di dalamnya.

3. Es Pisang Ijo

Minuman khas Makassar ini juga menjadi salah satu menu buka puasa favorit banyak orang. Minuman yang terbuat dari pisang raja berbalut tepung hijau dan disiram sirup manis akan mudah ditemukan di pinggir jalan saat bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan segar membuat buka puasa menjadi lebih nikmat.

4. Biji Salak

cookpad.com

Kalau kamu tidak ingin makan makanan berat sebelum sholat maghrib, biji salak bisa menjadi pilihan menu buka puasamu. Hidangan ini berbahan dasar tepung tapioka dan bisa mengganjal perutmu sampai selesai sholat magrib sebelum lanjut ke hidangan utama.

Baca Juga : Konsumsi Buah-Buahan Ini untuk Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa

5. Kolak

Minuman manis yang satu ini akan sering tersedia di meja dan sepanjang jalan orang berjualan. Kolak sangat cocok disajikan sebagai menu berbuka karena rasanya yang manis serta isinya berupa pisang, ubi, atau kolang kaling yang dapat mengisi perut setelah berpuasa seharian.

6. Kolang Kaling

kompas.com

Kolang kali dapat kamu konsumsi sepanjang tahun tanpa harus menunggu bulan Ramadan. Namun, saat bulan puasa, kolang kaling akan sulit ditemui dan hanya dapat dibeli di pasar atau supermarket. Kolang kaling biasanya dikonsumsi bersama dengan es buah atau kolak.

7. Kurma

Kurma bisa kamu nikmati sepanjang tahun dan tidak hanya pada saat bulan Ramadan saja. Namun, eksistensi buah kurma ini akan menanjak pada saat bulan Ramadan. Hal ini dikarenakan sunnah Rasullullah yang memang menganjurkan untuk menyantap kurma berjumlah ganjil saat berbuka puasa.

Itu dia makanan yang sering muncul saat bulan puasa. Selain keluarga membuat sendiri di rumah, ada banyak sekali penjual dadakan yang menyajikan minuman-minuman di atas. Kalau minuman atau makanan favorit kamu yang mana nih?

Last Updated on April 07, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya