Konsumsi Buah-Buahan Ini untuk Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa

0
Diunggah 30 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Konsumsi Buah-Buahan Ini untuk Mengatasi Dehidrasi Saat Puasa

Ketika berpuasa tentunya tubuh akan kekurangan cairan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena buah-buahan bisa mengatasi dehidrasi saat puasa.

Ketika menjalankan ibadah puasa, tidak jarang kamu mengalami saat-saat kehausan atau dehidrasi. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi ketika sahur atau berbuka. Salah satu sumber makanan yang bisa mengatasi masalah dehidrasi ini adalah dengan rajin mengonsumsi buah-buahan saat sahur dan berbuka. Lalu, apa saja sih buah-buahan yang bisa mengatasi dehidrasi saat puasa?

1. Mangga

Mangga memiliki kandungan air yang tinggi dan mengandung 135 kalori, serat, mineral, vitamin A, B6, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu tubuh mendapatkan cairan yang cukup dan membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

2. Semangka

Semangka adalah buah yang paling banyak mengandung air sampai dengan 95%. Kandungan elektrolit dalam semangka dapat mengatasi dehidrasi sehingga stamina tubuh akan terus terjaga. Selain itu, kandungan gula dalam semangka berisi mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potasium yang efektif mencegah dehidrasi dibandingkan dengan air biasa.

3. Nanas

Nanas memiliki rasa manis dan asam yang mengandung bromelain untuk mencegah penggumpalan darah dan anti inflamasi untuk mengatasi peradangan. Selain itu, asam aminonya bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Jadi, nanas ini cocok untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menangkal berbagai penyakit selama bulan Ramadan.

4. Jeruk

Kandungan air pada jeruk mencapai 87% dan kandungan vitamin C di dalamnya mencapai 100%. Hal ini membuat jeruk baik untuk dikonsumsi setiap hari. Jeruk bisa mengatasi dehidrasi saat puasa dan mencegah sariawan yang sering menyerang ketika kamu berpuasa.

5. Delima

Buah delima termasuk buah yang memiliki kandungan air tinggi hingga 90%. Delima juga mengandung 30 kalori dan limonoids yang mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh serta mencegah tumbuhnya tumor/kanker.

Baca Juga : Tips untuk Tetap Bersemangat Bekerja Saat Puasa

6. Blewah

Blewah memiliki kandungan air 89% yang mampu mendorong tubuh untuk memproduksi energi lebih banyak untuk menjaga kestabilan gula darah dalam yubuh. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu kamu mengatasi dehidrasi selama 13-14 jam, jadi selama berpuasa kamu tidak akan dehidrasi. Kandungan zat gula yang terdapat dalam blewah memang diperlukan oleh tubuh. Kandungan kalium yang tinggi ini dapat memperlancar suplai oksigen ke otak sekaligus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

7. Buah Berry

Strawberry termasuk dalam golongan buah berry yang mengandung air hingga 92%. Strawberry termasuk buah yang paling banyak mengandung antioksidan, kandungan ini bermanfaat untuk kulit. Selain itu, raspberry dan blueberry juga bisa mencegah dehidrasi. Selain kandungan air yang tinggi, buah berry juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membersihkan arteri dan mengatur gula darah.

8. Anggur

Buah anggur mengandung banyak air yang berfungsi meningkatkan cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat resveratrol dalam anggur berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk tubuh.

9. Air Kelapa

Bukan buah kelapa yang bisa kamu konsumsi tetapi cukup airnya saja. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi 95% serta mengandung sodium dan karbohidrat. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi sehingga stamina tubuh terjaga. ย ย ย 

Last Updated on April 01, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 30 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya