Cara Mengatasi Leher Hitam Dengan Cara Alami, Aman, dan Mudah Kamu Coba

0
Diunggah 01 September 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Cara Mengatasi Leher Hitam Dengan Cara Alami, Aman, dan Mudah Kamu Coba

Leher hitam sering mengganggu penampilan bukan? Coba ikuti cara mengatasi leher hitam ini agar lehermu terlihat lebih bersih.

Leher hitam adalah salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan karena dapat terlihat dengan jelas di bawah kepala. Masalah ini bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan hingga kondisi medis tertentu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan hitam di leher yang bisa dilakukan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab Leher Hitam

Secara umum, kasus leher hitam memang tidak berbahaya dan tidak menular. Namun tetap perlu diwaspadai terlebih jika terdapat gejala lain, seperti kulit gatal, menebal, atau bahkan terasa lebih lembut dibandingkan kulit di sekitar kulit leher.

Sebelum membahas cara memutihkan leher hitam, kamu harus mengetahui penyebab leher hitam. Sering kali leher yang terletak di bagian belakang tubuh luput dibersihkan saat mandi. Akibatnya, kotoran menumpuk di leher dan membuatnya menghitam. Selain itu, paparan sinar matahari bisa membuat leher yang tidak tertutup rambut tampak menjadi lebih gelap.

1. Hiperpigmentasi dari paparan sinar matahari

Salah satu hal paling sederhana yang menyebabkan leher hitam adalah paparan sinar matahari.

Jika Anda sering melakukan kegiatan di luar ruangan, terpaan sinar matahari yang secara langsung menyentuh kulit secara dapat menyebabkan leher menjadi hitam.

Masalah menghitamnya kulit dapat diakibatkan oleh fenomena yang disebut hiperpigmentasi yang terjadi kalebih banyakren tubuh melakuka produksi zat melanin. Zat ini berfungsi sebagai pelindung sel dalam kulit dari terpaan sinar ultraviolet (UV).

2. Regenerasi lapisan kulit yang menghasilkan daki

Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan leher hitam seperti dermatitis neglecta atau daki, akantosis nigrikans atau lipatan kulit menjadi gelap. Ada beberapa penyakut lainnya yang menyebabkan leher hitam jadi kamu perlu menghubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut.

Pada dasarnya daki adalah kumpulan sel kulit yang sudah mati dan membentuk lapisan sendiri di atas kulit baru. Setiap hari kulit pasti akan mengalami regenerasi atau pergantian kulit. Nah, pergantian kulit ini menghasilkan daki. Terkadang sel kulit yang sudah mati masih menempel di permukaan sehingga menghasilkan lapisan berwarna keruh yang biasa disebut daki.

Daki biasanya ada di badan yang membentuk flek hitam di leher, ketiak, atau bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Daki bukanlah unsur yang bersifat oil based atau bersifat seperti minyak sehingga daki tidak akan menghalangi masuknya air ke dalam tubuh/ kulit.

Cara Memutihkan Leher Hitam

Ada beberapa cara menghilangkan leher hitam secara alami maupun medis yang bisa kamu pilih. Berikut adalah berbagai cara menghilangkan hitam di leher yang mengganggu.

1. Melakukan Eksfoliasi

Penyebab leher hitam biasanya adalah kotoran atau daki serta sel kulit mati yang menumpuk. Jadi, eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati juga bisa menjadi cara mencerahkan leher.

Kamu bisa menggosokkan permukaan kulit leher dengan scrub alami dari bubuk kopi yang dicampurkan dengan air hangat dan minyak kelapa. Lalu, gosokkan pada area leher yang menghitam sampai bersih. Jangan terlalu keras saat menggosokkan permukaan kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Cara menghilangkan daki yang sudah menghitam ini mudah untuk dicoba.

2. Membersihkan Leher Saat Mandi

Cara memutihkan leher yang paling mudah adalah dengan membersihkannya saat mandi. Leher hitam paling sering terjadi karena jarang atau tidak pernah dibersihkan. Maka dari itu kamu harus membiasakan diri untuk membersihkan area leher secara menyeluruh, terutama leher bagian belakang agar daki maupun kotoran yang menumpuk dapat hilang.

Cara menghilangkan daki di leher ini bisa kamu lakukan dengan menggosoknya menggunakan tangan atau alat khusus. Pastikan untuk melakukannya secara rutin agar tetap bersih dan tidak ada daki menumpuk.

cara menghilangkan leher hitam
Salah satu cara menghilangkan leher hitam bisa dengan membersihkan rutin saat mandi

3. Bubur Kopi Hitam Sebagai Scrub

Kopi menjadi salah satu alternatif alami sebagai cara menghilangkan hitam di leher, termasuk cara memutihkan leher belakang. Tidak hanya nikmat untuk diminum, kopi juga bisa membantumu menghilangkan daki yang sudah menghitam di kulit.

Kamu bisa menggunakan kopi sebagai scrub alami untuk membersihkan leher dari daki dan sel kulit mati. Kamu bisa membuat scrub kopi ini sendiri dengan mudah untuk membersihkan leher hitam.

Ikuti langkah mudah membuat scrub kopi untuk menghilangkan hitam di leher berikut:

  1. Langkah pertama, ambil beberapa sendok bubuk kopi dan seduh dengan air hangat.
  2. Kemudian, usapkan air kopi pada seluruh tubuh yang berdaki.
  3. Selanjutnya, diamkan scrub kopi selama 20 menit lalu gosok bubuk kopi hitam sampai daki yang menghitam terkelupas dan bersih.
  4. Terakhir, setelah selesai scrub, kamu bisa membilas tubuh dengan air dan mandi seperti biasa.
cara menghilangkan hitam di leher
Cara menghilangkan hitam di leher dapat dengan memakai scrub bubur kopi

4. Beras Putih

Kandungan dalam beras putih juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan leher hitam. Kamu bisa menggunakan beras putih sebagai cara menghilangkan leher hitam. Beras bisa kamu jadikan scrub untuk membersihkan leher hitam.

Cara memutihkan leher belakang dengan scrub beras putih adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, ambil sejumput beras dan sangrai di wajan dengan api sedang
  2. Setelah itu, tumbuk beras sampai menjadi bubuk
  3. Saat beras sudah menjadi bubuk, teteskan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata
  4. Kemudian, oleskan pasta bubuk beras seperti memakai scrub ke seluruh tubuh sebelum mandi
  5. Langkah beriktnya adalah gosokkan scrub beras secara merata keseluruh area tubuh hingga daki terangkat kemudian bilas bersamaan saat mandi
cara menghilangkan leher hitam
Beras putih dapat menjadi salah satu cara menghilangkan hitam di leher

5. Susu

Terkadang banyak orang yang tidak sadar pada kemunculan daki di beberapa bagian tubuh. Namun, ada juga yang terganggu dengan keberadaan daki di kulit. Padahal, daki yang sudah menghitam yang muncul akan berbeda pada setiap jenis kulit dan dari tingkat kebersihan.

Susu dapat menjadi salah satu alternatif dan cara cara menghilangkan leher hitam. Kandungan vitamin A, D, dan kalsium dalam susu bisa dijadikan perawatan kulit yang baik, termasuk menghilangkan daki.

Cara menghilangkan leher hitam dengan scrub beras putih adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, kamu bisa menyiapkan susu secukupnya
  2. Lalu, oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit atau sampai mengering
  3. Setelah itu, gosok badan secara perlahan hingga daki menghilang.
  4. Kemudian jika daki sudah bersih segera bilas tubuhmu dengan air bersih
  5. Kamu bisa melakukan perawatan ini 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal
cara menghilangkan hitam di leher
Susu murni dapat menjadi salah satu cara menghilangkan hitam di leher

Baca Juga : 7 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Memutihkan Ketiak

6. Minyak Zaitun

Kalau kamu memiliki daki di beberapa lipatan tubuh seperti ketiak, siku, dan leher, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan daki di leher dan kulit tubuh.

Berikut cara membersihkan daki di leher yang sudah menghitam dengan tepat dengan minyak zaitun:

  1. Sebelum menggunakan minyak zaitun, sebaiknya hangatkan minyak zaitun terlebih dulu
  2. Kemudian jika minyak zaitun sudah dihangatkan, oleskan minyak zaitun ke seluruh lipatan tubuh yang terdapat daki
  3. Lalu, diamkan minyak zaitun selama 20 menit kemudian gosok daki sampai menghilang dari kulit
  4. Daki yang sudah menghitam dan membandel di leher dan di badan akan terlepas dengan mudah setelah diolesi minyak zaitun
  5. Selanjutnya, setelah daki bersih, bilas tubuhmu dengan air hangat dan gunakan body lotion setelah mandi
cara menghilangkan leher hitam
Cara cara menghilangkan leher hitam bisa dengan minyak zaitun

7. Spons

Selain bahan alami, kamu juga perlu menggunakan spons untuk membersihkan daki, tumpukkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada kulit. Daki yang bersarang pada leher, ketiak, paha, dan punggung bisa dihilangkan dengan menggosok tubuh menggunakan spons.

Saat mandi kamu bisa menggunakan spons yang bisa membuat sabun menghasilkan banyak busa. Alat ini juga befungsi sebagai alat eksfoliasi dalam mengelupaskan sel kulit mati, yang salah satunya berwujud daki yang sudah menghitam.

Gunakan spons untuk menghilangkan daki di leher dan bagian tubuh lainnya dengan gerakan melingkar. Spons juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan daki yang sudah menghitam. Setelah digunakan, selalu bersihkan spons agar tidak menyimpan bakteri.

cara menghilangkan hitam di leher
Cara menghilangkan hitam di leher bisa dengan membersihkannya dengan spons lembut

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan daki yang sudah menghitam, yang juga bisa kamu terapkan untuk menghilangkan daki di leher dan bagian tubuh lainnya.

Setelah daki bersih dari kulit tubuhmu, kamu juga perlu mencegah daki agar tidak datang kembali. Sebaiknya kamu rutin untuk mandi minimal 2 kali sehari dan selalu cek kondisi leher agar tidak muncul bercak hitam lagi. Selain itu, lakukan scrubbing secara rutin agar kulit tubuh selalu bersih.

Last Updated on September 12, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 September 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya