Cara Menghilangkan Daki di Tubuh dengan Bahan Alami

Body Fit - Elisabeth - April 5, 2021

Daki atau kotoran pada kulit sering menumpuk di area tubuh terutama leher. Lalu, bagaimana cara menghilangkan daki ini?

Setiap hari kulit pasti akan mengalami regenerasi atau pergantian kulit. Nah, pergantian kulit ini menghasilkan daki. Terkadang sel kulit yang sudah mati masih menempel di permukaan sehingga menghasilkan lapisan berwarna keruh yang biasa disebut daki.  Daki ini biasanya ada di badan yang membentuk flek hitam di leher, ketiak, atau bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Kotoran ini bisa berupa sel kulit mati, sebum, atau keringat yang terus menumpuk lalu menyebabkan hiperpigmentasi yang membentuk flek atau kerak. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan daki yang ada di tubuh ini? Yuk, simak caranya!

1. Gunakan Bubur Kopi Hitam Sebagai Scrub

Kopi tidak hanya nikmat untuk diminum, ternyata kopi juga bisa membantumu menghilagkan daki di kulit. Kamu bisa menggunakan kopi sebagai scrub alami untuk mengangkat daki dan sel kulit mati.

Kamu bisa membuat scrub kopi ini sendiri dengan mudah kok. Ambil beberapa sendok bubuk kopi dan seduh dengan air hangat. Kemudian, usapkan air kopi pada seluruh tubuh yang berdaki. Diamkan selama 20 menit lalu gosok bubuk kopi hitam sampai daki terkelupas dan bersih. Kalau sudah selesai, kamu bisa membilas tubuh dengan air dan mandi seperti biasa.

2. Beras Putih Bisa Menghilangkan Daki

Daki adalah flek atau kotoran yang menghitam pada kulit dan perlu dibersihkan. Kamu bisa menggunakan beras putih sebagai penghilang daki. Beras ini bisa kamu jadikan scrub untuk membersihkan kulit dari daki.

Ambil sejumput beras dan sangrai di wajan dengan api sedang. Setelah itu tumbuk beras sampai menjadi bubuk. Saat beras sudah menjadi bubuk, teteskan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata. Oleskan pasta bubuk beras seperti memakai scrub ke seluruh tubuh sebelum mandi. Gosok merata keseluruh area tubuh sampai daki terangkat kemudian bilas bersamaan saat mandi.

3. Gunakan Susu untuk Menghilangkan Daki

Terkadang banyak orang yang tidak sadar pada kemunculan daki di beberapa bagian tubu. Namun, ada juga yang terganggu dengan keberadaan daki di kulit. Padahal, daki yang muncul akan berbeda pada setiap jenis kulit dan dari tingkat kebersihan.

Kandungan vitamin A, D, dan kalsium dalam susu ini bisa dijadikan perawatan kulit yang baik. Caranya mudah, kamu bisa menyiapkan susu secukupnya lalu oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit atau sampai mengering. Setelah itu, gosok badan secara perlahan hingga daki menghilang. Jika daki sudah bersih segera bilas tubuhmu dengan air bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Baca Juga : 7 Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Memutihkan Ketiak

4. Manfaatkan Minyak Zaitun untuk Membersihkan Daki pada Kulit

Kalau kamu memiliki daki di beberapa lipatan tubuh seperti ketiak, siku, dan leher, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengangkat daki dari kulit.

Sebelum menggunakan minyak zaitun, sebaiknya hangatkan minyak zaitun terlebih dulu. Jika sudah dihangatkan, oleskan minyak zaitun ke seluruh lipatan tubuh yang berdaki. Diamkan selama 20 menit kemudian gosok daki sampai menghilang dari kulit. Daki yang membandel akan terlepas dengan mudah setelah diolesi minyak zaitun. Setelah daki berjatuhan, bilas tubuhmu dengan air hangat dan gunakan body lotion setelah mandi.

5. Gunakan Spons untuk Meluruhkan Daki

Selain bahan alami, kamu juga perlu menggunakan spons untuk menghilangkan tumpukkan kotoran dan sel kulit mati yang menempel pada kulit. Daki yang bersarang pada leher, ketiak, paha, dan punggung bisa dihilangkan dengan menggosok tubuh menggunakan spons.

Saat mandi kamu bisa menggunakan spons yang bisa membuat sabun menghasilkan banyak busa. Alat ini juga befungsi sebagai alat eksfoliasi dalam mengelupaskan sel kulit mati. Gunakan untuk menghilangkan daki di leher dan bagian tubuh lainnya dengan gerakan melingkar. Setelah digunakan selalu bersihkan spons agar tidak menyimpan bakteri.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan daki. Setelah daki bersih dari kulit tubuhmu, kamu juga perlu mencegah daki agar tidak datang kembali. Sebaiknya kamu rutin untuk mandi minimal 2 kali sehari dan selalu cek kondisi leher agar tidak muncul bercak hitam lagi. Selain itu, lakukan scrubbing secara rutin agar kulit tubuh selalu bersih.

Last Updated on April 5, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *