Bingung Memilih Skincare? Ini Cara Menyusun Skincare Routine Terbaik untuk Kulitmu

0
Diunggah 15 August 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Bingung Memilih Skincare? Ini Cara Menyusun Skincare Routine Terbaik untuk Kulitmu

Menggunakan skincare tidak bisa asal-asalan ya! Yuk, coba ikuti beberapa cara menyusun skincare routine terbaik versimu!

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, memiliki produk skincare yang bagus saja tidak cukup. Kamu perlu tahu urutan yang tepat pada penggunaan skincare agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulit. Jadi, menyusun skincare routine yang tepat itu sangat penting. Urutan skincare routine yang perlu kamu ikuti harus berdasarkan dari jenis kulit, formula produk skincare, waktu pengaplikasian, dan takaran produk. Masing-masing produk skincare perlu kamu perhatikan cara penggunaannya. Nah, agar skincaremu tidak sia-sia, ikuti cara menyusun skincare routine ini ya!

1. Kenali Kondisi Kulit Sebelum Menggunakan Skincare

Sebelum menyusun skincare routine, kamu harus mengetahui jenis dan kondisi kulitmu lebih dulu. Pertama, kamu perlu menentukan apa jenis kulitmu. Kalau kamu bingung dengan jenis kulitmu, kamu bisa konsultasi dengan dokter kulit agar lebih jelas dan tepat.

Kalau kamu ingin mencari tahu sendiri, kamu bisa melakukan pengamatan sederhana pada kulit wajahmu. Pertama bersihkan wajah dengan pembersih wajah dan biarkan tanpa memakai skincare apapun selama beberapa saat. Kulit normal biasanya tidak masalah, tetapi pada kulit kering akan terasa kering dan kencang setelah dibersihkan. Kulit berminyak akan terlihat mengkilap atau berminyak terutama area T dan dagu. Sementara pemilik kulit kombinasi akan terasa kering di area pipi tetapi berminyak di area T.

Setelah mengetahui jenis kulit, kamu bisa menentukan skincare routine apa yang sesuai dengan jenis kulitmu. Perhatikan juga masalah kulit apa yang ada di wajahmu, apakah kulit kusam, mudah berjerawat, pori-pori besar atau keriput. Pastikan skincare routine yang kamu lakukan memiliki tahapan untuk mengatasi masalah kulit ini.

2. Pilih 3 atau 10 Step Skincare Routine

Setiap orang bisa memiliki tahapan skincare routine yang berbeda karena tahapan skincare tergantung dari jenis dan masalah kulit. Namun, beberapa faktor lain juga mempengaruhi pemilihan skincare routine seperti ketersediaan produk dan waktu penggunaan produk.

Bisa jadi kamu sudah mencoba skincare routine yang memberikan hasil terbaik untuk kulit. Ada 3 tahap dan 10 tahap skincare routine, nah 3 tahap yang wajib ada adalah membersihkan wajah, fokus pada masalah kulit, dan melembapkan kulit. Untuk urutan 10 tahapan skincare routine bisa seperti berikut:

1. Cleansing oil

2. Cleanser

3. Eksfoliator

4. Toner

5. Serum dengan bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit

6. Spot treatment

7. Serum hidrasi.

8. Krim mata.

9. Face oil

10. Krim malam atau sleep mask

Baca Juga : Bahan Aktif Terbaik untuk Skincare Routine Malam Hari

3. Skincare Routine Wajib Pagi Hari

Kalau menurutmu 10 langkah skincare terlalu banyak atau kamu tidak punya cukup waktu terutama di pagi hari, kamu tetap harus melakukan 3 step skincare wajib di pagi hari. Pertama, kamu harus menggunakan cleanser karena kulit harus terjaga kebersihannya. Selain itu, kulit tetap memproduksi minyak saat tiidur jadi selam tidur sel kulit mati dapat terbentuk di permukaan kulit alhasil saat bangun tidur pori-pori kulit bisa tertutup oleh minyak dan kotoran. Maka dari itu, membersihkan wajah dengan cleanser di pagi hari sangat disarankan.

Setelah itu, penggunaan moisturizer juga harus dilakukan. Tidak hanya kulit kering saja yang butuh kelembapan ekstra, kulit berminyak juga memerlukan moisturizer. Memakai moisturizer akan menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga lebih sehat. Moisturizer bisa berbentuk gel, lotion, atau krim, kamu bisa sesuaikan dengan jenis kulitmu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan komposisi bahan dalam produk, kamu bisa memilih moisturizer yang non comedogenic dan tidak mengandung minyak.

Salah satu langkah penting merawat kulit adalah melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak kulit. Jika kamu memakai bahan aktif yang membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari seperti retinol, penggunaan sunscreen di pagi hari itu wajib. Sinar UV dapat menimbulkan berbagai gangguan pada kulit mulai dari penuaan dini seperti keriput dan noda hitam. Jadi, gunakan sunscreen dengan minimal 30 SPF dan ulangi pemakaian jika kulit terkena air atau keringat, reapply setiap 2 jam sekali jika beraktivitas di luar ruangan.

4. Skincare Routine Wajib di Malam Hari

10 tahapan skincare kelihatannya terlalu panjang ya. Jangan khawatir, kamu bisa lakukan skincare routine malam hari dengan 4 tahapan saja. Tahapan skincare malam ini tidak boleh kamu lewatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Pertama, kamu bisa menggunakan makeup remover atau cleansing oil. Untuk kamu yang memakai makeup rutin setiap hari, jangan sampai melewatkan tahapan ini. Sabun atau cleanser saja kadang tidak cukup untuk membersihkan sisa makeup dengan sempurna. Maka dari itu, makeup remover ini penting agar kulit benar-benar bersih.

Setelah wajah bersih dari makeup, kamu bisa lanjutkan dengan menggunakan cleanser untuk membersihkan pori-pori wajah. Lalu, kamu bisa lanjutkan dengan spot treatment untuk mengobati jerawat atau memudarkan hiperpigmentasi. Terakhir, kamu bisa memakai krim malam atau sleeping mask. Krim malam dapat mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit dan melembapkan kulit hingga pagi hari.

Nah, itu dia beberapa skincare tips untuk menentukan tahapan skincare yang cocok untuk kulitmu. Jangan sampai kamu salah menggunakan skincare ya, Sahabat AVO!

Last Updated on August 16, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 August 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya