Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Agar Bekas Jerawat Segera Hilang

0
Diunggah 10 July 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeEksfoliasi

Berhenti Lakukan 3 Hal Ini Agar Bekas Jerawat Segera Hilang

Jerawat memang menyebalkan tetapi lebih menyebalkan lagi bekas jerawat yang tidak kunjung hilang. Nah, menghilangkan bekas jerawat harus hindari 3 hal ini.

Setelah jerawat sudah hilang, bukan berarti masalah sudah selesai. Tahap selanjutnya adalah pertempuran yang sebenarnya, karena masih ada bekas jerawat yang nongol di wajah. Noda-noda cokelat atau hitam yang mengganggu penampilan ini juga sering dipanggil PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation).

Walaupun sudah rajin memakai serum Vitamin C atau eksfoliasi dengan AHA/BHA, bekas jerawat mungkin tidak kunjung hilang karena kebiasaan buruk yang kamu lakukan. Maka dari itu berhenti lakukan 3 hal ini untuk menghilangkan bekas jerawat ya!

1. Over Exfoliating atau Over Cleansing

Salah satu tips paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat adalah rajin eksfoliasi, tapi jangan sampai melakukannya terlalu sering karena kulit bisa over-exfoliated. Sama halnya dengan over-cleansing atau membersihkan kulit terlalu sering, kedua kebiasaan buruk ini dapat merusak moisture barrier yang menjaga kesehatan kulit.

Ketika moisture barrier terganggu, kulit tidak hanya menjadi lebih sensitif, tapi juga menjadi rentan mengalami jerawat dan hiperpigmentasi.

2. Penggunaan Foundation yang Salah

Kalau sedang berjerawat, hal reflex yang akan dilakukan banyak orang adalah menyembunyikannya di bawah makeup yang tebal. Sebenarnya hal itu boleh saja asalkan memakai foundation atau concealer, karena ada banyak base makeup yang dapat mengiritasi kulit acne-prone, sehingga menambah kemungkinan jerawat meninggalkan bekas membandel sesudah sembuh.

Memang tidak mudah untuk menjauhkan diri dari foundation atau concealer saat berurusan dengan jerawat. Karena itu, salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan pimple patches untuk melindungi kulit dari bakteri dan ingredients makeup yang mungkin dapat memperparah jerawat. Selain itu, coba gunakan foundation yang lebih ringan, atau yang dibuat khusus untuk kulit acne-prone. Kalau ada SPF-nya, hal itu akan lebih baik.

3. Tidak Reapply Sunscreen

Kalau kamu rutin menggunakan produk eksfoliasi seperti AHA/BHA, atau melakukan treatment peeling untuk bekas jerawat, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV yang dapat membuat PIH menggelap. Karena itu, tidak cukup hanya mengaplikasi sunscreen pada pagi hari, kamu juga harus reapply ulang sepanjang hari. Terutama bagi kamu yang aktivitasnya diluar ruangan dan terus menerus terkena sinar matahari, disarankan untuk reapply setiap dua atau tiga jam.

Setelah mengetahui 3 hal di atas, kamu wajib menghentikan kebiasaan buruk itu, ya. Dengan menghentikan kebiasaan buruk itu, dijamin bekas jerawat yang bersarang di wajahmu akan segera hilang.

Last Updated on June 16, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 July 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya