Cara Eksfoliasi Wajah dengan Benar

0
Diunggah 09 June 2023
LikeBeauty

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Benar

Cara eksfoliasi wajah dengan benar bukan hanya tentang menggosok kulit wajah maupun menggunakan bahan eksfolian yang bekerja membersihkan sel kulit mati. Proses eksfoliasi wajah juga perlu memperhatikan setelah eksfoliasi pakai apa dan kandungan apa yang tidak boleh dipakai setelah eksfoliasi. 

Apabila eksfoliasi kulit dilakukan tanpa memperhatikan proses sebelum dan sesudah, maka bukan tidak mungkin kulit kamu menjadi iritasi dan dehidrasi. Untuk menghindari permasalahan kulitmu semakin bertambah, berikut ini merupakan cara yang tepat eksfoliasi wajah supaya kulit tetap terjaga

Yang Harus Diperhatikan ketika Melakukan Eksfoliasi

Secara bertahap kamu perlu memahami bahwa proses pengangkatan sel kulit mati perlu dibarengi dengan upaya menjaga kebersihan dan melindungi kulit. Berikut ini merupakan cara eksfoliasi wajah dengan benar ketika melakukan eksfoliasi.

1. Pilih Cara Eksfoliasi Wajah

Kamu pasti sudah familiar, dengan manfaat eksfoliasi yang bertugas untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terasa kasar dan kusam. Untuk bisa mendapatkan eksfoliasi yang optimal kamu perlu memperhatikan bagaimana cara kamu mengeksfoliasi, misalnya apakah lebih cocok chemical eksfoliasi atau psychical eksfoliasi. 

Selanjutnya, pastikan bahwa dalam mengaplikasikan skincare eksfoliasi ke wajah dengan tangan yang bersih. Selalu mencuci tangan dan ikat rambut ke belakang supaya minyak yang ada di rambut tidak mengganggu proses eksfoliasi. Lalu, bersihkan wajah dengan facial wash atau facial foam sesuai jenis kulit kamu. 

2. Produk Eksfoliasi Wajah untuk Pemula

Sebelum memulai skincare eksfoliasi, kamu perlu mengenal kulitmu. Apabila memiliki tipe kulit berminyak, kamu bisa memilih kandungan hydroxy acid. Namun, jika kulit kamu kering dann sensitif maka pilihlah eksfoliator berbahan alami, ringan dan lembut.

Produk eksfoliasi wajah yang direkomendasikan untuk pemula adalah serum eksfoliasi. Sebagai pemula kandungan eksfolian pada serum eksfoliasi memiliki persentase yang ideal untuk bekerja mengatasi masalah kulit kamu.

Kamu pun bisa menggunakan Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid 10% + Kiwi Fruit 5% + Niacinamide 2,5% High Dose Serum untuk kulit kering dan sensitif. Apabila kamu lebih cocok dengan psychical exfoliation, maka menggunakan facial wash yang mengandung scrub dapat menjadi pilihanmu. 

Setelah mengetahui skincare untuk eksfoliasi wajah yang cocok untuk kamu, setelahnya kamu perlu memperhatikan bahwa rangkaian skincare kamu hanya memiliki bahan aktif yang boleh dicampur dan hindari kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan. 

Yang Harus Diperhatikan Setelah Melakukan Eksfoliasi

Setelah eksfoliasi pakai apa? Kamu perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari moisturizer setelah eksfoliasi sampai sunscreen setelah eksfoliasi.

1. Kandungan yang Tidak Boleh Dipakai Setelah Eksfoliasi

Bahan aktif yang bersifat eksfolian memiliki sifat abrasif yang berkemampuan untuk membersihkan sel kulit mati. Dengan sifatnya ini, kamu tidak dianjurkan untuk mencampurnya dengan bahan aktif lain seperti retinol maupun Vitamin C yang sama-sama abrasif.

Apabila kamu mencampurkan Retinol atau Vitamin C setelah eksfoliasi, maka kedua bahan yang bersifat abrasif ini bisa meningkatkan risiko kulit terasa panas, kemerahan, iritasi dan rusaknya skin barrier. Untuk menghindari terjadinya masalah kulit seperti ini kamu dianjurkan memilih skincare dengan kandungan menghidrasi dan menenangkan seperti centella asiatica, glycerin atau hyaluronic acid

Kamu pun bisa menggunakan moisturizer Your Skin Bae Multi Herbs Moisturizer yang mengandung 5% Glycerin, 2% Kakadu Plum Solution, 0.5% Caffeine, 0.05% Allantoin serta 9 jenis ekstrak herbal untuk membantu melembapkan kulit, menutrisi kulit, dan menenangkan kulit.

2. Jangan Skip Sunscreen saat Pagi

Cara eksfoliasi wajah dengan benar selanjutnya adalah penggunaan tabir surya. Sunscreen merupakan rangkaian skincare eksfoliasi yang tidak kalah penting. Apabila kamu melakukan eksfoliasi di malam hari, selalu pakai sunscreen di keesokan harinya. 

Memakai sunscreen dapat mengurangi resiko hipersensitivitas yang disebabkan oleh proses eksfoliasi di malam hari. Sehingga dengan penggunaan tabir surya, kamu pun sedang melindungi lapisan kulit dari iritasi sinar matahari. 

Lalu Bagaimana dengan Eksfoliasi untuk Kulit Berjerawat?

Kulit berjerawat pastinya memiliki sensitifitas yang berbeda. Dalam melakukan eksfoliasi, kamu dianjurkan untuk melakukannya hanya seminggu sekali atau dua minggu sekali saja.

Pastikan juga untuk menggunakan produk eksfoliasi yang memiliki tekstur seperti losion. Menggunakan produk dengan tekstur halus adalah kunci. Sebaliknya, penggunaan scrub dalam eksfoliasi untuk kulit berjerawat sangat beresiko menyebabkan jerawat semakin meradang. Apalagi jika kamu menggosoknya dengan kasar.

Mempraktikan cara eksfoliasi wajah yang benar pada kulit berjerawat mungkin lebih terbayang untuk dilakukan. Namun, memilih produk eksfoliasi untuk wajah berjerawat belum tentu.

Kamu perlu menggunakan jenis produk yang tepat mulai dari kandungannya hingga kecocokannya dengan tipe kulitmu. Supaya tidak salah memilih produk eksfoliasi untuk kulit berjerawat, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya. Hubungi salah satu professional dan lakukan konsultasi secara online.

Kabar baiknya, kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahli melalui laman Halodoc yang saat ini sedang menyediakan spesial kode kupon untuk konsultasi lebih hemat. Khusus bagi Sahabat AVO, pastikan untuk memasukan kode HALOAVOSKIN sebelum memulai konsultasi. Dengan mengaplikasikan kode ini, kamu bisa mendapatkan potongan biaya hingga Rp. 50.000 dan berlaku sampai 15 Januari 2024.

Itu dia Sahabat AVO, tips eksfoliasi mulai dari persiapan eksfoliasi yang tepat hingga memperhatikan kandungan yang tidak boleh dipakai setelah eksfoliasi. Bahkan di kulit berjerawat sekalipun.

Walaupun eksfoliasi dianjurkan dilakukan secara repetisi untuk hasil optimal, pastikan untuk melakukan jeda diantara eksfoliasi. Kamu bisa melakukan eksfoliasi satu hingga dua kali seminggu. Melakukan rutinitas ini terlalu sering sangat tidak disarankan karena bisa membuat kulit semakin tipis dan menyebabkan kondisi kulit sensitif dan kering. 

Last Updated on November 23, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 09 June 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya