Realisasikan Pengelolaan Sampah Plastik bersama Pandawara Group

0
Diunggah 19 June 2023
LikeAvo Stories

Realisasikan Pengelolaan Sampah Plastik bersama Pandawara Group

Sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke-51, campaign #BeatPlasticPollution pun diimplementasikan sebagai seruan global untuk memerangi polusi plastik. Menjadi salah satu prinsip utama dari Avoskin untuk menjaga Planet, kali ini ada kolaborasi yang Avoskin bangun bersama Pandawara Group untuk menangani sampah plastik di Indonesia. 

Pandawara grup merupakan lima anak muda yang memiliki concern terhadap plastik sampah. Bersama dengan kepedulian ini Pandawara telah memberikan inspirasi kepada banyak anak muda serta mendapatkan perhatian akan motivasi menjaga lingkungan dari plastik sampah. 

Mengapa Pengelolaan Sampah Plastik?

Plastik sampah merupakan limbah produk plastik dan partikel yang dapat berpengaruh pada ekosistem. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah polusi plastik pada sudut-sudut yang ditemui di jalan, seperti sungai bahkan lautan.

Sudah pasti terasa bagaimana pengumpulan sampah plastik yang buruk bisa menyebabkan polusi udara seperti bau yang tidak sedap ataupun bahaya masalah tersumbatnya sungai seperti banjir. Bahkan, berita terbaru menyatakan bahwa plastik sampah yang ada di lautan Indonesia telah pergi jauh sampai ke negara Afrika. Menurut riset yang dipublikasikan pada jurnal Marine Pollution Bulletin pada Februari 2023, sebagian besar sampah plastik, tutup botol dan barang rumah tangga kecil telah terdampar di Seychelles, Afrika Timur. 

Ini merupakan permasalahan yang serius untuk mengetahui polusi plastik bahkan bisa mengembara sampai sejauh itu. Melalui kekhawatiran yang sama, satu cara mengurangi sampah plastik yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah pengumpulan sampah di sudut-sudut jalan. Termasuk, pengelolaan sampah plastik pada kemasan skincare yang dapat didaur ulang. 

Campaign Pengembalian Botol Kosong Avoskin

Avoskin memiliki campaign pengembalian botol kosong yang menyilakan Sahabat Avo untuk mengumpulkan botol skincare yang mereka pakai. Aksi pengembalian botol kosong juga digelar pada acara Female Daily (FD) x Beauty di Jogja Expo Center pada bulan Mei kemarin. Untuk menyelaraskan perjalanan optimalisasi pengurangan sampah, Avoskin menyediakan corner pengembalian botol kosong yang setiap 1 botolnya bermakna pembersihan 1 kg sampah yang direalisasikan oleh Avoskin dan Pandawara. 

Pada event yang  berlangsung selama 3 hari ini, telah terkumpul 725 botol dari 255 customer yang mengembalikan botolnya pada booth Avoskin di acara FD x Beauty. Dengan total yang sudah terkumpul ini, 725 botol dikonversikan menjadi minimal 725 kg sampah yang perlu dibersihkan oleh Avoskin dan Pandawara nanti.

Tidak hanya bersama Pandawara, Avoskin mengajak Sahabat Avo dan mengajak sustainable activist Kak Vania F Herlambang untuk ikut serta dalam pengolahan sampah plastik berupa pembersihan sungai. Vania Fitriyanti Herlambang merupakan figur inspirasi yang mewakili provinsi Banten pada kontes Puteri Indonesia 2018 dan meraih posisi Runner-up 1 dengan bergelar Puteri Indonesia Lingkungan 2018.

Dengan keterlibatan Vania pada aksi nyata lingkungan, ini menginspirasi Avoskin untuk menyatukan perhatian yang sama untuk menyuarakan sustainable lifestyle.

Challenge Pengelolaan Sampah Pandawara x Avoskin

Pada hari Minggu 11 Juni 2023, aksi pembersihan sampah dilakukan pada sungai kecil di daerah Bandung Kulon, Bandung, Jawa Barat yaitu Sungai Holis. Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta dibagi menjadi 2 tim yaitu tim Pandawara Group dan Team Vania bersama Sahabat Avo.

Pengolahan Sampah Plastik Avoskin x Pandawara Group

Dengan target pembersihan sampah sebesar 725 kg, Pandawara dan Sahabat Avo berhasil mengumpulkan lebih dengan total sampah 2,5 ton sampah. Pada dua team, masing-masing mengumpulkan sampah yang berbeda. Team Sahabat Avo mengumpulkan 850 Kg yang menjadi 55 kantong sampah. Sedangkan Pandawara Grup mengumpulkan 1.650 kg atau 70 kantong sampah. 

Melalui aksi mengurangi sampah plastik ini, challenge pengumpulan sampah terbanyak dimenangkan oleh tim Pandawara. Seluruh tim pun berhasil membersihkan sungai yang awalnya tertumpuk plastik sampah dan membuat aliran airnya tidak kelihatan, sekarang sudah minim sampah dan alirannya sudah terlihat kembali.

Langkah  #BeatPlasticPollution”merupakan cara mengurangi sampah plastik yangtentu tidak sempurna tanpa kolaborasi dari Sahabat Avo dan figur inspirasi yang memiliki perhatian yang sama pada lingkungan.

Belum ada kata terlambat untuk sama-sama berkontribusi. Sebagaimana perhatian Pandawara Group pada campaign pelestari kebersihan sungai, Avoskin ingin mendorong lebih banyak anak muda untuk dapat mengurangi sampah plastik dengan pngembalian botol kemasan skincare Avoskin dan berupaya untuk mengurangi penumpukan sampah dengan pengelolaan sampah plastik mandiri.

Last Updated on June 19, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 19 June 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya