Kegunaan Glycerin yang Cocok untuk Kulit Wajah Kering

0
Diunggah 23 June 2023
LikeHyaluronic Acid

Kegunaan Glycerin yang Cocok untuk Kulit Wajah Kering

Apa itu gliserin? Kandungan glycerin ini merupakan senyawa kimia gliserida yang terdiri dari berbagai macam lemak. Kemampuannya pun sangat baik untuk melembabkan kulit karena bekerja sebagai humektan, atau bahan aktif yang mampu menembus sampai ke lapisan terdalam kulit.

Glycerin atau yang sering disebut gliserol juga diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga apabila kamu menemukan skincare yang mengandung glycerin maka kamu bisa menjamin bahwa fungsi gliserin tidak lain adalah menjaga kulit lebih sehat dan lembab.

Gliserin vs Hyaluronic Acid

Gliserin berfungsi untuk menarik air dari udara dan membawanya ke lapisan terluar (epidermis) kulit. Kegunaan glycerin yang satu ini mampu menghidrasi dengan sifatnya yang semi-oklusif, yaitu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menahan air. 

Fungsi glyserin sebenarnya hampir mirip dengan hyaluronic acid.  Dimana skincare yang mengandung hyaluronic memiliki sifat humektan yang sama-sama mengikat kelembaban. Bedanya, hyaluronic bekerja lebih baik dalam menarik uap air di sekitarnya. Manfaat ini membuatnya hadir sebagai pengunci hidrasi terbaik pada kulit kita. 

Jadi mana yang lebih baik? Glycerin sangat baik dalam menambahkan kelembaban dan menenangkan, sehingga kamu membutuhkan kandungan gliserin untuk menciptakan kulit yang lebih halus dan nyaman. Namun, bukan berarti kamu tidak membutuhkan hyaluronic acid. Hal ini karena manfaat gliserin untuk kulit terbukti makin baik apabila digabungkan dengan hyaluronic acid.

Hyaluronic mampu mempersiapkan kulit untuk menerima bahan berikutnya dengan lebih baik. Sehingga apabila kamu menggabungkan hyaluronic dan gliserin maka kamu bisa mendapatkan hyaluronic acid untuk mempertahankan kelembaban di permukaan kulit, dan glycerin yang menarik kelembapan ke bagian terdalam kulit. 

Menemukan Manfaat Gliserin 

Mengetahui kemampuan gliserin yang melengkapi peran hyaluronic acid, ternyata ada lebih banyak manfaat glycerin untuk wajah yang bisa kamu rasakan, lho. Berikut ini beberapa manfaat gliserin yang bisa didapatkan pada skincare yang mengandung glycerin.

1. Menjaga Kekenyalan Kulit 

Manfaat glycerin untuk kulit yang pertama adalah menjaga kekenyalan yang dimiliki kulit. Seiring dengan berjalannya waktu, kemampuan kulit untuk regenerasi berkurang. Salah satu dampaknyai adalah kulitmu menjadi kering dan mudah keriput.

Disini, glycerin untuk wajah memiliki kandungan anti aging yang secara nggak langsung menjaga kulit kamu terus terhidrasi dan tetap kenyal.

2. Memperkuat Skin Barrier 

Kalau kamu sering mendengar skin barrier, maka istilah yang satu ini ada kaitannya dengan permukaan kulitmu. Sebagaimana kulit kita langsung berinteraksi dengan semua hal dari luar, kulit pun memiliki lapisan yang berlapis sebagai upaya perlindungan. Nah, lapisan yang melindungi permukaan kulit sering disebut sebagai skin barrier.

Kamu pasti bisa membayangkan, bagaimana kulit setiap hari menerima radikal bebas seperti sinar matahari atau debu, polusi dan kotoran. Kerja skin barrier tentunya menjadi semakin berat apabila tidak didukung dengan kebiasaan membersihkan wajah dan merawat kondisi kulit. 

Salah satu cara dilakukan untuk mendukung kinerja skin barrier adalah penggunaan skincare yang mengandung gliserin. Hal ini karena kandungan gliserin mampu meningkatkan kadar protein bernama aquaporin 3 pada kulit. Protein ini memiliki peran untuk mengangkut air dari lapisan kulit. Sehingga, apabila kamu menguatkan protein aquaporin 3 ini artinya kamu bisa menguatkan skin barrier juga.

3. Merawat Kulit Berjerawat dan Komedo 

Gliserin adalah kandungan yang memiliki tingkat iritasi rendah. Apabila kamu memiliki kondisi kulit yang sedang berjerawat dan komedo, maka skincare dengan kandungan glycerin adalah pilihan yang tepat buat kamu. 

Selain merawat, glycerin juga berdifat non comedogenic. Artinya, kamu bebas khawatir kandungan ini bisa menyumbat pori-pori atau menimbulkan jerawat dan komedo baru. 

Cara kerja gliserin adalah dengan menarik air di sekitar kulit dan mengumpulkannya. Pada beberapa bahan  melembabkan yang lainnya, kamu juga bisa menemukan hyauronic acid yang bisa dipakai bersamaan untuk mengoptimalkan hidrasi dikulit yang sedang kering. 

Salah satu skincare yang mengombinasikan berbagai bahan melembabkan juga dapat ditemukan pada Your Skin Bae Multi Herbs Hydro Burst Moisturizer. Bukan hanya glycerin, ada kandunga Kakadu Plump, Caffein dan Allantoin yang bertugas menghidrasi sekaligus membersihkan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Dengan manfaaatnya yang sangat baik, ternyata gliserin juga aman digunakan pada semua jenis kulit.

Last Updated on June 23, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 23 June 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya