8 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Toner yang Tepat

0
Diunggah 29 August 2023
LikeAHA BHA PHA

8 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Toner yang Tepat

Cara eksfoliasi wajah dengan toner eksfoliasi adalah salah satu jenis rangkaian yang memiliki fungsi berbeda dengan toner biasa. Apabila toner biasa bertugas menghidrasi dan mengembalikan pH kulit, maka exfoliating toner berperan ganda untuk mengangkat dan mengelupas kulit mati di wajah.

Pengelupasan kulit mati ini dipengaruhi oleh kandungan AHA dan BHA yang dimiliki sebuah produk exfoliating toner. Namun, sebagaimana bahan aktif yang bersifat kompleks, dengan adanya AHA dan BHA pada exfoliating toner, penggunaan pun perlu diperhatikan. Di bawah ini merupakan cara eksfoliasi wajah yang direkomendasikan untukmu supaya toner eksfoliasi dapat berfungsi optimal tanpa mengiritasi kulit. 

Fungsi Toner Eksfoliasi 

Exfoliating toner merupakan skincare yang mengandung bahan aktif dengan formula cairan yang ringan. Kandungan bahan aktif pada toner eksfoliasi merupakan bahan-bahan seperti asam alfa dan hidroksi (AHA dan BHA) misalnya Alpha dan Beta-Hydroxy Acid, dan Glycolic Acid dan Salicylic Acid.

Secara lebih detail, AHA bertugas untuk mengelupas lapisan atas kulit untuk penggantian sel-sel kulit lama. Sedangkan BHA berperan yang melanjutkan pembersihan ke dalam pori-pori bahkan minyak terdalam untuk menyingkirkan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih.

Apabila digabungkan, AHA dan BHA ini sangat baik digunakan untuk membersihkan sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat hingga mengatasi jerawat dan hiperpigmentasi. Sehingga fungsi toner eksfoliasi bukan hanya mengembalikan pH kulit, namun juga mengatasi masalah kulit dengan bertindak sebagai eksfolian. 

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Toner Eksfoliasi

Penggunaan toner eksfoliasi berapa kali seminggu? Dalam penggunaan secara berkala, pemakaian exfoliating toner tidak disarankan setiap hari dan hanya 2-3 kali seminggu. Hal ini karena exfoliating toner memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda pada setiap jenis kulit. 

Walaupun demikian, toner eksfoliasi biasanya dibarengi dengan kandungan yang bersifat menghidrasi untuk menjaga kelembaban kulit. Ini sekaligus berkaitan dengan beberapa pertanyaan seperti : setelah exfoliating pakai apa? Apakah setelah memakai toner harus dibilas? Ataupun cara pakai toner eksfoliasi yang benar itu seperti apa?

Secara lebih detail, penggunaan toner eksfoliasi perlu dibarengi dengan serum dan moisturizer yang punya kandungan menghidrasi seperti hyaluronic acid dan glycerin. Beberapa pertanyaan diatas pun akan dijawab melalui 8 tips yang sudah dirangkum dibawah ini. 

1. Sesuaikan dengan Kondisi Kulitmu

Sensitivitas kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Apabila kamu memiliki sensitivitas kulit yang tinggi ataupun memiliki kondisi jerawat meradang, kamu bisa memilih toner eksfoliasi yang ada kandungan bahan alami di dalamnya.

2. Gunakan Produk Eksfoliasi yang Sesuai Jenis Kulit

Apakah jenis kulitmu sensitif? normal? kering? berminyak? atau kombinasi? bahkan masalah kulit seperti jerawat meradang juga perlu diperhatikan. Sebab, beberapa kandungan memiliki manfaat lebih baik apabila mengobati masalah kulit spesifik. Misalnya, AHA sangat cocok untuk untuk kulit berminyak, sedangkan BHA efektif untuk kulit sensitif.

3. Facial Cleanser Sebelum Exfoliating Toner

Urutan penggunaan produk eksfoliasi adalah menggunakan cleanseratau pembersih wajah sebelum mengaplikasikan exfoliating toner. Pastikan untuk memiliki cleanser yang lembut dan tidak menggosok kulit terlalu keras.

4. Menggunakan Toner Eksfoliasi dengan Lembut

Definisi melakukan eksfoliasi wajah dengan lembut adalah menggunakan skincare dengan gerakan memutar secara perlahan. Termasuk juga pada skincare berbahan dasar scrub yang biasanya ada pada facial cleanser dan pada exfoliating toner yang berupa pad.

5. Gunakan Hydrating Toner setelah Menggunakan Exfoliating Toner

Kamu bisa menggunakan hydrating toner setelah exfoliating toner untuk mengembalikan kelembapan kulit. Hal ini karena menghidrasi kulit menjadi langkah untuk mencegah wajah kering dan mengurangi resiko akibat bahan aktif pada exfoliating toner.

6. Perhatikan Ingredients pada Rangkaian Skincare

Pada skincare dengan kandungan AHA atau BHA seperti exfoliating toner, disarankan untuk tidak boleh dicampur dengan skincare berbahan retinol yang sama-sama bahan aktif. Apabila kedua bahan ini digabungkan, maka presentase kulit menolak skincare menjadi lebih tinggi.

7. Gunakan Sunscreen untuk Perlindungan Terakhir

Sahabat AVO, apakah kamu tahu kalau penggunaan bahan aktif pada skincare mempengaruhi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari? Termasuk juga dengan pemakaian toner eksfoliasi. Kamu pun diharuskan menggunakan tabir surya untuk mencegah iritasi kulit akibat sinar UV.

8. Jangan Pakai Exfoliating Toner Setiap Hari

Fungsi toner eksfoliasi adalah mengangkat kulit mati. Apabila proses pengikisan sel kulit mati ini dilakukan secara berlebihan, maka dapat merusakan skin barrier yang bertugas melindungi kulitmu. Bahkan dikhawatirkan kulitmu dapat menipis dan semakin sensitif.

Oleh karena itu, pakailah exfoliating toner 2-3 kali dalam seminggu saja lalu dilanjutkan dengan skincare yang menghidrasi seperti hydrating toner, serum, serta pelembab.

Itu dia Sahabat AVO, fungsi utama dari toner eksfoliasi dan 8 cara eksfoliasi wajah dengan toner eksfoliasi yang direkomendasikan. Kamu pun bisa menggunakan exfoliating toner dari Avoskin yaitu Miraculous Refining Toner yang memiliki kandungan AHA-BHA-PHA-PGA disertai kandungan menenangkan seperti Niacinamide, Tea Tree 2%, Witch Hazel, dan Aloe Vera.

Perpaduan kandungan tersebut membuat produk ini efektif untuk memaksimalkan proses eksfoliasi kulit sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Last Updated on August 29, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 29 August 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya