Bruntusan 101 : Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

0
Diunggah 14 September 2023
LikeAHA BHA PHA

Bruntusan 101 : Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Menghilangkan bruntusan di jidat atau dahi menjadi salah satu cara yang sering diabaikan. Selain mengganggu penampilan di jidat ternyata bruntusan yang dibiarkan bisa menyebabkan peradangan dan berubah menjadi jerawat.

Kamu pasti tidak mau jidat kamu terasa perih dan tidak nyaman karena jerawat? Well.. untuk mencegah hal ini terjadi maka kamu perlu cara menghilangkan bruntusan di jidat dibawah ini.

Cara Mengatasi Bruntusan di Jidat dengan Rajin Cuci Rambut dan Wajah

Bruntusan di jidat bisa terjadi karena penumpukan keringat dan kotoran oleh rambut yang menempel. Bahkan hal ini membuat bakteri berpindah dari rambut ke jidat. 

Kamu bisa meminimalisir hal tersebut terjadi dengan rajin mencuci rambut dan wajah supaya minyak penyebab bruntusan dan jerawat tidak menjadi perpindahan bakteri.

Selalu Lakukan Double Cleansing sebelum Tidur

Kamu sering menyadari bruntusan di jidat muncul ketika terbangun di pagi hari? Ini karena tanda-tanda kulit bruntusan adalah wajah yang kasar ketika diraba.

Bukan tidak mungkin, bruntusan ini muncul karena aktivitas kamu yang bekeringat sering lupa dibarengi dengan double cleansing. Bersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari, disetiap kali kamu berkeringat dan ketika menggunakan riasan serta skincare seharian. 

Cara melakukan double cleansing adalah dengan membersihkan sisa make up lewat micellar water atau makeup remover, lalu cuci wajah dengan facial cleanser.

Menggunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid Supaya Fluktuasi Hormon tidak Mempengaruhi Bruntusan

Fluktuasi hormon adalah ketika kamu mengalami lonjakan hormon secara drastis seperti waktu mendekati menstruasi. Dikarenakan ada lonjakan hormon, maka terjadi gangguan produksi sebum yang tidak terkontrol. Akhirnya, kulit area dahi yang memang dekat dengan kalenjar minyak terpacu untuk lebih mudah mencapai lapisan kulit dan menyumbat pori-pori.

Kamu bisa menggunakan produk untuk menghilangkan bruntusan yang mengandung asam beta hidroksi (BHA) sebagai chemical exfoliator yang bersifat ringan mencegah pori-pori tersumbat. Salah satu jenis BHA yang banyak digunakan adalah salicylic acid atau asam silsilat.

Kabar baiknya, kamu bisa mengaplikasikan produk untuk menghilangkan bruntusan di jidat dengan kandungan salicylic acid setiap hari. Sertai juga penggunaan susncreen untuk melindungi kulit setelah pemakaian BHA agar bruntusan tidak semakin parah karena paparan matahari. 

Menggunakan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dapat Mengangkat Sel Kulit Mati Penyebab Bruntusan

Bruntusan di jidat bisa muncul ketika folikel rambut atau pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati. Sayangnya, kebanyakan sel kulit mati ini menyumbat apabila radikal bebas seperti polusi, debu, dan kotoran asing yang menempel tidak kunjung dibersihkan.

Keberadaannya kemudian menyumbat naiknya minyak dari dalam kulit yang seharusnya dikeluarkan. Akhirnya, isi pori-pori menuju ke permukaan dan menghasilkan bruntusan. Satu cara mengatasinya adalah lewat eksfoliasi dengan skincare yang mengandung alpha hydroxy (AHA). 

AHA adalah chemical exfoliator yang mengangkat sel kulit mati. Dikarenakan eksistensinya yang bekerja sebagai chemical ekfoliator yang cukup kompleks, maka ini tandanya kamu tidak bisa menggunakan skincare kandungan ini setiap hari. 

Kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung AHA selama 2 kali dalam seminggu, terutama di malam hari. Penggunaan AHA bisa menyebabkan pengelupasan kulit dan kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kamu pun direkomendasikan untuk memakai sunscreen di pagi harinya untuk mencegah luka karena sinar matahari.

Beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat di atas adalah empat langkah awal untuk membantumu mendapatkan kembali tekstur kulit yang halus dan mencegah terjadinya jerawat meradang karena ada bruntusan di jidat. Kamu pun bisa mulai memilih skincare dengan kandungan AHA dan BHA sekaligus, seperti Miraculous Refining Serum dari Avoskin.

Produk best seller dari Avoskin ini merupakan exfoliating toner yang mengandung AHA, BHA bahkan PHA untuk semakin cepat mendukung cara menghilangkan penyembuhan bruntusan di jidat.

Last Updated on September 14, 2023

Tags Terkait

#bruntusandijidat

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 14 September 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya