Apa Saja Sih Manfaat Salicylic Acid dan Efek Sampingnya bagi Wajah?

0
Diunggah 24 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Apa Saja Sih Manfaat Salicylic Acid dan Efek Sampingnya bagi Wajah?

Salah satu manfaat salicylic acid adalah menghilangkan jerawat. Namun, masih ada banyak manfaat salicylic acid untuk kulitmu. Apa saja sih manfaat yang akan didapatkan kulit dari kandungan salicylic acid pada skincare?

Membahas mengenai skincare, pasti kamu sering melihat ada salicylic acid sebagai salah satu kandungan di dalamnya. Salicylic acid sering digunakan sebagai salah satu kandungan penting dalam skincare karena memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Lalu, apa sih manfaat salicylic acid yang biasa ditemukan dalam skincare?

Baca Juga : Salicylic Acid untuk Kulit Acne Prone Cocok Nggak Sih?

Perjuangan melawan jerawat merupakan salah satu ujian yang banyak dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Acne fighter merupakan julukan bagi mereka yang sedang berjuang untuk menyembuhkan jerawatnya. Kabar baiknya, beberapa bahan diketahui menjadi titik terang penyembuhan jerawat dan salicylic acid berada di urutan teratas daftar itu.ย 

Dapat dijelaskan bahwa salicylic acid adalah salah satu musuh terbesar jerawat. Ketika suatu pagi kamu dikagetkan dengan munculnya jerawat secara tiba-tiba, kamu bisa mengoleskan salicylic acid pada malam berikutnya selama semalaman dan kamu mungkin bangun di pagi hari dengan jerawat yang mengering dan tidak lagi terlihat jelas.

Apa itu Salicylic Acid?

Lalu apa itu salicylic acid? salicylic acid adalah asam beta hidroksi (beta hidroxy acid) yaitu asam yang dikenal aman dan dapat mengurangi jerawat dengan mengelupas kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih. Asam salisilat dalam bahasa Indonesianya, bekerja paling baik untuk jerawat ringan (komedo dan komedo putih). Kandungan ini juga dapat membantu mencegah jerawat di masa depan.ย 

Salicylic acid mampu menembus ke dalam kulitmu dan bekerja untuk melarutkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Diperlukan beberapa minggu penggunaan agar kamu dapat melihat efek penuhnya. Salicylic acid adalah senyawa alami pada tumbuhan. Ini memiliki aktivitas langsung sebagai agen anti-inflamasi dan bertindak sebagai agen antibakteri topikal karena kemampuannya untuk mempromosikan pengelupasan kulit.

Baca Juga : Apa Kata Agnesia Rezita Tentang Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid?

Manfaat Salicylic Acid untuk Wajah

Berikut adalah fungsi dan manfaat salicylic acid untuk wajah :

1. Membantu Mengatasi Jerawat

apa itu salicylic acid
Salah satu fungsi salicylic acid adalah membantu mengatasi jerawat

Salicylic acid adalah salah satu BHA yang paling banyak direkomendasikan oleh dermatologis untuk mengatasi jerawat. Karena kandungan ukuran molekul yang lebih besar dibandingkan jenis asam lainnya.ย Hal ini akan membuat produk terasa lembut saat dipakai dan tidak menimbulkan iritasi.

Salicylic acid adalah beta hidroxy acid yang artinya bagian hidroxy molekul dipisahkan dari bagian asam dengan dua atom karbon sebagai lawan dari asam alfa hidroxy yang dipisahkan oleh satu atom karbon.

Struktur yang seperti itu membuat salicylic acid mudah larut dalam minyak dan menembus pori-pori kulit. Lalu, senyawa ini akan mengatasi penyebab jerawat di akarnya. Salicylic acid juga mampu mengurangi sekresi sebum dan memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan jerawat meradang. Namun, salicylic acid bekerja paling efektif dalam mengatasi blackheads dan whiteheads bukan jerawat hormonal.

Kandungan yang termasuk sebagai karbohidrat kompleks ini dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit. Selain mengatasi jerawat, masih banyak manfaat salicylic acid untuk kulit.

Baca Juga: Mengenal Kandungan Aktif Dalam YSB Series Serum

2. Mengurangi Ruam Kemerahan pada Kulit

fungsi salicylic acid
Mengurangi ruam pada kulit juga merupakan salah satu manfaat salicylic acid

Manfaat salicylic acid yang pertama adalah mampu mengurangi ruam kemerahan pada kulit. Ruam kemerahan akibat peradangan seringkali muncul bersamaan dengan jerawat. Tentu saja masalah ini sangat mengganggu penampilan dan membuat merasa tidak nyaman.

Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan salicylic acid untuk meminimalisir ruam kemerahan pada kulit. Zat anti inflamasi dalam salicylic acid akan meredakan ruam kemerahan yang muncul akibat jerawat yang meradang.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat salicylic acid
Salicylic acid bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah

Manfaat salicylic acid yang kedua adalah mencerahkan kulit wajah. Salicylic acid juga dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu, rona wajah yang kusam akibat tumpukan sel kulit mati bisa diatasi dan kembali cerah jika menggunakan salicylic acid secara rutin. Zat asam ini juga sangat efektif untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Cowok Wajib Menggunakan Sunscreen

4. Membersihkan Pori-Pori Hingga Mendalam

fungsi salicylic acid
Salah satu fungsi salicylic acid untuk kulit adalah membersihkan pori kulit secara mendalam

Selanjutnya, manfaat salicylic acid juga dapat membersihkan pori kulit hingga lapisan yang dalam. Kandungan salicylic acid dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Salah satu fungsi salicylic acid adalah merenggangkan dan menghancurkan desmosomes, bagian yang melekat antara jaringan sel di lapisan kulit terluar. Salicylic acid mendorong proses eksfoliasi kulit/ skin exfoliate dan membuka pori-pori. Asam ini juga bersifat lipophilic yang bisa melakukan penetrasi ke dalam sel kulit, bahkan ke dalam pori-pori tersumbat sehingga terjadi deep cleansing.

5. Berfungsi sebagai Exfoliator yang Lembut

Salicylic acid masuk dalam golongan keratolytic medication, sehingga cocok digunakan sebagai exfoliator. Keratolytic medication ini akan membuat kulit lebih lembut dan mengangkat sel kulit mati. Sehingga, kamu akan dapatkan manfaat dari salicylic acid yaitu sebagai exfoliator kulit mat. Selain itu, salicylic acid akan membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

6. Salicylic Acid Aman Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

Salicylic acid adalah exfoliant lembut yang aman untuk semua jenis kulit terutama pada kulit berjerawat. Kandungan ini memberi manfaat yang paling bagus untuk mengatasi masalah jerawat. Selain itu, salicylic acid dapat membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan menjaga tekstur kulit sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan bersih.

7. Penggunaan Salicylic Acid

Bagaimana dengan aturan penggunaan Salicylic acid? Kandungan ini merupakan komposisi skincare yang termasuk aman untuk digunakan setiap hari bahkan bagi ibu hamil dan menyusui. Namun perlu diingat bahwa lebih baik ibu hamil dan menyusui mengkonfirmasi keamanan penggunaan salicylic acid kepada dokter terlebih dahulu.

Efek Samping Salicylic Acid

Selain memiliki manfaat, penggunaan salicylic acid topical (pada permukaan kulit) juga dapat memberikan efek samping. Berikut adalah efek samping dari penggunaan salicylic acid yang dikutip dari Everydayhelath.com :

  • Timbulnya sensasi terbakar pada kulit, kulit kering hingg iritasi pada kulit.
  • Munculnya ruam dan pengelupasan
  • Hingga berubahnya warna kulit yang umumnya menjadi putih

Baca Juga : Selain Salicylic Acid, Kandungan Skincare Ini Juga Bagus untuk Mengatasi Jerawat

Karena efektif untuk semua jenis kulit, tidak heran jika banyak produk yang menggunakan kandungan ini ya. Bahkan, Avoskin juga menggunakan kandungan ini untuk beberapa produknya. Mulai sekarang, masukkan kandungan ini juga dalam skincare routine-mu ya!

Last Updated on April 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 24 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya