Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit Berjerawat

0
Diunggah 29 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit Berjerawat

Kandungan centella asiatica banyak ditemukan pada produk perawatan untuk kulit berjerawat. Sebenarnya apa sih manfaat centella asiatica?

Centella asiatica atau daun pegangan adalah tanaman liar yang berasal dari daerah Asia tropik yang banyak tumbuh pada tanah yang basah seperti tanah sekitar ladang, pematang sawah dan perkebunan. Tanaman ini wujudnya kecil dan terlihat seperti tanaman merambat dengan daun berbentuk seperti lingkaran. Kini sudah mulai banyak produk skincare, khususnya produk skincare berbahan utama Centella Asiatica. Kandungan atau ekstrak dari tanaman ini sedang tren karena dianggap ampuh mengatasi kulit berjerawat. Lalu, apa sih manfaat centella asiatica ini untuk kulit berjerawat?

1. Menyembuhkan Luka dan Radang

Tanaman ini sudah dikenal sebagai penyembuh luka di kulit. Dikutip dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, kandungan asam madecassic yang merupakan salah satu senyawa aktif berperan penting dalam meredakan peradangan. Senyawa ini berfungsi untuk menghambat pelepasan sitokin pro inflamasi dan menurunkan kadar enzim tertentu yang menyebabkan peradangan.

2. Memperbaiki Sel Kulit Mati

Kandungan steroid di dalam tanaman ini yakni jenis triterpenoid glycoside dan asiatodsia memiliki manfaat untuk kulit. Triterpenoid mampu menyembuhkan luka secara cepat. Sedangkan, asiatosida berfungsi memperbaiki sel kulit dan jaringan ikat. Centella asiatica memiliki kandungan antioksidan dan protein yang tinggi sehingga mampu memproduksi kolagen yang ampuh sebagai bahan anti aging bagi kulit.

3. Mengandung Senyawa untuk Memperbaiki Kulit

Centella asiatica mengandung 3 senyawa yang berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit. Senyawa yang ada dalam centella asiatica adalah asiatic acid, madecassic acid, dan asiaticoside. Senyawa asiatic acid berfungsi unutk memperkuat barrier kulit dan kaya antioksidan. Sedangkan madecassic acid berfungsi untuk mempercepat penyembuhan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang terluka. Lalu, asiaticoside mampu menyeimbangkan kadar minyak dan air di kulit.

Baca Juga : Mengenal Centella Asiatica, Ekstrak Natural yang Bagus untuk Kesehatan Kulit

4. Menenangkan Kulit Berjerawat

Kulit akan terasa perih dan gatal saat jerawat mulai tumbuh. Maka dari itu kamu membutuhkan skincare dengan kandungan centella asiatica untuk menenangkan kulit. Tanaman ini memang dikenal dengan fungsinya wound healing yang fokus mengurangi peradangan kulit dan membuat jerawat lebih tenang tanpa meninggalkan efek kulit menjadi kering.

Kandungan glikosida saponin dalam centella asiatica menghasilkan efek pereda nyeri. Saponin ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kolagen. Hal ini akan meredakan rasa nyeri saat saponin menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan.

5. Mencegah Iritasi Kulit

Kulit akan lebih mudah iritasi saat kulit sedang berjerawat. Dengan memilih skincare centella asiatica, hal ini akan membantu mencegah iritasi di kulit. Kaya akan kandungan antioksidan, centella asiatica mampu mencegah bakteri berkembang. Madecassic acid dalam centella asiatica juga berperan penting untuk menghambat pelepasan sitokin pro-inflamasi dan mengatur enzim tertentu pada kulit yang menyebabkan peradangan.

6. Memudarkan Bekas Jerawat

Ternyata daun pegangan memiliki banyak sekali manfaat termasuk memudarkan bekas jerawat. Tidak hanya sebagai antioksidan, menenangkan kulit, dan anti inflamasi tanaman ini memiliki kemampuan untuk memudarkan bekas jerawat. Mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan B2, niacinamide, dan karoten yang semuanya bermanfaat mencerahkan kulit. Selain itu, Centella Asiatica juga dikenal sebagai ekstrak alami yang mampu memicu produksi kolagen dalam kulit. 

Setelah mengenal lebih jauh tentang Centella Asiatica untuk kulit berjerawat, pasti  jadi lebih yakin untuk menggunakan produk berbahan tanaman ini ya. Sekarang juga sudah banyak brand lokal yang menggunakan kandungan ini sebagai key ingredients dalam produknya. Nah, kamu bisa coba produk Avoskin yang sudah banyak menggunakan kandungan ini.

Last Updated on April 30, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 29 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya