Cara Aman Memakai Skincare dengan Kandungan Kojic Acid

0
Diunggah 14 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Aman Memakai Skincare dengan Kandungan Kojic Acid

Banyak yang menganggap kandungan kojic acid kurang aman untuk digunakan. Itu tidak benar ya, begini cara aman memakainya!

Kojic acid atau asam kojic ini terbuat dari beberapa jenis jamur yang berbeda. Kandungan ini biasanya ada dalam produk fermentasi makanan dengan cara kerja menghambat dan mencegah pembentukan tirosin, yang merupakan asam amino untuk memproduksi melanin. Nah, kandungan kojic acid ini bekerja dengan menghambat produksi melanin dan memiliki efek mencerahkan kulit. Berikut ini cara pakai kojic acid yang tepat dan aman untuk kulit.

Apa Itu Kojic Acid?

Kojic acid berfungsi sebagai antioksidan dalam produk kosmetik. Umumnya kojic acid ditemukan dalam sejumlah produk skincare atau kosmetik sebagai bahan pencerah wajah. Kandungan tersebut juga dapat mengatasi melasma, jerawat, hingga infeksi jamur. Dalam skincare maupun kosmetik, kojic acid aman digunakan pada konsentrasi 2 persen. Namun, kandungan ini dinilai kurang efektif jika digunakan dalam konsentrasi di bawah 1 persen.

Efek Samping Penggunaan Kojic Acid

Asam kojic aman digunakan dalam kosmetik dalam konsentrasi 1 persen. Dalam kadar sekecil itu, beberapa orang mungkin mengalami efek samping atau risiko dari penggunaan kojic acid. Sebaiknya pastikan produk dari perusahaan ternama yang sudah terjamin kualitas dan mendapat sertifikasi.

Salah satu efek samping yang umum terjadi, seperti dermatitis kontak. Kondisi tersebut ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Kemerahan
  • Iritasi
  • Gatal
  • Ruam
  • Pembengkakan kulit
  • Rasa nyeri

Dermatitis kontak paling sering dialami oleh penderita kulit sensitif. Bisa juga seseorang yang menggunakan produk dengan konsentrasi asam kojic lebih dari 1 persen.

Jika mulai muncul sejumlah gejala seperti yang telah disebutkan, disarankan untuk menghentikan penggunaannya. Selain itu, kojic acid juga tidak disarankan digunakan dalam jangka panjang. Kandungan di dalamnya dapat membuat kulit lebih rentan iritasi terhadap sengatan matahari. Jangan lupa untuk tabir surya atau pelindung wajah saat bepergian ke luar rumah. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif atau mengalami gangguan tertentu, penggunaan kojic acid juga tidak disarankan. Karena penggunaan produk pada kulit yang rusak dapat memicu perkembangan kanker.

Sampai saat ini penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi dan memahami potensi efek samping lainnya. Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Apakah Produk Kojic Acid Aman?

Penggunaan produk dengan kandungan kojic acid sebenarnya aman dengan konsentrasi yang tepat dan formulasi produk yang tepat. Kamu bisa memilih produk yang sudah mendapat BPOM dan brand terpercaya. Dalam prosesnya, asam kojic harus diencerkan terlebih dulu dalam konsentrasi tidak lebih dari 4 persen. Penggunaan disarankan dalam konsentrasi 1-2 persen saja untuk mengurangi kemungkinan iritasi kulit setelah penggunaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Penggunaan Kojic Acid

Sebelum menggunakan produk yang mengandung asam kojic, disarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter kulit terlebih dulu. Kojic acid memang dapat membantu orang yang memiliki bintik hitam pada kulit akibat sinar matahari, penuaan, atau bekas luka. Namun, tidak disarankan pada orang dengan kondisi kulit atau alergi tertentu.

Jika mendiskusikannya dengan dokter kulit, dokter akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kulit masing-masing. Selain itu, dokter juga menentukan dosis, frekuensi penggunaan, dan konsentrasi bahan yang aman digunakan.

Jika cocok, hasilnya dapat terlihat dalam beberapa minggu pemakaian. Pada beberapa orang, diperlukan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Produk dengan kandungan asam kojic hanya direkomendasikan untuk penggunaan dalam waktu singkat. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan jangka panjang, dan segera periksakan diri ke dokter jika mengalami efek samping setelahnya.

Jika kamu tidak ingin repot-repot melakukan konsultasi dengan dokter, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan kojic acid persentase rendah. Beberapa brand menyediakan skincare dengan kojic acid yang aman untuk digunakan secara bebas dan tetap sesuai prosedur.

Last Updated on November 22, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya