7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dan Juga 5 Penyebabnya

0
Diunggah 18 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

7 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung dan Juga 5 Penyebabnya

Jerawat di punggung memang mengganggu bukan? Yuk, ikuti beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung ini!

Masalah jerawat memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Jerawat tidak hanya menyerang wajah saja, tapi jerawat di punggung juga cukup mengganggu. Penyebab jerawat memang cukup banyak dan susah ditebak, bisa dari infeksi bakteri di dalam pori-pori kulit, minyak yang tersumbat dan kotoran. Bahkan produk sabun dan shampoo yang kurang sesuai juga bisa jadi penyebabnya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa ikuti beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung di bawah ini!

Penyebab Jerawat di Punggung

Kamu perlu mengenali penyebab jerawat di punggung sebelum melakukan perawatan yang diperlukan. Tidak berbeda dari jerawat di wajah, penyebab jerawat di punggung adalah penumpukan kotoran, sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Baca Juga : Sebal dengan Jerawat di Hidung? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

Pori-pori yang tersumbat ini mengakibatkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Kalau terjadi peradangan maka jerawat di punggung akan muncul. Selain penumpukan kotoran, sel kulit mati, minyak berlebih, jerawat di punggung dapat dipengaruhi beberapa hal ini.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

1. Keringat Tubuh

Area tubuh yang berkeringat dan tidak dibersihkan dengan benar akan menyebabkan jerawat muncul di punggung. Apalagi kalau kamu menggunakan pakaian ketat, keringat akan lebih menempel pada kulit. Hal ini akan membuat kondisi semakin buruk dengan penumpukan sel-sel kulit mati, sebum, dan kotoran. Tentunya, jerawat punggung akan bermunculan.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Salah satu penyebab jerawat di punggung adalah kurang menjaga kebersihan area tubuh termasuk punggung. Bakteri akan lebih mudah berkembang biak di punggung karena area punggung atau tubuh bagian belakang cenderung tertutup dan mudah berkeringat.

Jika kamu jarang mandi atau mengganti kaos yang basak, kulit pada area punggungmu akan semakin kotor. Hal ini akan mengakibatkan sel-sel kulit mati menumpuk dan keringat membuat jerawat punggung muncul.

3. Gesekan Kulit dengan Pakaian

Tidak banyak orang yang tahu kalau gesekan kulit dengan barang yang menyentuh kulit juga bisa menyebabkan jerawat. Gesekan kulit dengan pakaian terutama pakaian ketat, ransel, rambut yang panjang juga bisa memicu jerawat.

Kalau kamu membiarkan hal ini, iritasi kulit bisa terjadi. Ketika iritasi kulit terjadi maka bakteri dan kuman akan mudah berkembang biak. Jika menumpuk bersama kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang tidak dibersihkan dengan benar tentu akan rentan menyebabkan jerawat punggung.

4. Hormon

Layaknya jerawat di wajah, jerawat di punggung juga dapat disebabkan oleh hormon. Terutama pada wanita, ketika sedang hamil dan menstruasi, perubahan hormon dapat menjadi salah satu pemicu jerawat punggung ini.

5. Genetik

Faktor genetik juga menurunkan riwayat jerawat punggung. Hal ini karena genetik memengaruhi kondisi kulit dan reaksinya terhadap pemicu-pemicu jerawat. Apabila memiliki keturunan penderita jerawat di punggung maka sedikit pemicu tertentu saja dapat menyebabkan munculnya jerawat ini.

Baca Juga : Ikuti 5 Cara Ini untuk Menghadapi Jerawat Saat Udara Panas

Apakah Jerawat di Punggung Menular?

Sama seperti jerawat biasa, jerawat di punggung bukanlah jenis penyakit kulit yang menular. Seperti yang dijelaskan di atas, jerawat punggung lebih cenderung disebabkan oleh gaya hidup, situasi perubahan hormon, dan juga keturunan genetik.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Setelah mengetahui penyebab jerawat di punggung, tentunya perlu juga mengetahui cara mengatasi masalah ini. Di bawah ini ada beberapa cara untuk menghilangkan dan menyembuhkan jerawat punggung yang bisa kamu coba.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

1. Gunakan Obat

Jerawat di punggung memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kamu tidak tahan untuk segera menghilangkannya, kamu bisa menggunakan obat jerawat yang biasa kamu gunakan untuk wajah. Sebaiknya pilihlah obat jerawat yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide yang membantu menuntaskan jerawat dengan cepat.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur memang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan. Selain menambah vitamin untuk tubuh, buah dan sayur juga mampu mengeluarkan racun di tubuh yang membuat tubuh bersih luar dan dalam. Alhasil jerawat di punggung akan hilang.

3. Gunakan Pakaian Bersih

Kamu harus selalu memastikan pakaian yang kamu kenakan dalam keadaan bersih. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek detergen yang digunakan. Terkadang ada kandungan dalam detergen yang dapat menyebabkan jerawat di punggung menjadi meradang. Pilih detergen yang aromanya tidak terlalu menyengat dan aman untuk kulit sensitif.

4. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Kebersihan tubuh memang harus selalu dijaga karena ini adalah salah satu langkah untuk mengusir jerawat di punggung. Selalu pastikan kamu memilih sabun mandi dengan pH yang pas dan mengandung anti bakteri untuk membunuh kuman penyebab jerawat di punggung. Kamu bisa menggunakan loofah atau brush untuk menjangkau punggung dan membersihkannya dengan sempurna.

5. Lakukan Scrub

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori yang mengakibatkan jerawat muncul. Maka dari itu melakukan eksfoliasi punggung secara rutin akan menjaga tubuh tetap bersih dan bebas dari sel kulit mati dan bekas jerawat yang mengganggu. Kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur seperti garam, oatmeal, atau kopi yang bisa kamu jadikan scrub agar lebih aman.

6. Eksfoliasi

Eksoliasi kulit tidak hanya dapat dilakukan pada wajah saja. Apabila kamu sudah menggunakan berbagai cara di atas namun belum juga dapat mengurangi jerawat punggung maka ada baiknya kamu mengeksfoliasi. Kulit punggung yang sulit dijangkau menyebabkan adanya kotoran-kotoran dan keringat yang tertinggal bahkan setelah mandi. Hal ini lah yang menjadi dasar agar kamu rutin melakukan eksfoliasi pada periode waktu tertentu.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat

7. Kurangi Penggunaaan Skincare Oil-Based

Untuk mendukung tindakan eksfoliasi di punggung, kamu juga dapat mengurangi penggunaan skincare yang sifatnya oil-based atau memiliki tekstur seperti minyak.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk merawat kulit area punggung kamu, Sahabat AVO. Tidak ada lagi jerawat punggung yang membuat badan tidak nyaman.

Last Updated on April 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya