fbpx

Ternyata Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat

Tips & Trick - Elisabeth - August 8, 2020

Pori-pori besar memang mengganggu penampilan. Namun, kamu bisa mengecilkan pori-pori bekas jerawat dengan beberapa cara mudah ini.

Pori-pori besar memang membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Padahal ukuran pori-pori memang sangat sulit untuk dikecilkan. Meskipun banyak produk kecantikan yang menawarkan cara untuk menyamarkannya, kamu tetap perlu merawat kulitmu dengan produk skincare.

Tampil cantik dengan kulit mulus dan bercahaya jadi bisa kamu dapatkan dengan menggunakan makeup. Selain itu, kamu juga bisa ikuti beberapa cara ini untuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat. Bagaimana caranya sih?

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Menumpuknya sel kulit mati pada kulit akan memperburuk kondisi pori-pori besar. Sebaiknya, lakukan scrubbing secara rutin untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan membuat permukaan kulit lebih halus sehingga pori-pori tampak mengecil. Sebaiknya, pilihlah scrub yang halus dan pijat secara lembut agar tidak melukai kulit wajah terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Selain melakukan scrub, kamu bisa coba menggunakan produk eksfoliasi dari Avoskin seperti Miraculous Refining Series. Untuk permulaan, kamu bisa menggunakan serum atau tonernya terlebih dahulu. Dengan penggunaan rutin selama 2-3 kali seminggu, dijamin pori-pori akan terlihat mengecil dan tekstur mulai merata.

2. Gunakan Masker Wajah

Minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk bisa membuat pori-pori kamu tampak lebih besar. Jadi, yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan pori-pori dan kulit dengan rutin menggunakan masker wajah. Selain sheet mask yang kaya akan pelembab, kamu juga perlu menggunakan masker yang mengandung anti-inflamasi, sulfur pengangkat minyak, juga eksfolian alami.

3. Selalu Gunakan Pelembap

Meski kamu memiliki masalah minyak berlebih, bukan berarti tidak menggunakan pelembap. Kulit yang sehat dan lembap bisa membuat kulit tampak lebih segar dan menyamarkan pori-pori besar. Cobalah gunakan pelembap yang terbuat dari lidah buaya. Memakainya secara rutin setelah cuci muka juga akan membuat kulit terlihat lebih glowing. Kamu juga bisa menggunakan Avoskin Intensive Divine Day Cream sebagai pelembap wajah di setiap harinya untuk menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga : Mengganggu Penampilan, Ternyata Ini yang Menyebabkan Pori-Pori Terlihat Lebih Besar

4. Hindari Melakukan Facial Wajah

Facial memang bisa menyegarkan dan memperbaiki tampilan kulit, tapi bukan untuk mengatasi pori-pori besar. Tindakan facial beresiko untuk membuat pori-pori tampak lebih besar. Ahli estetik facial spa di New York bahkan harus membuat teknologi yang lebih canggih untuk memberikan perawatan facial maksimal untuk wanita dengan pori-pori besar. Teknologi Laser Clear dan Brilliant serta tusuk jarum mikro ditawarkan untuk memerangi pori-pori besar. Namun, di Indonesia belum ada sehingga kamu perlu berpikir ulang sebelum melakukan perawatan ini.

5. Pilih Produk Kecantikan Berbahan Ringan

Kamu harus berhati-hati dalam memilih produk kecantikan, sebaiknya hindari produk yang bersifat comedogenic atau produk makeup yang dapat memblokir pori-pori. Bukan berarti kamu tidak boleh memakai foundation, tapi kamu bisa menggantinya dengan CC Cream atau cushion yang lebih ringan. Namun, bila kamu merasa tidak percaya diri dan ingin hadir pada acara besar, pilihlah foundation yang berbahan dasar air.

6. Selalu Gunakan Sunscreen

Bertambahnya usia dan paparan sinar UV dapat mengurangi elastisitas kulit. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan kulit. Oleh sebab itu penggunaan sunscreen dengan minimum SPF 30 setiap harinya dapat mencegah pori-pori melebar yang disebabkan sinar matahari. 

7. Gunakan Toner yang Tepat

Toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik. Tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan.

Toner dengan pH yang netral dapat membantu mengencangkan kulit tanpa membuat iritasi kulit. Kamu bisa coba menggunakan Hydrating Treatment Essence dari Avoskin untuk menjaga kelembapan kulitmu, karena produk ini berfungsi sebagai hydarting toner yang ringan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pori-pori besar pada kulit. Dengan melakukan beberapa tips di atas, dijamin pori-pori kulitmu akan mengecil walau membutuhkan cukup waktu.

Last Updated on February 25, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *