Tips Layering Kandungan Skincare Sesuai Masalah Kulit

0
Diunggah 08 January 2023

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Tips Layering Kandungan Skincare Sesuai Masalah Kulit

Jangan asal melakukan layering skincare ya! Yuk, ikuti tips layering kandungan skincare sesuai masalah kulit ini.

Melakukan layering kandungan skincare sudah jadi kebiasaan untuk beberapa orang. Namun, kamu tidak bisa asal-asalan dalam menggabungkan penggunakan kandungan aktif dalam satu waktu. Yuk, coba ikuti tips layering kandungan skincare sesuai masalah kulit ini.

1. Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dihadapi oleh banyak orang. Ada beberapa kandungan yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat.

  • BHA (beta hydroxy acid) atau salicylic acid, memang berguna untuk membersihkan pori-pori dan meredakan jerawat. Centella asiatica juga memiliki khasiat menenangkan kulit yang berjerawat dan meredakannya.
  • Benzoyl peroxide juga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengeringkan jerawat. Sementara itu, tea tree oil memiliki khasiat anti-bakteri yang dapat membantu dalam mengatasi jerawat dan mencegahnya.
  • Niacinamide dapat mengontrol produksi sebum yang berpotensi jadi penyebab jerawat.

Melakukan layering beberapa produk memang cukup penting. BHA atau benzoyl peroxide dapat membuat kulit kering, oleh karena itu, penting untuk menambahkan produk dengan kandungan melembapkan seperti hyaluronic acid agar kulit tetap sehat. Namun jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu jika menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan aktif, dapat membuat kulit lebih sensitif.

2. Kulit Sensitif

Kulit sensitif cenderung lebih mudah iritasi dan reaksi alergi, sangat penting untuk menggunakan produk yang cocok dan tepat sasaran. Beberapa tips yang dapat membantu dalam layering skin care untuk kulit sensitif di antaranya:

  1. Mulai dengan membersihkan kulit dengan sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif. Jangan menggosok wajah terlalu keras, gunakan gerakan yang lembut dan usahakan untuk menghindari kontak dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  2. Aplikasikan toner yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan kulit seperti hyaluronic acid atau aloe vera. Jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  3. Gunakan serum yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengatasi masalah kulit yang Anda alami. Seperti ceramide untuk melembapkan kulit dan memperkuat skin barrier, atau bakuchiol untuk mengatasi masalah aging.
  4. Terapkan moisturizer yang lembut dan tidak berat. Pilih yang mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan dan melindungi kulit seperti ceramide dan aloe vera.
  5. Jika ingin mengaplikasikan bahan aktif seperti retinol, vitamin C, atau AHA/BHA/PHA, cobalah untuk mengaplikasikan dalam jumlah sedikit dahulu dan lakukan patch test sebelum mengaplikasikan pada seluruh wajah.
  6. Ingat untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Pilih sunscreen yang tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti alkohol atau fragrance.

3. Kulit Aging

Perawatan kulit yang mengandung kandungan anti-aging dapat membantu dalam menjaga kulit tetap tampak muda dan segar. Beberapa produk skincare yang mengandung kandungan tersebut diantaranya:

  • Retinol: merupakan derivat dari vitamin A yang efektif dalam mengurangi kerutan, meningkatkan kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit. Biasanya dalam konsentrasi 0,25% – 1%.
  • Bakuchiol: sebuah alternatif retinol yang dianggap lebih gentle dan tidak menyebabkan iritasi, namun memberikan hasil yang sama dalam mengurangi kerutan dan meningkatkan kolagen.
  • Vitamin C : kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah timbulnya kerutan. Biasanya dalam konsentrasi 10% – 20%.
  • Ceramide: melembapkan kulit dan memperkuat barrier kulit.
  • Hyaluronic acid: menjaga kelembapan kulit agar kulit tetap terlihat segar dan tidak cepat menua.

Seperti yang telah disebutkan, retinol dapat menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan dalam jumlah yang besar atau digabungkan dengan produk lain yang mengandung bahan kimia yang keras. Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai dengan dosis yang rendah dan meningkatkan dosis secara bertahap.

Cobalah untuk tidak menggabungkan retinol dengan AHA/BHA/PHA dan Vitamin C pada waktu yang sama. Selain itu, selalu aplikasikan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas anti-aging.

4. Kulit Berminyak

kulit kombinasi berminyak membutuhkan perawatan khusus untuk mengontrol produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat. Beberapa produk skin care yang dapat digunakan untuk kulit berminyak di antaranya:

  1. Niacinamide: merupakan jenis vitamin B yang efektif dalam mengontrol produksi minyak, menjaga keseimbangan kulit, dan membantu mengurangi munculnya jerawat.
  2. Tea Tree: berkhasiat sebagai antioksidan dan antibakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat dan mengontrol produksi minyak.
  3. BHA/Salicylic acid: efektif dalam mengelupas sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mencegah munculnya jerawat.
  4. Hyaluronic acid: menjaga kelembapan kulit agar kulit tetap terhidrasi tanpa memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk layering skincare, kamu dapat memulai dengan mengaplikasikan exfoliating toner yang mengandung BHA untuk membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak. Kemudian, lanjutkan dengan serum yang mengandung tea tree untuk mengontrol produksi minyak dan mencegah munculnya jerawat.

Setelah itu, aplikasikan moisturizer yang ringan untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak. Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

5. Kulit Kusam

Layering kandungan yang tepat dapat membantu mencerahkan kulit kusam. Beberapa produk yang dapat digunakan untuk layering kulit yang kusam:

  • Niacinamide: dapat membantu mencerahkan kulit dan menjaga kelembapan kulit.
  • Vitamin C: dapat membantu mencerahkan kulit serta meningkatkan daya tahan kulit terhadap paparan sinar UV.
  • Hyaluronic acid: dapat membantu melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.
  • AHA: seperti Glycolic acid dapat membantu mengeksfoliasi kulit dengan lembut dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar.

Untuk layering kulit kusam, bisa di mulai dengan mengaplikasikan exfoliating toner yang mengandung AHA untuk membersihkan pori-pori dan mengeksfoliasi sel kulit mati. Kemudian, lanjutkan dengan serum yang mengandung Vitamin C untuk mencerahkan kulit dilanjutkan dengan moisturizer yang mengandung hyaluronic acid untuk melembapkan kulit. Gunakan niacinamide jika diperlukan.

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan menimbulkan kerusakan pada kulit. Ingat untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan produk dan jangan lupa untuk mengecek komponen yang digunakan dalam produk sebelum mengaplikasikan. Jika muncul tanda-tanda iritasi, segera hentikan penggunaan produk dan hubungi dokter jika perlu.

6. Kulit Kering

Bagi kamu pemilik kulit kering, tentunya cara merawat kulit harus fokus pada kelembapan extra ya. Maka dari itu, kamu bisa layering kandungan skincare yang punya manfaat melembapkan, di antaranya meliputi:

  • Hyaluronic Acid: melembapkan kulit
  • Sodium Hyaluronate: melembapkan kulit
  • Niacinamide: melembapkan dan mencerahkan kulit
  • Ceramide: melembapkan kulit dan memperbaiki skin barrier
  • Glycerin: melembapkan kulit
  • Vitamin E: melembapkan kulit
  • Kandungan alami seperti: madu, ekstrak semangka, ekstrak mawar

Kamu bisa me-layer hydrating toner berkandungan hyaluronic acid dengan serum berkandungan niacinamide, serta dengan pelembap berkandungan ceramide.

Namun perlu diingat, ada juga bahan yang harus dihindari jika kamu memiliki kulit kering. seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, retinoid yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

Secara keseluruhan, layering produk yang tepat dapat membantu meningkatkan efektivitas perawatan kulit kering dan membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Last Updated on August 04, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 January 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya