11 Manfaat Buah Apel Merah untuk Cegah Penyakit

0
Diunggah 17 April 2024
LikeTips & Trick

11 Manfaat Buah Apel Merah untuk Cegah Penyakit

Manfaat makan buah apel untuk mengatasi penyakit sudah terkenal di dunia kesehatan. Bukan hanya enak dimakan bersama kulitnya, buah yang satu ini dapat mencegah berbagai jenis penyakit.

Sederet penyakit mulai dari menurunkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker dapat diatasi dengan konsumsi satu buah apel. Inilah kenapa makan buah apel selalu menjadi pilihan yang baik untuk kamu.

11 Manfaat Makan Buah Apel untuk Menyembuhkan Penyakit

manfaat makan buah apel
Manfaat buah apel merah untuk kesehatan

Apel merah memiliki manfaat baik dari kulit hingga daging buahnya. Dibawah ini beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah atau diatasi dengan mengkonsumsi apel secara rutin :

1. Melawan Alzheimer

Ada kandungan quercetin di dalam apel yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan di usia tua. Apel pun dapat memelihara kesehatan otak dan membantu fungsi memori, termasuk mencegah Alzheimer. Hasilnya, kemampuan kognitif kamu dapat terjaga. 

2. Mengatasi Bau Mulut

Apel memiliki senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur. Makan buah apel bermanfaat untuk mengontrol bau dan menjadikan mulut jauh lebih bersih.

3. Mencegah Kanker

Selain menjaga kemampuan otak, buah apel dapat menekan pertumbuhan sel kanker pada payudara, paru paru, lambung dan usus besar hingga kanker usus dan perut. 

4. Mengontrol Gula Darah

Apel merah mengandung flavonoid yang berperan untuk mengontrol lonjakan gula darah. Flavonoid merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, lalu memecah karbohidrat supaya glukosa yang terkandung didalamnya dapat dikurangi penyerapannya ke aliran darah. 

5. Menurunkan Resiko Stroke

Konsumsi 200 gram buah apel setiap hari bisa menurunkan gejala stroke. Apel bekerja dengan menurunkan kolesterol dan mengatur tekanan darah tetap normal. 

6. Menekan Resiko Sakit Jantung

Selain resiko stroke, manfaat buah apel merah untuk kesehatan yaitu mampu mencegah penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Ada kandungan, kalium, pektin, flavonoid yang mengurangi adanya penumpukan kolesterol di lapisan dinding pembuluh darah dan mencegah sakit jantung.

7. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Masih ingat dengan kandungan vitamin C pada apel? Manfaat apel selanjutnya adalah menjaga kesehatan paru-paru karena kandungan vitamin C di dalamnya dapat menghilangkan racun dan radikal bebas yang ada pada paru-paru. 

8. Mengatasi Asma

Manfaat apel untuk mengatasi asma berasal dari Vitamin A untuk mengatur respon imun. Melalui imun yang baik, faktor alergi penyebab asma pun dapat dikurangi.  

9. Melancarkan Pencernaan

Setelah jantung dan paru-paru, apel juga baik dalam melancarkan pencernaan. Ada kandungan pektin pada apel yang menutrisi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Untuk bisa mendapatkan manfaat apel secara optimal, konsumsi apel bersama dengan kulitnya karena kulit apel mengandung serat dan antioksidan. 

10. Menurunkan Berat Badan

Apel juga terkenal dalam dunia diet. Diketahui bahwa apel memiliki kandungan air dan serat yang tinggi dengan efek kenyang lebih lama. Kamu pun bisa konsumsi 3 apel per hari untuk mengurangi porsi makan berlebih. 

11. Menambah Energi

Satu manfaat apel yang terakhir adalah kemampuannya untuk menambah energi lewat kandungan karbohidrat didalamnya. Karbohidrat mengandung glukosa dan menjadi sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.

Sahabat AVO, ada sederet manfaat baik apabila kamu rutin makan buah apel merah. Bukan hanya bisa dimakan langsung bersama dengan kulitnya, apel juga sering menjadi campuran dari makanan. Mulai dari kulit hingga daging buahnya, apel memiliki manfaat bagi keshatan otak, jantung, paru-paru dan menjaga berat badan.

Manfaat apel juga ditemukan pada dunia kecantikan. Dimana penggunakan ekstrak biji apel telah dimanfaat sebagai salah satu ingredients pelembab dalam bentuk stick balm yang diproduksi oleh Avoskin. Ada Vitamin C wrinkle balm yang memiliki kandungan 2% Apple Seed dan 10% vitamin C untuk mengoptimalkan solusi masalah kulit. 

Source :

  • Boyer, J., Liu, R.H. 2004. Apple phytochemicals and their health benefits. https://doi.org/10.1186/1475-2891-3-5
  • Hyun TK, Jang KI. 2016. Apple as a source of dietary phytonutrients: an update on the potential health benefits of apple. EXCLI J. 19;15:565-569. doi: 10.17179/excli2016-483

Last Updated on April 19, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 17 April 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya