Ini 5 Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

0
Diunggah 09 August 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBeauty

Ini 5 Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Tomat memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Nah, ternyata tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Apa saja sih?

Mendapatkan wajah yang cerah, bersih, dan mulus tidak hanya diperlukan perawatan dari luar, tapi kamu juga perlu melakukan perawatan dari dalam. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur, seperti misalnya tomat. Tomat terkenal dengan kandungan likopennya yang tinggi mampu membuat wajah tampak berseri. Selain baik dimakan langsung atau diminum dalam bentuk jus, tomat juga memiliki khasiat jika diaplikasikan langsung pada wajah. Berikut ini manfaat tomat untuk kulit wajah yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengecilkan Pori-Pori

Tomat sangat cocok digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit. Kamu bisa menyamarkan pori-pori kulit wajah dengan kompres wajah menggunakan handuk hangat agar pori-pori terbuka dan mudah dibersihkan. Lalu, celupkan kapas pada jus tomat dan oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin, maka pori-porimu akan tampak mengecil.

2. Mengatasi Jerawat

Zat asam yang terkandung dalam tomat dapat membantu menghilangkan jerawat dan noda hitam. Siapkan satu buah tomat lalu hancurkan dan ratakan diwajah yang berjerawat, tunggu hingga 20 menit lalu bilas. Aplikasikan tomat ini setiap hari dalam dua minggu untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Tomat dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Maka tidak heran jika tomat dikenal ampuh untuk mencerahkan wajah. Caranya pun cukup mudah. Cuci bersih tomat, lalu iris tipis tomat menjadi beberapa bagian. Setelah itu tempelkan potongan tomat tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit agar kandungan tomat meresap ke dalam kulit wajah. Bilas dengan air dan jangan lupa lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Konsumsi Buah dan Sayur Ini Agar Kulit Wajah Menjadi Lebih Kencang

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak tak hanya bisa menyebabkan jerawat, namun juga membuat wajah terlihat kusam. Maka bagi kamu yang mempunyai masalah kulit berminyak, kamu bisa menggunakan tomat untuk mengatasi masalah ini. Untuk membuat kadar minyak di wajah berkurang, kamu bisa menggunakan tomat yang dicampur dengan timun dan diblender hingga halus. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk wajah. Dengan rajin menggunakan tomat sebagai masker, berarti kamu telah melindungi wajahmu dari berbagai radikal bebas yang dapat memberi pengaruh buruk untuk kulit wajah.

Beberapa manfaat tomat di atas tentunya bisa kamu jadi referensi untuk menjadikan tomat salah satu perawatan kulit harianmu. Namun, selain tomat kamu juga bisa menggunakan produk Avoskin sebagai pilihan skincare harianmu.

Last Updated on January 03, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 August 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya