Mengenal Centella Asiatica, Ekstrak Natural yang Bagus untuk Kesehatan Kulit

0
Diunggah 20 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Centella Asiatica, Ekstrak Natural yang Bagus untuk Kesehatan Kulit

Tanaman yang sedang banyak digunakan dalam produk skin care ini mengundang tanda tanya bukan? Sebenarnya apa sih manfaat centella asiatica?

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas yang biasa ditanam dan digunakan untuk pengobatan. Tanaman ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India karena memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Bahkan, tanaman ini juga diyakini mampu mengatasi masalah kulit. Sebenarnya tanaman ini seperti apa sih? Dan apa manfaat centella asiatica untuk kulit?

Apa Itu Centella Asiatica?

Selain dikenal sebagai daun pegangan, tanaman ini juga memiliki nama lain Gotu Kola. Biasanya tanaman ini digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India untuk mengatasi masalah kesehatan.

Centella Asiatica berasal dari keluarga Apiaceae yang mengandung berbagai zat bioaktif yang berperan sebagai antioksidan, antivirus, dan antimikroba. Bahkan, tanaman ini memiliki sifat antiulcer yang mampu mengatasi luka pada dinding perut dan usus dua belas jari.

Para ahli di Maryland Medical Center juga mengatakan bahwa tanaman ini aman tetapi jangan digunakan untuk konsumsi lebih dari enam minggu tanpa konsultasi dengan dokter.ย  Karena akan berpotensi menimbulkan bahaya jika digunakan jangka panjang.

Baca Juga : 3 Kandungan Ekstrak Natural Dalam Miraculous Retinol Series

Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit

Kandungan yang sering digunakan untuk pengobatan herbal ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan produk kandungan centella asiatica.

1. Mampu Menyembuhkan Luka

Daun ini mengandung bahan kiia yang dikenal dengan nama triterpenoid yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka. Menurut International Journal of Lower Extremity Wounds, luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegangan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak diobati.

2. Mengatasi Tanda Penuaan Dini

Menurut studi dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, Centella Asiatica mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia, tentunya kondisi ini harus diatasi. Nah, dengan menggunakan ekstrak tumbuhan ini akan mampu mengembalikan dan menjaga elastisitas kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Kandungan alami ini dikenal efektif untuk menangani jerawat karena senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya. Kandungan ini berfungsi sebagai anti inflamasi yang menjaga kulit. Nah, kandungan triterpenoid dalam centella asiatica mampe mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

4. Mengurangi Peradangan Kulit

Saponin dalam centella asiatica dapat memberikan perlindungan pada kulit dan meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan.

Beberapa jurnal medis juga menyebutkan bahwa efek centella asiatica dapat meringankan gejala penyakit kulit tertentu seperti dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik. Meski begitu, penelitian tanaman ini sebagai obat penyakit kulit masih perlu penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga Kelembapan Kulit

Ekstrak Centella Asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit. Hal ini akan menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Nah, kandungan saponin dalam tanaman ini mampu mempertahankan air lebih lama dalam kulit dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis kulit.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Ekstrak Kopi Dalam Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin

Penggunaan Produk dengan Kandungan Centella Asiatica

Centella Asiatica sebenarnya aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Bahan ini tersedia dalam berbagai bentuk dan sering ditemukan dalam serum, pelembap, dan masker. Tidak ada aturan khusus untuk menggunakan produk dengan kandungan Centella Asiatica, yang terpenting adalah kamu mengenali jenis kulitmu.

Kalau kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya hindari produk dengan kandungan ini dalam bentuk krim yang berat untuk kulit.ย  Kamu bisa menggunakan serum, face mist, atau masker dengan kandungan centella asiatica.

Nah, kalau kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa menggunakan centella asiatica dalam bentuk serum atau pelembap. Hal ini dikarenakan kulit dapat menyerap kedua produk ini lebih baik dibandingkan dengan produk seperti maser.

Sekarang tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk dengan kandungan ini ya, Sahabat AVO! Kamu bisa coba memilih beberapa produk Avoskin yang menggunakan kandungan ekstrak ini untuk perawatan kulitmu. Apapun jenis produk yang kamu pilih, selalu ikuti aturan pemakaian dalam label kemasan atau saran dokter kulit ya! Kalau ada tanda-tanda iritasi atau reaksi negatif segera hentikan pemakaian produk.

Last Updated on March 22, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 20 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya