Ini 6 Tanda Kulit Tidak Cocok Memakai Produk Skincare Tertentu

0
Diunggah 25 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ini 6 Tanda Kulit Tidak Cocok Memakai Produk Skincare Tertentu

Semahal apapun produk skincare yang ditawarkan, ternyata belum tentu cocok bagi kulitmu. Ini beberapa tanda tidak cocok skincare pada kulitmu!

Beragam produk skincare menawarkan kelebihan kandungan yang dimilikinya. Tujuannya tentu supaya para konsumen mendapatkan kulit wajah yang mereka idamkan. Sayangnya, tidak semua skincare dapat mewujudkan hasil yang sesuai harapan.

Baca Juga : Begini Ciri-Ciri Skincare Aman dan Tidak Berbahaya

Ciri-ciri dan Tanda Tidak Cocok Skincare
Pemilihan produk skincare sangat penting mengingat terdapat kemungkinan kulit tidak cocok

Apalagi jika kamu asal pilih skincare dan hanya coba-coba. Bukan cantik yang didapatkan, tetapi justru masalah kulit yang lainnya.

6 Ciri-ciri dan Tanda Tidak Cocok Skincare

Sebenarnya tanda tidak cocok skincare bisa kamu kenali dari kondisi kulit setelah memakai suatu produk. Nah, berikut adalah 6 ciri-ciri dan tanda tidak cocok skincare untuk berhenti menggunakannya :

1. Kulit Gatal

Tanda tidak cocok skincare yang pertama adalah kulit terasa gatal dan berkikis. Tanda ini menjadi salah satu indikator bahwa kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu pakai, yang dapat disebabkan karena sensitivitas formula skincare seperti fragrance atau parfum.

Kandungan pewangi memang sangat rentan membuat kulit iritasi dan gatal. Jika kamu juga merasakan hal tersebut usai menggunakan skincare tertentu, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan pilih skincare yang berlabel bebas parfum.

2. Ruam Kemerahan

Tanda tidak cocok skincare yang kedua adalah munculnya ruam kemerahan. Menjadi salah satu indikator bahwa kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu pakai.

Umumnya kulit yang tidak kuat dengan kandungan formula allergenic anactive memang cenderung akan timbul ruam atau kemerahan pada kulit.

Ahli dermatologis asal Beverly Hills, Tsipopora Shainhouse, MD, menjelaskan ruam kemerahan dapat disebabkan oleh bahan pengawet, wewangian, atau asam akrilat yang biasa ditemukan pada komponen kosmetik. Nah, kalau kamu merasakan hal itu, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah hentikan pemakaian produk tersebut.

3. Jerawat

Munculnya komedo, bruntusan, sampai jerawat meradang bisa jadi penyebabnya berasal dari produk peeling atau pembersih wajah dengan kandungan acid tinggi.

Sebagai informasi, kombinasi alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol ternyata dapat menyebabkan pengelupasan berlebihan pada kulit.

Kalau kamu sudah terlanjur mengalami hal ini, selain menghentikan pemakaian skincare, kamu bisa mengatasinya dengan moisturizer yang ampuh melembapkan kulit.

Pilihlah produk skincare berbahan organik yang lebih aman digunakan. Atau kamu bisa mengaplikasikan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu, yogurt, dan minyak kelapa.

Baca Juga : Cara Mengatasi Iritasi Kulit Karena Penggunaan Produk yang Tidak Cocok

4. Kulit Terasa Terbakar

Jika kamu merasa kulit seperti terbakar usai menggunakan skincare tertentu, maka segera hentikan pemakaian. Itu merupakan salah satu tanda bahwa kulitmu tidak cocok menggunakan skincare tersebut.

Beberapa produk kecantikan memiliki kandungan kimia yang terlalu kuat, khususnya untuk jenis kulit sensitif. Hal itu akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar saat kamu mengaplikasikan produk tersebut di kulit.

Jika kamu mengalami hal itu, segeralah bersihkan wajah dengan air bersih. Agar hal tersebut tidak terjadi padamu, para ahli dermatologis menyarankan untuk menghindari produk yang mengandung retinol dan merekomendasikan produk dengan kandungan vitamin C atau resveratol.

5. Kulit Bentol-Bentol

Tanda tidak cocok skincare yang kedua adalah munculnya bentol-bentol pada kulit. Hampir sama dengan ruam, munculnya bentol berlebihan juga dapat dikategorikan sebagai alergi. Umumnya bentol akan disertai dengan tanda kemerahan, kemudian membesar, dan tak kunjung hilang.

Jika bentolan tak kunjung hilang, sebaiknya segera hentikan pemakaian skincare satu demi satu produk. Dengan cara seperti itu kamu bisa menganalisa kandungan apa yang memicu timbulnya bentolan pada wajahmu.

6. Kulit Kering dan Mengelupas

Tanda lain bahwa kulitmu tidak cocok dengan skincare tertentu dapat dilihat dari hasil pemakaian. Jika kulitmu cenderung kering disertai pengelupasan berarti berpotensi terindikasi alergi terhadap produk, yang artinya kamu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan.

Coba perhatikan, apakah kamu menggunakan produk peeling atau pembersih wajah dengan kandungan acid tinggi? Jika iya, sebaiknya hentikan.

Dilansir dari laman glitzmedia, Dokter Jaliman menjelaskan bahwa kombinasi antara alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol yang terkandung dalam produk kecantikan dapat menyebabkan pengelupasan berlebihan pada kulit. 

Berapa Lama Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak?

Untuk mengetahui berapa lama kamu harus menggunakan skincare sebelum terlihat hasilnya cocok atau tidak, secara umum, perubahan pada kulit akan memakan waktu setidaknya satu bulan. Namun, kamu harus tetap memakai skincare seperti serum, essence, dan toner setidaknya 3 bulan untuk mengukur efektivitasnya. Tetap ingat apabila terjadi tanda-tanda kerusakan pada kulit seperti pada 6 ciri-ciri di atas maka dapat kamu hentikan segera pemakaian skincare tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Iritasi Kulit Karena Penggunaan Produk yang Tidak Cocok

Ciri-Ciri Skincare Cocok dan Bekerja dengan Baik pada Kulit

Selain mengetahui ciri-ciri ketika skincare tidak cocok di kulit, berikut merupakan gambaran umum ciri-ciri skincare bekerja dengan baik dan cocok untuk kulitmu :

  1. Warna kulitmu lebih merata (sebaiknya foto wajahmu sebelum menggunakan skincare agar dapat dibandingkan hasilnya setelah 3 bulan)
  2. Jerawat mulai berkurang jumlahnya
  3. Kulitmu terasa lebih halus
  4. Wajah lembab, terhidrasi, dan tidak ada lagi rasa gatal (jika sebelumnya kering hingga gatal)

Nah, penjelasan diatas merupakan indikator atau tanda tidak cocok skincare. Tips sederhana sebelum memutuskan untuk membeli skincare adalah perhatikan jenis produknya, kandungannya, serta kecocokan dengan jenis kulit. Misalkan kamu memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya untuk selektif dalam memilih produk skincare yang bisa untuk kulit sensitif atau semua jenis kulit.

Kulit kering akibat tidak cocok penggunaan skincare dapat kamu atasi dengan kandungan hyalunoric acid. Manfaat dari hyalunoric acid membantu menghidrasi dan merawat skin barrier, seperti yang terkandung pada produk Avoskin YSB Glow Concentrate Treatment Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyalunoric acid. Agar hasil optimal kamu dapat mengaplikasikan moisturizer ini pada pagi dan malam hari.

Last Updated on July 27, 2022

Tags Terkait

#bruntusan
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 25 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya