Cara Mengatasi Iritasi Kulit Karena Penggunaan Produk yang Tidak Cocok

Tips & Trick - rustaviani - October 2, 2020

Kulit wajah yang bersih dan bebas dari masalah kulit memang impian semua orang. Tidak heran jika menggunakan berbagai produk kecantikan menjadi hal yang biasa. Namun, jika kulit mengalami iritasi, beberapa dari kamu pasti merasa ketakutan. Penyebab iritasi kulit memang beragam, salah satunya dari penggunaan produk yang terlalu banyak, bahan dari produk yang berbeda, atau produk yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasi iritasi kulit karena penggunaan produk dengan beberapa cara ini.

1. Perhatikan Perubahan Wajah

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah perubahan pada wajah setelah menggunakan produk kecantikan. Jika kamu merasakan gatal, kemerahan, hingga bintik-bintik jerawat sebaiknya segera hentikan penggunaan produk itu. Karena produk tersebut hanya membuat kulit memicu reaksi yang negatif.

2. Bersihkan Wajah

Sebaiknya kamu rajin membersihkan wajah jika tanda-tanda iritasi mulai terlihat. Cuci muka menggunakan sabun bebas aroma dan air untuk menghilangkan sisa produk yang menempel di wajah.

3. Gunakan Lotion Khusus

Kalau kulitmu mengalami kemerahan dan iritasi, sebaiknya kamu menggunakan lotion yang menenangkan seperti calamine. Jika kulit melepuh, kamu bisa menggunakan lotion antiseptik. Jika gangguan kulit disertai rasa gatal dan bengkak, cobalah oleskan krim hidrokortison yang dijual bebas dan minumlah tablet antihistamin.

Baca Juga : Ikuti Tips Perawatan Saat Melakukan Chemical Peeling Ini

4. Jaga Kelembapan

Saat kulit sedang terkena iritasi, sebaiknya kamu selalu menjaga kulit agar tetap lembap. Kamu bisa menggunakan krim hypoallergenic yang biasanya mengandung minyak yang dapat membuat kulit menjadi halus.   

5. Gunakan Pembersih Wajah Tanpa Alkohol

Ketika kulit wajah sedang iritasi sebaiknya pilih pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol. Carilah bahan alternatif lain seperti bahan lavender atau witch hazel yang dapat menyejukkan dan mengecilkan pori-pori. Namun, jika iritasi masih berlanjut dan semakin parah sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang diperlukan.

Itu dia beberapa cara mengatasi kulit iritasi akibat tidak cocok dengan suatu produk. Dengan melakukan perawatan tersebut, kulit yang sedang iritasi diharapkan dapat membaik.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *