Cara Mudah untuk Menghilangkan Minyak di Wajah

0
Diunggah 03 October 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Mudah untuk Menghilangkan Minyak di Wajah

Minyak berlebih di wajah memang sangat menyebalkan, bukan? Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan minyak di wajah.

Menjalani aktivitas dengan wajah berminyak tentu membuat kamu tidak nyaman. Bahkan, kamu juga kebingungan memilih skincare atau makeup yang cocok untuk kondisi kulitmu. Dengan wajah yang berminyak, hasil riasan yang kamu kenakan jadi terlihat tidak bagus. Selain riasan wajah yang tidak sempurna, wajah berminyak juga menjadi sumber munculnya jerawat di kulit. Maka dari itu mulai sekarang kamu bisa ikuti cara menghilangkan minyak di wajah di bawah ini.

1. Gunakan Green Tea

Kalau kamu suka minum green tea, kamu juga bisa mencobanya untuk perawatan kulit. Dalam green tea terdapat polyphenols atau zat antioksidan yang bisa mengatasi bakteri, peradangan dan sebum berlebihan di kulit. Kamu bisa seduh daun green tea di air hangat lalu kamu bisa pakai airnya untuk spray wajah sehari-hari.

2. Gunakan Madu

Madu bisa mengurangi kadar minyak di wajah, kamu bisa menambahkan madu sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Gunakan madu sebagai masker wajah atau mengoleskan di spot tertentu di wajah. Madu mampu melembapkan wajah serta menghilangkan bakteri Propioni bacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis yang menyebabkan jerawat.

3. Pakai Kertas Minyak

Kertas minyak memang tidak bisa mencegah kelebihan minyak di wajah. Kertas minyak hanya berfungsi untuk mengurangi tampilan mengilap dan keringat pada wajah terutama di musim panas. Namun, tidak ada salahnya kalau kamu rajin membawa kertas minyak untuk menjaga tampilan wajah kamu terjaga.

4. Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering

Ketika wajah terasa berminyak, kamu bisa jadi beranggapan bahwa sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak. Namun, hal itu salah karena mencuci wajah terlalu sering bisa melenyapkan kadar minyak alami di wajah yang sebenarnya berfungsi untuk membuat kulit tetap sehat.

Baca Juga : Ikuti 7 Tips Ini untuk Merawat Kulit yang Berminyak

5. Gunakan Cleansing Oil

Beberapa orang mungkin berpikir untuk menghindari penggunaan cleansing oil karena membuat wajah menjadi lebih berminyak. Namun, kenyataannya cleansing oil yang tepat akan mampu mengurangi minyak di wajah. Cleansing oil dapat menurunkan kadar sebum di kulit dan bisa mengangkat sisa makeup dengan efektif serta dapat menjaga keseimbangan minyak di wajah.

6. Gunakan Masker 2-3 Kali per Minggu

Wajah berminyak memang berpotensi menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Maka, penggunaan masker wajah sekitar 2-3 kali seminggu sangat ampuh membuat wajah terhindar dari minyak yang berlebihan. Masker bisa menyerap minyak di wajah dan mengontrol kadar sebum dengan tepat. Kamu bisa memilih masker dengan kandungan pepaya, clay, putih telur, dan lemon.

7. Gunakan Moisturizer

Wajah yang berminyak bukan berarti tidak penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu tetap harus menggunakan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan water based, zero fragrance, non comedogenic, atau paraben free.

Salah satu produk yang sesuai dengan kandungan tersebut yaitu Avoskin YSB Glow Concentrate Treatment. Moisturizer dari Avoskin ini memiliki tekstur gel yang ringan, sehingga lebih cepat menyerap ke kulit wajah. Tersedia dalam empat varian yang masing-maisng berfungsi untuk melembabkan, mencegah tanda penuaan, serta menjaga dan memperbaiki skin barrier. Kamu bisa mulai mencoba menggunaka Avoskin YSB Glow Concentrate Treatment sebagai pelembab harianmu!

8. Menempelkan Kertas Minyak

Saat kulit wajah terasa sangat bermiyak, kamu bisa coba menggunakan kertas minyak. Tempelkan kertas pada area yang berminyak selama beberapa detik kemudian angkat. Jangan menggosokkan kertas minyak ke kulit wajah karena akan menyebarkan minyak ke area wajah yang lain.

Kulit yang berminyak memang rentan mengalami jerawat. Namun, saat jerawat mulai muncul sebaiknya jangan menyentuh atau memencet jerawat. Hal ini akan membuat jerawat semakin meradang dan infeksi. Selain itu, jerawat yang dipencet bisa menimbulkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga perlu melakukan perawatan kulit wajah dengan pola hidup yang sehat. Kamu juga bisa mengontrol minyak berlebih dengan menggunakan produk perawatan kulit dari Avoskin.

Last Updated on July 28, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 October 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya