6 Perawatan Bibir Hitam yang Bisa kamu Lakukan di Rumah!

0
Diunggah 25 June 2024
LikeTips & Trick

6 Perawatan Bibir Hitam yang Bisa kamu Lakukan di Rumah!

Kenapa sih bibir bisa hitam? Penyebab bibir hitam yaitu ada produksi melanin oleh tubuh untuk melindungi kulit bibir. Reaksi tubuh untuk menghasilkan melanin ini memberikan warna gelap pada bibir yang akhirnya membuat warna permukaan bibir menjadi tidak merata.

Penyebab Bibir Hitam 

Penyebab bibir hitam ini terjadi karena ada aktivitas misalnya, bibir kurang kelembaban, bibir terkena sinar matahari, dan bibir sering terpapar kafein. Secara lebih detail, dibawah ini penyebab bibir hitam meskipun kamu tidak merokok :

Paparan Sinar Ultraviolet

Sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk kulit bibir. Akhirnya, kulit pun memproduksi melanin untuk menyerap sinar matahari sebagai perlindungan tubuh. Proses ini menimbulkan kulit menjadi kecoklatan, hingga bintik di bibir. 

Bibir Kurang Hidrasi

Kondisi bibir kering berpotensi mengurangi barrier pelindungnya. Bibir kering memicu kulit pecah, dan kulit pecah membuat kelembaban mudah hilang di tengah cuaca panas. Akhirnya, bibir yang mengering dan pecah-pecah  berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

Konsumsi Kafein

Penyebab bibir hitam selanjutnya adalah kafein. Ada zat antidiuretik pada kafein yang membuatmu sering buang air kecil dan akhirnya kekurangan cairan. Ingat bahwa kekurangan cairan tubuh juga mempengaruhi kulit bibir menjadi kering. Akhirnya, kamu pun mengalami bibir kering dan potensi menghitam karena lapisannya terbuka tanpa perlindungan.

6 Perawatan Bibir Hitam yang bisa Kamu Lakukan di Rumah

Apabila saat ini kulit bibirmu sudah terlanjut menghitam ada acara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menguranginya: 

1. Menggunakan Lip Balm SPF 30

Sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan memicu tubuh untuk produksi melanin demi perlindungan. Proses ini mempengaruhi warna bibir dengan merubah warna kulit menjadi kecoklatan.

Untuk menghindari kondisi area bibir semakin menghitam, pastikan untuk melindungi bibir dari sinar ultraviolet dengan menggunakan lip serum dan lip balm spf 30 atau lebih tinggi. 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup bisa menjaga kelembaban bibir. Pastinya kamu ingat, bahwa bibir kering memicu kulit pecah, dan kulit pecah membuat kelembaban mudah hilang di tengah cuaca panas. Untuk mengurangi hal diatas terjadi, kamu perlu terus melembabkan bibir yaitu dengan cara konsumsi air putih yang cukup.

3. Mengurangi Konsumsi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein artinya mengurangi zat antidiuretik yang memicu buang air. Kamu jadi tidak kehilangan banyak cairan dan akhirnya hidrasi tubuh dan bibir terus tercukupi.

4. Konsumsi Vitamin E

Perawatan bibir selanjutnya adalah menambah konsumsi vitamin E yang terkenal baik untuk kulit, termasuk kulit bibir. Kamu bisa mendapatkan bibir yang sehat dan cerah.

5. Scrubbing Bibir 

Melakukan scrub bibir dengan cara menggosok area yang hitam bisa mengurangi tampilan warna tidak merata. Ada proses pengangangkatan sel-sel kulit mati yang melancarkan aliran darah menuju bibir dan mendukung kulit bibir lebih cerah dan sehat. Kamu perlu melakukan ini dengan rutin untuk mendapatkan hasilnya.

6. Menggunakan Lip Serum

Lip serum adalah salah satu lip care yang bisa membantu merawat kulit bibir hitam menjadi lebih cerah. Ini karena ada kombinasi kandungan alami yang telah disesuaikan presentasenya mampu menjaga kesehatan bibir.

Avoskin telah menghadirkan lip serum yang bisa mengatasi masalah bibir gelap. Avoskin YSB Hybrid Elixir Lip Optimizer Serum adalah lip serum untuk tampilan bibir menjadi lebih plump dan terhidrasi karena nutrisi dan vitamin yang terkandung didalamnya. 

Sahabat AVO itu dia penyebab bibir hitam dan tips merawat bibir hitam yang bisa kamu lakukan. Memiliki tampilan bibir cerah dan terawat menjadi keinginan semua orang. Supaya keinginan ini terwujud maka kamu perlu bersiap diri melakukan 6 tips perawatan bibir diatas.

Last Updated on June 25, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 25 June 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya