Lakukan 4 Hal Ini agar Terbebas Dari Masalah Kulit Saat Puasa

0
Diunggah 12 May 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Lakukan 4 Hal Ini agar Terbebas Dari Masalah Kulit Saat Puasa

Beberapa perubahan tidak dapat dihindari saat sedang berpuasa. Namun, kamu bisa kok mengatasi masalah kulit saat puasa dengan beberapa hal ini.

Beberapa perubahan kerap kali terjadi saat sedang berpuasa, salah satunya adalah kelembapan kulit yang berkurang karena adanya perubahan asupan nutrisi dan cairan. Bukan itu saja, perubahan cuaca yang tak menentu rupanya juga dapat membuat kulit kering, bahkan parahnya bisa memicu dehidrasi. Nah, agar masalah-masalah seperti ini tak terjadi, akan lebih baik lakukan 4 hal ini agar terbebas dari masalah kulit saat puasa.

Masalah Kulit Saat Puasa

Banyaknya perubahan akibat menjalani ibadah puasa dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Jika dibiarkan kondisi kulit akan semakin parah. Nah berikut ini ada beberapa masalah kulit yang biasa terjadi akibat berpuasa.

1. Kulit Kering

Masalah utama yang sering dialami oleh orang-orang ketika berpuasa adalah kulit kering. Hal ini wajar karena saat berpuasa tidak akan makan dan minum di siang hari. Padahal kamu tetap melakukan berbagai aktivitas dan membuat produksi keringat serta urin. Hal ini akan mengakibatkan kulit menjadi dehidrasi, kering, dan pecah-pecah.

2. Kulit Tampak Kusam

Saat berbuka puasa kebanyakan orang akan mengonsumsi gorengan karena mudah dan enak. Meskipun rasanya gurih dan nikmat, tetapu mengonsumsi gorengan terlalu banyak tidak baik untuk kulit. Konsumsi gorengan yang berlebihan akan meningkatkan produksi minyak dan membuat kulit terlihat kusam.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Saat bulan puasa, kamu pasti semangat tadarus setelah menjalani ibadah salat tarawih dan subuh. Hal ini membuatmu kurang tidur karena adanya aktivitas tambahan. Dampaknya, proses regenerasi sel akan terganggu dan menimbulkan penumpukan sel kulit mati. Namun, kamu bisa mengatasi ini dengan memakai skincare yang mengandung AHA,BHA, dan retinol.

Baca Juga : Ingin Kulit Terus Terhidrasi Selama Puasa? Yuk, Lakukan Hal Ini

Cara Mengatasi Masalah Kulit Saat Puasa

Masalah kulit memang tidak bisa dihindari terutama karena perubahan gaya hidup saat puasa. Nah, untuk menjaga kondisi kulitmu agar tetap sehat dan terawat, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Pilih Skincare yang Mengandung Bahan Alami

Masalah dehidrasi pada kulit wajah juga memerlukan perlindungan dari luar. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih produk skin care yang dapat melembapkan kulit seperti produk kecantikan dari Avoskin. Produk-produk dari Avoskin ini memang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit. Kamu bisa terus menghidrasi kulit dengan Perfect Hydrating Treatment Essence dari Avoskin agar kulit tetap lembap sepanjang hari meski sedang berpuasa.

2. Konsumsi Buah dengan Kadar Air Tinggi

Kandungan air yang terdapat pada buah-buahan ternyata dapat menjadi cadangan ekstra untuk mengimbangi aktivitas saat berpuasa. Untuk itu, mengimbangi pola makan dengan menyelipkan menu buah-buahan yang kadar airnya tinggi saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan agar kulit terhindar dari masalah dehidrasi. Pilihlah buah-buahan seperti, semangka, jeruk dan juga melon.

3. Selalu Gunakan Sun Protector

Selain udara dingin, sinar matahari juga dapat menimbulkan iritasi, dehidrasi dan kekeringan pada kulit. Maka dari itu, penggunaan sun protector secara rutin sangat dianjurkan agar senantiasa terhindar dari efek buruk sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi kering. Salah satu produk yang dikenal baik dalam mengatasi paparan sinar matahari adalah Melanox Skin UV Protector. Produk ini mengandung oat beta glucan yang berfungsi sebagai anti-oksidan dan anti-iritasi yang menenangkan kulit. Selain kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C, krim ini juga terbuat dari bahan-bahan alami seperti extract papaya, lemon dan green tea yang dapat melembapkan sekaligus mencerahkan kulit.

Baca Juga : Ini 4 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit

4. Gunakan Sheet Mask Setiap Minggu

Kerja di ruangan ber-AC selama bulan puasa sebenarnya dapat menjadi salah satu penyebab kulit mengalami dehidrasi. Beberapa area kulit di wajah akan terasa kering dan tertarik. Hal ini wajar terjadi karena kandungan air dalam kulit wajah berkurang. Untuk meminimalisir masalah ini, kamu bisa mengenakan sheet mask seminggu sekali. Kamu bisa mencoba sheet mask, karena selain harganya terjangkau, essence yang terkandung di dalamnya diketahui cukup efektif dalam melembapkan kulit wajah secara instan.

Sekarang kamu tidak perlu takut lagi kulit mengalami gangguan saat sedang berpuasa. Dengan rutin melakukan 4 hal di atas, dapat dipastikan masalah kulit akan menjauh dari tubuhmu.

Last Updated on April 16, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 May 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya