6 Fakta Tentang Retinol yang Perlu Kamu Ketahui

0
Diunggah 15 May 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

6 Fakta Tentang Retinol yang Perlu Kamu Ketahui

Kandungan retinol sering digunakan dalam produk skincare. Nah, beberapa hal ini perlu kamu ketahui sebelum menggunakan retinol untuk wajah ya!

Kandungan retinol sering kamu temukan pada produk perawatan kulit, bukan? Biasanya, kandungan retinol berada pada beberapa produk anti-aging. Namun, tidak sedikit ada pernyataan simpang siur yang membuat kesalahpahaman pada kandungan retinol.

Retinol adalah derivatif dari vitamin A yang bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, retinol bertugas sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi, tidak heran kalau retinol sering disebut sebagai kandungan terbaik untuk melawan penuaan. Berikut ini ada 6 fakta tentang retinol yang perlu kamu ketahui.

1. Memakai Retinol Lebih Banyak Tidak Memengaruhi Hasil yang Cepat Terlihat

Seperti produk perawatan kulit lainnya, produk yang mengandung retinol juga memiliki aturan penggunaannya sendiri. Terlalu banyak mengoleskan produk dengan kandungan retinol dapat menyebabkan reaksi negatif seperti iritasi atau radang kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti prosedur pemakaian yang diberikan pada kemasan produk dan membiarkan kulit beradaptasi terlebih dahulu sebelum meningkatkan jumlah atau frekuensi pemakaian. Juga, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen yang cukup selama pemakaian retinol, karena retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

2. Beberapa Reaksi Wajar Saat Menggunakan Retinol

Saat menggunakan retinol untuk pertama kali, beberapa efek samping seperti kulit yang lebih kering, merah, dan mengelupas mungkin terjadi. Namun, jika kondisi ini berlebihan, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk memeriksakannya. Biasanya efek samping ini adalah bagian dari proses kerja retinol dan dapat diatasi dengan pemakaian yang rutin. Biasanya setelah 2-3 minggu pemakaian, kulit akan beradaptasi dan toleransi pada retinol akan meningkat. Namun, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang diberikan dan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Hasil Kerja Retinol Akan Terlihat dalam Waktu 8-12 Minggu

Kebanyakan orang menginginkan hasil kerja produk yang cepat, terutama dengan produk perawatan kulit. Namun, retinol memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan produk perawatan kulit lainnya. Retinol memerlukan waktu 2-3 bulan untuk memberikan hasil yang nyata. Jadi, sebaiknya menggunakan retinol selama 2-3 bulan juga agar hasil yang diinginkan dapat terlihat. Dan jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang diberikan dan jangan mengubah dosis yang dianjurkan.

4. Retinol Bisa Digunakan Bersama dengan AHA dan BHA

Banyak dari kalian bingung dengan dampak menggunakan retinol bersama dengan AHA atau BHA. AHA dan BHA adalah acid yang biasa ditemukan dalam produk eksfoliasi kulit. AHA dan BHA bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam. AHA, BHA, dan retinol memiliki area kerja yang berbeda sehingga tidak masalah untuk menggunakannya secara bersamaan. Namun, kamu perlu waspada jika kulit mengelupas, merah-merah, atau jadi lebih sensitif. Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan AHA, BHA, dan retinol yang tinggi atau cara pakai yang salah.

5. Pakai SPF Walaupun Sudah Memakai Retinol

Saat menggunakan retinol, kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup setiap hari, terutama saat kamu akan terpapar sinar matahari. Ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan membantu menjaga hasil perawatan retinol. Sunscreen juga akan membantu mengurangi risiko iritasi dan kerusakan yang lebih parah pada kulit yang telah diolesi retinol.

6. Kulit Membutuhkan Kandungan Selain Retinol

Menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk mencapai hasil kulit yang cantik. Keseimbangan nutrisi sangat penting untuk kesehatan kulit, selain menggunakan retinol, anda juga harus menjaga konsumsi makanan yang sehat dan mengonsumsi cukup air. Anda juga dapat menambahkan produk perawatan kulit lain seperti moisturizer, sunscreen, dan serum untuk memperkuat efek perawatan retinol. Juga, jangan lupa untuk membersihkan wajah secara teratur dan menjaga pola tidur yang baik.

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang kandungan retinol untuk wajah. Kamu jangan asal memakai produk dengan kandungan ini ya. Selalu ikuti cara pemakaian dalam produk yang kamu gunakan.

Last Updated on January 23, 2023

Tags Terkait

#Retinol

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 May 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya