6 Fakta Tentang Retinol yang Perlu Kamu Ketahui

0
Diunggah 15 May 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

6 Fakta Tentang Retinol yang Perlu Kamu Ketahui

Kandungan retinol sering digunakan dalam produk skincare. Nah, beberapa hal ini perlu kamu ketahui sebelum menggunakan retinol untuk wajah ya!

Kandungan retinol sering kamu temukan pada produk perawatan kulit, bukan? Biasanya, kandungan retinol berada pada beberapa produk anti-aging. Namun, tidak sedikit ada pernyataan simpang siur yang membuat kesalahpahaman pada kandungan retinol.

Retinol adalah derivatif dari vitamin A yang bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, retinol bertugas sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi, tidak heran kalau retinol sering disebut sebagai kandungan terbaik untuk melawan penuaan. Berikut ini ada 6 fakta tentang retinol yang perlu kamu ketahui.

1. Memakai Retinol Lebih Banyak Tidak Memengaruhi Hasil yang Cepat Terlihat

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, produk yang mengandung retinol juga memiliki aturan penggunaannya sendiri. Kalau kamu mengoleskan produk dengan kandungan retinol terlalu banyak pada wajah, bisa jadi yang muncul reaksi negatif. Bahkan, kamu bisa menderita radang kulit dan iritasi. Untuk penggunaan awal, biarkan kulit beradaptasi terlebih dahulu dengan mengikuti prosedur pada kemasan produk.

2. Beberapa Reaksi Wajar Saat Menggunakan Retinol

Saat menggunakan retinol untuk pertama kali, kulit akan terasa lebih kering, sedikit merah, dan sedikit mengelupas. Kalau kondisi yang terjadi sudah berlebihan sebaiknya periksa ke dokter. Kalau kondisi kulit masih dalam kategori wajar, reaksi-reaksi tersebut memang bagian dari proses kerja retinol. Biasanya, setelah 2-3 minggu pemakaian, kulit akan beradaptasi dan toleransi pada retinol meningkat.

3. Hasil Kerja Retinol Akan Terlihat dalam Waktu 8-12 Minggu

Kebanyakan orang pasti menginginkan hasil kerja produk terlihat dalam waktu seminggu. Bahkan, dipakai di malam hari lalu pagi harinya sudah terlihat hasilnya. Namun, retionl membutuhkan waktu kurang lebih selama 2-3 bulan untuk memberi hasil yang nyata. Jadi, kamu sebaiknya menggunakan retinol selama 2-3 bulan juga.

Baca Juga :Hindari 8 Hal Ini Atau Wajahmu Akan Terlihat Lebih Tua

4. Retinol Bisa Digunakan Bersama dengan AHA dan BHA

Banyak dari kalian bingung dengan dampak menggunakan retinol bersama dengan AHA atau BHA. AHA dan BHA adalah acid yang biasa ditemukan dalam produk eksfoliasi kulit. AHA dan BHA bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam. AHA, BHA, dan retinol memiliki area kerja yang berbeda sehingga tidak masalah untuk menggunakannya secara bersamaan. Namun, kamu perlu waspada jika kulit mengelupas, merah-merah, atau jadi lebih sensitif. Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan AHA, BHA, dan retinol yang tinggi atau cara pakai yang salah.

5. Pakai SPF Walaupun Sudah Memakai Retinol

Saat menggunakan retinol atau kandungan vitamin A, kamu juga perlu memakai SPF sebagi proteksi kulit dari sinar UVB. Kulit yang menggunakan retinol biasanya akan mengalami reaksi seperti kering, mengelupas, dan merah jadi membutuhkan perlindungan ekstra. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan SPF untuk melindungi kulit jangan sampai terbakar sinar matahari.

6. Kulit Membutuhkan Kandungan Selain Retinol

Retinol memiliki banyak manfaat untuk kulit, tetapi kulit tetap membutuhkan bantuan dari kandungan lain untuk menjaga kesehatannya. Kamu perlu menjaga keseimbangan nutrisi kulit wajah untuk mendapatkan hasil kulit yang cantik.ย 

Itu dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang kandungan retinol untuk wajah. Kamu jangan asal memakai produk dengan kandungan ini ya. Selalu ikuti cara pemakaian dalam produk yang kamu gunakan.

Last Updated on September 28, 2021

Tags Terkait

#Retinol
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 May 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya