Mengenal Arti dari PA ++++ pada Produk Sunscreen, Apa Bedanya dengan SPF

0
Diunggah 25 June 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mengenal Arti dari PA ++++ pada Produk Sunscreen, Apa Bedanya dengan SPF

Kamu pasti pernah melihat tulisan PA ++++ pada kemasan produk sunscreen, bukan? Sebenarnya apa sih arti dari PA++++? Simak penjelasannya di sini!

Kalau kamu teliti setiap tulisan pada kemasan produk sunscreen, kamu pasti menemukan tulisan PA++++. Selain jumlah SPF, kamu akan menemukan label PA++++ pada kemasan produk ini. Berikut arti dari PA++++ dan apa pengaruhnya pada kulit?

Arti PA+++ Pada Sunscreen

PA adalah singkatan dari Protection Guide of UVA. PA menunjukkan kadar perlindungan dari sinar UVA. Label PA ini penting untuk dicantumkan pada produk sunscreen karena SPF hanya melindungi kulit dari UVB. Padahal, kulit membutuhkan perlindungan dari UVA dan UVB.

Peringkat PA pertama kali diperkenalkan di Negeri Sakura untuk menunjukkan level proteksi yang dimiliki oleh produk sunscreen tertentu. Sedangkan simbol + (plus) menunjukkan tingkatan proteksi dari produk tersebut. Maka, semakin banyak simbol + pada produk semakin tinggi tingkat perlindungannya.

Apa Perbedaan SPF dan PA?

SPF berarti Sun Protection Factor yang mengindikasikan tingkat kekuatan perlindungan sunscreen terhadap UVB sedangkan PA mengindikasikan tingkat perlindungan sunscreen terhadap UVA. Itulah mengapa pentingnya sunscreen harus mengandung SPF dan PA sekaligus. SPF biasanya memiliki kekuatan yang ditunjukkan dengan angka seperti SPF 17, SPF 30, SPF 50, hingga SPF 100. Semakin tinggi kekuatan SPF maka semakin efektif dalam melindungi kulit dari UVB.

Tingkatan PA++++

Simbol + pada PA berarti tingkat perlindungan pada suatu produk sunscreen. Tingkat proteksi PA umumnya berjumlah tiga plus atau tingkat proteksi tinggi, tingkat ini paling umum dipakai oleh berbagai merk sunscreen.

Hal ini untuk memastikan penggunanya menggunakan sunscreen dengan jumlah yang cukup dan kulit terekspos pada matahari dalam kadar medium. Berikut penjelasan mudah tingkatan kadar PA:

PA+ = sedikit perlindungan UVA
PA++ย ย ย ย  = cukup perlindungan UVA
PA+++ย ย  = tinggi perlindungan UVA
PA++++ = sangat tinggi perlindungan UVA

Baca Juga : 6 Penyebab Kulit Terbakar Meski Sudah Memakai Sun Screen

Pentingnya Perlindungan UVA dan UVB pada Kulit

Sinar UVA dan UVB akan selalu dipancarkan oleh matahari sepanjang tahun dan radiasinya sampai ke kulit bahkan di cuaca mendung atau saat berada di dalam ruangan. Biasanya, perusahaan akan memasukkan SPF sebagai perlindungan pada sinar UVB untuk produk sunscreen.

SPF dapat melindungi permukaan kulit dari efek sunburn sementara PA sebagai perlindungan dari UVA untuk melindungi kulit dari dampak buruk jangka panjang seperti kanker kulit dan tanda penuaan.

Agar terhindar dari efek buruk sinar matahari, mulai gunakan Avoskin YSB Shield of Sun Essence SPF 50 PA++++. Sunscreen dari Avoskin tidak hanya berfungsi melindungi wajahmu dari sinar matahri, tetapi terdapat kandungan alami seperti pada skincare. Dengan kandungan utama Sodium Hyaluronate dan Chamomile Flower Extract memberikan manfaat melembabkan dan menenangkan kulit

Last Updated on August 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 25 June 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya