Tips Mencegah Jerawat Muncul Setelah Olahraga

0
Diunggah 02 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Tips Mencegah Jerawat Muncul Setelah Olahraga

Kadang jerawat bisa muncul setelah olahraga ya. Apakah keringat bisa menyebabkan jerawatย atau cuma mitos? Yuk, simak cara mengatasinya!

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga untuk kulit. Sayangnya, masalah kulit khususnya jerawat sering dikaitkan dengan aktivitas olahraga. Apakah keringat bisa menyebabkan jerawat? Benar nggak sih? Peningkatan keringat dan kotoran usai olahraga sering menyumbat pori-pori, sehingga tidak dipungkiri bisa menyebabkan kulit bereaksi dalam bentuk jerawat. Selain di wajah, area yang berkeringat pada kulit tubuh termasuk area dada dan punggung bisa menimbulkan jerawat. Maka dari itu, kamu bisa mencegah dan mengatasi jerawat setelah olahraga dengan melakukan beberapa hal ini.

1. Selalu Membersihkan Wajah Setelah Olahraga

Hal ini sangat penting dan harus selalu kamu lakukan. Mengabaikan kebersihan wajah setelah berolahraga akan berpengaruh pada munculnya jerawat. Untuk memastikan wajah benar-benar bersih diperlukan penggunaan bahan yang mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Nah, salicylic acid 2persen saja cukup untuk membersihkan pori-pori dari keringat dan minyak. Pastikan kamu menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah dengan lembut.

2. Menggunakan Handuk Bersih

Handuk adalah perlengkapan yang sangat dibutuhkan saat berolahraga. Handuk ini akan menyerap keringat di badanmu agar badanmu lebih baik. Dengan kemampuan menyerap keringat, benda ini sekaligus mampu menyerap bakteri, minyak, dan kotoran. Namun, menggunakan handuk secara berulang kali pada sesi olahraga yang berbeda akan menimbulkan masalah kulit yang tidak diinginkan. Maka dari itu, kamu harus memastikan untuk selalu menggunakan handuk bersih saat olahraga.

Baca Juga : 3 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Skincare Sebelum Olahraga

3. Mandi Setelah Berolahraga Ketika Keringat Hilang

Jika kamu lebih sering bersantai terlalu lama setelah berolahraga, cobalah untuk memberi jeda beberapa saat antara olahraga dan mandi. Memberi jeda pada waktu olahraga dan mandi ini untuk menghindari munculnya masalah kesehatan. Pastikan waktu tidak terlalu lama agar keringat dan bakteri yang menempel di kulit tidak berkembang biak sehingga menimbulkan jerawat di area tubuh. Jika kamu tidak sempat mandi secara keseluruhan, sebaiknya kamu cuci muka atau menggunakan showe cap dan bilas tubuh sebisa mungkin.

4. Langsung Cuci Pakaian Setelah Digunakan

Sama seperti handuk, kamu juga harus selalu mencuci pakaian olahraga setelah sesi latihan karena pakaian yang berkeringat menjadi sarang bakteri dan jamur sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Selain pakaian, kamu juga harus membersihkan atau mencuci perlengkapan lainnya seperti topi, ikat kepala, atau jaket.

5. Menggunakan Bahan Pakaian Olahraga yang Tepat

Memilih pakaian dengan bahan kain breathable ย juga sangat membantu dalam mencegah jerawat. Jika keringat terperangkat di bawah kain yang tidak menyerap keringat, hal ini bisa menyebabkan jerawat. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan pakaian yang pas tetapi bukan ketat, karena pakaian ketat akan membuat kulit lecet yang mendorong bakteri dan kotoran ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi. Beberapa kain yang menyerap keringat dan cocok untuk berolahraga adalah nilon, poliester, mikromodal, dan polipropinela. Jenis kain yang perlu dihindari seperti katun atau kain berbahan karet atau plastik.

6. Rutin Membersihkan Peralatan Olahraga

Peralatan yang digunakan dalam gym atau peralatan sendiri yang digunakan tanpa dibersihkan dapat mengandung penumpukan bakteri dan menyebabkan jerawat. Untuk mencegahnya, kamu harus selalu memastikan alat olahraga bersih sebelum digunakan. Bersihkan peralatan olahraga menggunakan pembersih khusus dan biarkan kering dengan sendirinya.

Nah, itu dia beberapa cara mencegah jerawat agar tidak muncul setelah olahraga. Selalu pastikan kebersihan diri dan semua peralatan yang kamu gunakan ya!

Last Updated on November 02, 2021

Tags Terkait

#kulitberjerawat
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya