Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Wajah Lebih Awet Muda

0
Diunggah 27 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Wajah Lebih Awet Muda

Rumput laut biasanya selalu ada dalam hidangan Jepang. Namun, siapa sangka ada manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit.

Rumput laut identik dengan makanan seperti sushi dan tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Rumput laut ini adalah spesies tumbuhan dan alga yang tumbuh di laut, sungai, dan danau. Ada lebih dari 30.000 spesies rumput laut dan semuanya mengandung banyak sekali vitamin, mineral, asam amino, dan protein. Namun, siapa sangka jika ada manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit juga!

1. Memgurangi Garis Halus dan Kerutan

Rumput laut jenis Laminaria Digitata memiliki sumber asam amino yang kaya (seperti glisin) dan antioksidan alami (seperti vitamin C). Vitamin C ini telah lama diketahui punya manfaat baik bagi kulit. Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga garis-garis halus di kulit lebih tersamarkan. Selain itu, kulit juga jadi terlihat lebih muda dan kencang.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat detoksifikasi dari Corallina officinalis (rumput laut merah yang membentuk kalsium karbonat) membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Jenis rumput laut merah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga wajah lebih bersih.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat rumput laut untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mencerahkan kulit. Kandungan dalam rumput laut mampu memudarkan bintik-bintik coklat dengan memengaruhi produksi pigmen pada kulit.

4. Mengatur Produksi Minyak pada Kulit

Bbeberapa jenis rumput laut telah terbukti mengurangi produksi minyak di kulit. Sedangkan beberapa jenis rumput laut lainnya mampu mengurangii bakteri yang terlibat dalam pembentukan jerawat. Itulah sebabnya rumput laut sebagai bahan potensial untuk mengatasi masalah jerawat.

5. Melembapkan Kulit

Rumput laut tidak hanya mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga pertahanan kulit. Rumput laut juga kaya akan polisakarida seperti asam alginat, yang membantu mengunci kelembapan pada kulit.

Sebenarnya sampai saat ini tidak ada efek samping negatif yang diketahui. Terlebih jika rumput laut yang digunakan adalah yang asli, tanpa campuran bahan kimia. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya berhati-hati saat menggunakan rumput laut atau produk kecantikan yang mengandung bahan ini.

Sering kali efek buruk yang timbul bukan dari rumput lautnya, tetapi dari bahan kimia lain yang jadi campuran dalam satu produk.

Last Updated on November 02, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya