101 Tranexamic Acid untuk Wajah: Kandungan Populer di Dunia Kecantikan

0
Diunggah 10 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeIngredients

101 Tranexamic Acid untuk Wajah: Kandungan Populer di Dunia Kecantikan

Tranexamic acid untuk wajah? Jarang terdengar dalam produk skincare. Sebenarnya apa kandungan tranexamic acid itu? Apakah tranexamic acid pada skincare punya manfaat untuk kulit yang sangat baik? atau malah ada efek samping tranexamic acid?

Kandungan traxenamic acid untuk wajah? Bicara mengenai produk skincare yang digemari memang tidak ada habisnya, ya! Tranexamic acid pada skincare masuk dalam zat asam yang diyakini mampu mengatasi beberapa masalah kulit seperti jerawat, kusam, hiperpigmentasi, dan lainnya.

Lebih detail, sebenarnya skincare tranexamic acid itu untuk apa?

Sejarah Tranexamic Acid untuk Wajah

Asam traneksamat atau tranexamic acid adalah obat untuk mencegah dan mengurangi pendarahan akibat pencabutan gigi. Obat ini biasa digunakan sebagai obat jangka pendek pada gangguan pendarahan hemofilia untuk mengendalikan pendarahan saat operasi atau cedera, saat mimisan, atau menstruasi. Asam traneksamat ini bekerja dengan membantu darah menggumpal dengan normal untuk mencegah pendarahan.

Dalam dunia kedokteran, kandungan ini digunakan dalam bentuk tablet atau cairan suntik. Jika kamu pernah melakukan perawatan gigi kemungkinan dokter akan memberikan obat kumur dengan kandungan ini untuk membantu menghentikan pendarahan.

Pada tahun 1979, para ahli tidak sengaja menemukan fakta bahwa pasien yang diobati dengan tranexamic acid mengalami kondisi kulit yang membaik dan secara spesifik warna kulit pasien tampak lebih merata. Perubahan warna kulit ini terjadi akibat paparan sinar matahari hingga konsumsi obat resep dokter. Karena produksi melanin berlebih menyebabkan penumpukan pada kulit yang membentuk bintik hitam atau warna kulit wajah lebih gelap.

Kandungan Tranexamic Acid pada Skincare untuk Apa?

Pada skincare, tranexamic acid aman digunakan oleh semua tipe kulit bahkan bagi ibu hamil dan menyusui. Dikarenakan memiliki sifat ini, akhirnya kandungan tranexamic acid untuk wajah pun banyak direkomendasikan oleh kulit sensitif dengan manfaat utama mencerahkan.

Cara kerja kandungan ini adalah menghambat sintesis tirosinase di melanosit. Kandungan asam ini juga menahan transfer pigmen dari melanosit ke keratinosit pada lapisan terluar kulit (epidermis). Tidak seperti kebanyakan asam lainnya, jenis asam ini memiliki kinerja lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan produk pencerah kulit lainnya seperti vitamin C atau sunscreen.

Tranexamic Acid Bisa Digabung dengan Kandungan Lain

Sama seperti bahan lainnya, kandungan tranexamic acid juga bisa digabungkan dengan kandungan lain agar bekerja lebih efektif. Kandungan tranexamic acid untuk wajah ini bisa digunakan bersama dengan bahan aktif seperti kojic acid, hyaluronic acid, dan retinol.

Sebaliknya, ada beberapa kandungan yang sebaiknya tidak dicampur dengan tranexamic acid. Bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan tranexamic acid dengan retinol, vitamin C dan AHA/BHA.

Tranexamic Acid Juga Tidak BolehDicampur dengan Sederet Kandungan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tranexamic acid tidak boleh dicampur dengan retinol, vitamin C dan AHA/BHA. Bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan tranexamic acid memang perlu diperhatikan.

Tranexamic acid tidak boleh dicampur dengan :

  • Tranexamic acid tidak boleh dicampur dengan retinol karena bisa terjadi over-exfoliation.
  • Tranexamic acid yang dicampur dengan AHA/BHA bisa menyebabkan hypersensitive terhadap sinar matahari.
  • Tranexamic acid jangan digabung dengan vitamin C bisa membuat pH kulit kamu menjadi tidak seimbang.

Efek samping tranexamic acid yang paling mungkin muncul dari kombinasi yang salah adalah iritasi seperti kulit kering, kemerahan, hingga mengelupas pada kasus yang parah.

Efek Samping Tranexamic Acid

Asam traneksamat ini memang aman untuk digunakan pada semua jenis kulit, tetapi kamu tetap harus memerhatikan interaksinya dengan skincare lain. Efek samping tranexamic acid yang paling mungkin muncul adalah iritasi terutama bagian kulit yang sensitif.

Reaksi iritasi ini bisa seperti kulit kering dan kemerahan. Maka dari itu, kamu bisa memakai skincare dengan kandungan tranexamic acid secara bertahap.

Meskipun belum ada efek samping dari penggunaan secara topikal atau oles, tidak ada salahnya mengurangi risiko terjadinya iritasi. Tidak perlu khawatir juga karena kandungan asam ini tidak membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

Itu dia Sahabat AVO, kandungan tranexamic acid untuk wajah yang dibuktikan sangat baik dalam dunia kedokteran lalu akhirnya diadopsi pada skincare. Berbeda dengan kandungan asam yang lainnya, tranexamic acid pada skinacre sangat aman untuk semua tipe kulit bahkan ibu hamil dan menyusui.

Bagi kamu yang ingin mencerahkan wajah namun masih newbie dalam dunia skincare, kandungan tranexamic acid bisa menjadi pilihan.

Last Updated on April 16, 2024

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 10 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya