Apa Bedanya Lightening dan Brightening Pada Skincare?

0
Diunggah 04 July 2023
LikeKulit Kusam

Apa Bedanya Lightening dan Brightening Pada Skincare?

Apa bedanya lightening dan brightening? Sahabat AVO, kamu pasti sering punya pertanyaan ini dan memperhatikan beberapa produk skincare yang mencantumkan lightening dan brightening secara berbeda.

Sekilas, memang terlihat sama, ya? Namun, supaya nggak salah dalam memilih skincare untuk kulit wajah, ketahui bedanya lightening dan brightening secara lebih detail. 

Bedanya Lightening dan Brightening

Produk skincare dengan label lightening adalah rangkaian produk yang mampu menjadikan kulit lebih terang dari sebelumnya, termasuk juga dengan cara menghilangkan pigmen kulit dan mengubah warna kulit.

Secara lebih detail, bahan-bahan lightening mampu menyamarkan noda hitam dengan menekan produksi melanin pada kulit. Dari hal itu, noda hitam yang terjadi karena masalah pigmentasi bisa diselesaikan dengan skincare lightening.

Cukup berbeda, brightening adalah produk skincare yang cenderung memiliki beberapa bahan aktif seperti Retinol, AHA, Vitamin C dan Niacinamide. Cara kerja brightening yang ditemukan pada produk skincare sering diformulasikan dapat membantu meningkatkan pergantian sel melalui eksfoliasi. 

Perbedaan Lightening dan Brightening dari segi Manfaat

Lightening dan Brightening memiliki arti yang sangat erat dengan istilah mencerahkan. Namun kulit yang cerah ternyata tidak sama dengan kulit yang putih.

Produk skincare brightening adalah yang lebih berfokus pada kulit yang kusam. Sedangkan memutihkan kulit cenderung dilakukan oleh skincare lightening. Apabila ingin membuat kulit memiliki pigmen yang lebih putih daripada sebelumnya, maka lightening bisa menjadi pilihan

Secara lebih detail, dibawah ini manfaat produk lightening dan brightening yang semakin membuat keduanya berbeda. 

1. Kandungan Brightening Berperan Mengeksfoliasi Kulit

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, produk yang menggunakan klaim brightening biasanya memiliki beberapa bahan aktif seperti Retinol, AHA, Vitamin C dan Niacinamide.

Salah satu fungsi utama dari bahan ini adalah mengeksfoliasi kulit. Dengan adanya pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru, maka disinilah klaim ini bekerja menjadikan kulit cerah. 

2. SkincareLightening Menghilangkan Pigmen Kulit

You read it right. Cara kerja lightening skincare mirip seperti bleaching. Yaitu bahan lightening dapat menghambat produksi melanin yang berlebih pada kulit sehingga dapat mempertahankan tingkat keterangan kulit. 

Dikarenakan skincare lightening berfokus pada menerangkan kulit, maka terjadi juga proses perubahan pigmen asli kulit. Dari yang sebelumnya gelap menjadi putih. Sehingga hal ini juga secara tidak langsung mendefinisikan bahwa cara kerja lightening tidak sealami brightening.

3. Produk Brightening Mempertahankan Pigmen Alami

Disinilah perbedaan yang paling utama antara brightening dan lightening. Beberapa bahan brightening mempertahankan warna kulit asli tanpa mengubah pigmen.

Ini juga yang menjadikannya sebagai bahan yang relatif lebih aman karena proses mencerahkan bersumber dari eksfoliasi. 

4. Manfaat Lightening Dibuat Untuk Warna Kulit Gelap

Skincare brightening cocok untuk seseorang yang memiliki permasalahan kulit kusam, kering dan bertekstur. Sedangkan bahan-bahan aktif pada lightening ditujukan untuk individu dengan warna kulit gelap.

5. Skincare Brightening Mengatasi Kulit Kusam karena Radikal Bebas

Salah satu penyebab paling utama dari kulit wajah kusam dan kering adalah radikal bebas seperti paparan sinar UV, debu dan polusi.

Apabila kamu remaja yang memiliki banyak aktivitas diluar ruangan mulai dari pukul 9 pagi sampai 5 sore, maka memakai skincare jenis brightening adalah yang sangat cocok untuk mengatasi kulit wajah kusam dan kering.

Rekomendasi Produk Lightening dan Brightening

Kamu bisa mencoba series Miraculous Avoskin Divine Aura yang memiliki rangkaian skincare brightening dengan kandungan bahan aktif untuk membantu mencerahkan warna kulit, mengurangi tampilan bintik hitam, menjaga elastisitas kulit, mengurangi tampilan pori-pori, dan melembabkan kulit secara optimal. 

Berbeda dengan brightening, skincare jenis lightening adalah yang cenderung mengatasi masalah noda-noda hitam pada wajah. Misalnya, noda hitam karena bekas jerawat, lingkar mata hitam hingga sinar UV. Bahan-bahan yang biasanya ditemui dalam skincare lightening misalnya adalah Hydroquinone, Kojic Acid, Arbutin, Licorice, Tranexamic Acid, Azela Acid.

Kamu pun bisa mencoba Your Skin Bae Serum Kojic Acid. Dengan kemampuan Kojic Acid, serum ini dapat menghambat enzim tyrosinase yang memicu pembentukan pigmen warna kulit.

Itu dia Sahabat AVO, bedanya brightening dan lightening. Apabila brightening mampu mencerahkan wajah dengan bahan-bahan aktif yang membantu proses eksfoliasi atau pergantian sel kulit mati, maka lightening adalah yang berkaitan dengan menekan produksi melanin berlebih supaya warna kulit yang menjadi lebih putih. 

Last Updated on September 08, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 04 July 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya