Bekas Jerawat PIH Bisa Disamarkan, Kok!

0
Diunggah 04 August 2023
LikeAlpha-arbutin

Bekas Jerawat PIH Bisa Disamarkan, Kok!

Sahabat AVO, kamu memiliki bekas jerawat PIH? Kamu menyadari bahwa noda bekasnya berwarna gelap kecoklatan dan lama hilangnya? Kamu nggak perlu khawatir. Walaupun meninggalkan noda hitam di wajah dan udah stay lama disitu, tapi semua masalah ada solusinya.

Lalu apa sih penyebab jerawat ini meninggalkan noda? Gimana caranya supaya tampilan wajah bisa kembali merata dari bekas jerawat yang mengganggu penampilan? Seluruh jawaban ini bisa terjawab setelah kamu memahami bahwa bekas jerawat itu punya banyak jenisnya. Jangan sampai keliru~

BekasJerawat PIH itu Berbeda dengan Bekas Jerawat PIE

Ehem.. untuk semakin meyakinkan diri bahwa noda hitam yang mau diatasi ini adalah bekas jerawat PIH, kita coba cross check sekali lagi, ya. Kenali perbedaan bekas jerawat PIE dan PIH, dulu.

Kalau kita melihat dari jenisnya, jerawat itu bisa meninggalkan dua jenis noda, yaitu bekas jerawat PIE (Post Inflammatory Erytema) dan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation).

Bekas jerawat PIE adalah bekas jerawat yang berwarna kemerahan. Terjadi ketika jerawat meradang mengalami luka.

Kalau kamu tanya kenapa area jerawat bisa terluka? Jawabannya karena kebiasaan sering menggaruk dan memencet jerawat membuat pembuluh darah pecah dan meninggalkan noda merah. 

Bedanya dengan itu, noda jerawat PIH adalah jerawat yang meningalkan noda coklat tua hingga berwarna hitam. Kenapa bisa berwarna hitam yaitu karena terjadi hiperpigmentasi pada area jerawat.

Jerawat yang sedang sensitif mengalami hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari yang kuat dari luar mengenai jerawat yang sedang meradang. Membuat produksi melanin meningkat.

Bekas Jerawat PIH Adalah yang Lebih Sulit Hilang

Kalau kamu merasa noda bekas jerawat ini awet di situ-situ aja, kamu nggak salah. Pada jerawat calon PIH, kulit menyikapi jerawat meradang mirip seperti infeksi.

Nah, karena dianggap sebagai infeksi maka kulit mengirimkan pertolongan berupa sinyal imun ke area yang infeksi. Kemudian, terjadi hiperpigmentasi pada PIH yang merupakan respon trauma kulit pada lapisan epidermis.

Sayangnya, cara kulit merespon trauma adalah dengan membuat melanin terkumpul di lapisan kulit terdalam. Ini yang mengakibatkan noda hitam PIH lama hilangnya. Yaitu, karena respon kulitnya memang cukup dalam.

Melaui bekas jerawat PIH yang lebih sulit hilang ini, kita bisa belajar bahwa merawat kulit berjerawat memang sebegitu pentingnya.

Mencegah PIH dengan SunscreenMinimal 30 SPF

Sebagaimana dijelaskan diatas, penyebab kenapa jerawat itu menghitam adalah karena jerawat sensitif terkena paparan sinar matahari terlalu banyak tanpa perlindungan.

Sebagai tameng utama yang melindungi kulit dan jahatnya sinar UV, kamu bisa menggunakan sunscreen termasuk juga pada area berjerawat. Jangan lupa juga untuk melakukan re-apply sunscreen dengan minimal 30 SPF. 

Disamarkan Lebih Cepat dengan Skincare yang Mengandung Alpha Arbutin

Kamu bisa mencoba perawatan noda hitam PIH dengan penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif seperti alpha arbutin.

Gimana sih caranya bahan aktif ini bekerja? Alpha Arbutin memiliki sifat anti inflamasi dan bertugas menekan aktivitas melanin pada kulit. Produksi melanin mempengaruhi gelapnya suatu area wajah. Lalu dengan mengurangi produksi melanin, maka otomatis wajah menjadi cerah juga warnanya. Termasuk juga pada bekas jerawat PIH.

Apabila kamu memiliki aktivitas luar ruangan dan terpaparan sinar matahari, alpha arbutin dapat membantu mencerahkan bekas jerawat sekaligus merawat jerawat yang sedang sensitif.

Serum Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin untuk Merawat Bekas Jerawat

Avoskin serum alpha arbutin adalah salah satu produk skincare best seller yang dapat memudarkan bekas luka akibat jerawat. Ada kombinasi Alpha Arbutin 3% + Grapeseed untuk mencerahkan kulit bahkan pada bekas jerawat PIH.

Serum Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 30ml dibuat khusus dengan kombinasi bahan aktif yang ringan. Cocok digunakan setiap hari bahkan untuk skincare remaja mulai dari usia 15 tahun. Untuk hasil yang optimal selalu gunakan The Great Shield Sunscreen pada keesokan harinya.

Last Updated on September 11, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 04 August 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya