Penyebab Wajah Berminyak dan Cara Merawat yang Tepat

0
Diunggah 07 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeKulit Berjerawat

Penyebab Wajah Berminyak dan Cara Merawat yang Tepat

Wajah berminyak memang cukup mengganggu penampilan ya. Kenali penyebab wajah berminyak dan cara merawatnya!

Kulit berminyak adalah kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum ini minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Untuk mendapatkan kondisi kulit selalu sehat dan terawat, kamu perlu mengetahui penyebab kulit berminyak dan cara merawatnya.

Penyebab Kulit Berminyak

Faktor penyebab kulit berminyak ada beragam. Maka dari itu, kamu harus memahami faktor tersebut untuk menemukan solusi yang tepat bagi kulitmu.

1. Usia dan Hormon

Remaja dan orang-orang berusia dewasa muda lebih rentan mengalami masalah kulit berminyak. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia seseorang, produksi sebum dari kelenjar minyak akan semakin sedikit. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan banyak kolagen. Berkurangnya kolagen membuat kelenjar minyak bekerja lebih lambat. Ini sebabnya kebanyakan orangtua memiliki kulit yang kering serta penuh garis halus dan keriput.

Selain usia, ketidakseimbangan hormon bisa membuat kelenjar minyak menjadi terlalu aktif. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan, olahraga, penggunaan alat kontrasepsi, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

2. Memiliki Pori-Pori Besar

Seiring bertambahnya usia, kenaikan berat badan, dan kemunculan jerawat akan menyebabkan pori-pori wajah bisa membesar dan melebar. Orang-orang yang memiliki pori-pori besar biasanya memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan orang dengan pori-pori normal. Pori-pori wajah yang besar memang tidak dapat dikecilkan. Namun, kamui bisa mencegah penumpukan kotoran dan sebum pada pori-pori dengan rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi akan mengangkat lapisan kulit yang sudah mati.

3. Merawat Kulit Secara Berlebihan

Merawat kulit memang penting untuk kesehatan kulit, tetapi pastikan kamu tidak berlebihan. Perawatan sederhana saja bisa memberi pengaruh yang besar. Mencuci muka dan eksfoliasi biasa dilakukan untuk membersihkan minyak dan sel kulit mati di wajah yang menumpuk. Meskipun begitu, perawatan ini juga bisa menghilangkan minyak alami kulit jika sering dilakukan alhasi kelenjar minyak menghasilkan banyak sebum untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang dan produksi minyak menjadi berlebih.

Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak berjerawat memang membuat pusing karena sulit untuk diatasi ya. Meskipun ingin jerawat di wajah dapat segera hilang, tetapi merawat kulit berjerawat tidak bisa sembarangan. Jangan asal mencoba berbagai merk obat jerawat karena hasilnya akan membuat jerawat makin banyak dan meradang. Berikut ini ada beberapa kandungan skincare yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit berminyak.

1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah salah satu kandungan yang baik untuk kulit berjerawat. Kandungan aktif yang satu ini cocok untuk kulit berjerawat karena berfungsi sebagai humectant atau memberi kelembapan pada kulit. Dengan menggunakan kandungan ini kulit akan lebih lembap dan kenyal. Hyaluronic acid juga dapat menghidrasi kulit dari dalam dan mengatasi kekeringan karena kadar air pada kulit berkurang.

2. Salicylic Acid

Salicylic acid ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori dan meredakan peradangan. Salicylic acid adalah kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat karena dapat menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mencerahkan kulit. Untuk lebih detailnya, kandungan ini mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi jerawat, mempercepat regenerasi sel kulit, dan membunuh kuman sekaligus bakteri.

3. Niacinamide

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang dapat kamu gunakan adalah kandungan niacinamide. Niacinamide temasuk bahan aktif yang banyak terkandung dalam pelembap dan serum. Dengan penggunaan secara rutin, niacinamide bisa mengurangi sebum dan minyak pada wajah. Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori, dan meningkatkan elastisitas serta ketahanan kulit.

Last Updated on May 08, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 07 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya