Mandelic Acid, Kandungan Ekfoliator untuk Kulit Sensitif

0
Diunggah 12 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Mandelic Acid, Kandungan Ekfoliator untuk Kulit Sensitif

Kandungan ini memang masih jarang ditemukan tetapi ini bisa jadi eksfoliator terbaik untuk kulit sensitif. Lalu, apa sih manfaat mandelic acid?

Mungkin para beauty enthusiast sudah familiar dengan AHA dan BHA serta jenis acid lainnya. Namun, kandungan mandelic acid ini masih kurang dikenal oleh masyarakat umum. Nah, mandelic acid ini adalah turunan dari AHA yang sifatnya lebih lembut di kulit bahkan untuk pemilik kulit sensitif. Yuk, cek penjelasannya di sini!

Apa Itu Mandelic Acid?

Mandelic acid adalah jenis AHA yang berasal dari almond pahit. Mandelic acid ini adalah bahan skincare yang dapat memberikan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Mandelic acid ini bekerja dengan cara mengelupas kulit wajah secara alami tetapi lebih lembut dari glycolic acid. Memiliki ukuran molekul dua kali lebih besar, hal ini membuat mandelic acid membutuhkan waktu lebih lama untuk menembus kulit. Maka dari itu, kecil kemungkinan untuk menyebabkan iritasi.

Manfaat Mandelic Acid untuk Kulit

Kandungan mandelic acid termasuk dalam salah satu golongan AHA memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Berikut ini adalah manfaat mandelic acid untuk kulit.

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat mandelic acid adalah mencerahkan kulit dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit. Sama seperti golongan AHA lainnya, mandelic acid mampu menyingkirkan sel kulit mati dan menggantikannya dengan baru. Hasilnya tekstur kulit akan membaik dan wajah tampak lebih cerah dan terasa lembut.

2. Mengobati Jerawat

Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan mandelic acid sebesar 45 persen memiliki efektivitas yang setara dengan 30% asam salisilat untuk mengendalikan jerawat meradang. Mandelic acid ini juga menimbulkan efek samping yang lebih sedikit. Tak hanya mengobati jerawat, penggunaan mandelic acid juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi komedo.

3. Mengatasi Kerutan dan Garis Halus

Pengelupasan kulit dengan mandelic acid dapat membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen ini suatu jenis protein utama pada kulit dan jaringan ikat. Produksi kolagen yang meningkat ini berkaitan dengan pengurangan keriput dan garis halus di wajah. Hasilnya, kulit tampak lebih kencang dan terasa kenyal.

3. Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi menggelapnya area kulit tertentu karena produksi melanin yang berlebih. Hiperpigmentasi bisa muncul dalam bentuk berupa bercak hitam atau bintik hitam. Nah, penggunaan skincare dengan kandungan mandelic acid dapat memberi efek mencerahkan bintik-bintik hitam di wajah, seperti yang dialami oleh orang-orang yang memiliki kondisi melasma.

Efek Samping Mandelic Acid pada Kulit

Meski memiliki banyak manfaat, perlu diperhatikan jika Mandelic juga dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Meski begitu, efek samping dari jenis acid ini masih dalam level minim. Jenis iritasi yang bisa terjadi pada kulit adalah kemerahan, pembengkakan dan rasa gatal. Jika kamu merasa tidak cocok dengan jenis eksfoliator ini, sebaiknya kurangi penggunaan, dan jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau dermatolog.

Cara Menggunakan Mandelic Acid

Agar kulitmu aman dan terhindar dari iritasi saat pemakaian mandelic acid, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Pakai Sunscreen

Selalu rutin untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya jika memutuskan untuk memakai produk skincare yang mengandung AHA. Hal ini karena penggunaan AHA dapat membuat kulit jadi sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jadi, gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Gunakan Bertahap pada Awal Pemakaian

Salah satu cara menggunakan mandelic acid yang aman dengan bertahap tidak langsung setiap hari. Penggunaan mandelic acid dengan dosis yang berlebihan dapat menimbulkan iritasi kulit. Mulai dengan dosis yang lebih rendah dan menggunakannya secara perlahan sampai kulit sudah beradaptasi baik dengan AHA. Dengan ini, efek samping mandelic acid dapat diminimalisir.

3. Hindari Penggunaan Retinol dan Kandungan Acid Lainnya

Untuk menghindari efek samping mandelic acid, sebaiknya kamu menghindari penggunaan skincare mengandung retinol setidaknya 3-5 hari sebelum menggunakan mandelic acid. Selain itu, produk perawatan yang mengandung asam lainnya juga paling tidak 2 minggu sebelumnya saat digunakan.

Last Updated on October 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya