Apa Itu Perilla? Apa Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah?

0
Diunggah 13 October 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Apa Itu Perilla? Apa Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah?

Daun perilla sering ditemukan pada hidangan Korea dan sudah tidak asing, Ternyata ada beberapa manfaat perilla untuk kulit loh!

Daun perilla adalah daun yang berasal dari pohon dengan nama yang sama. Nama Latinnya adalah Perilla frutescens (L.) Britt. Tanaman ini banyak tumbuh di negara Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, dan India. Kehadiran tanaman ini mulai dikenali di Indonesia semenjak makanan dan restoran Korea menjamur di sini. Rasa daun perilla yang manis dan lembut, cocok disajikan sebagai pendamping makanan negeri ginseng tersebut, terutama di restoran bertema Korean Barbeque. Sebenarnya apa itu daun perilla? Apa saja manfaat perilla untuk kulit?

Apa Itu Daun Perilla?

Perilla atau Shiso perilla yang lebih dikenal sebagai shiso dalam bahasa Jepang, tai to dalam bahasa Vietnam dan kkaennip atau ggaenip dalam bahasa Korea, adalah salah satu spesies tanaman di Asia yang memiliki nama latin Perilla frutescens dan termasuk dalam famili mint (tanaman Lamiaceae). Perilla ini tanaman herbal yang daun dan bijinya dapat digunakan untuk membuat obat.

Daun perilla memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, daun perilla juga mengandung berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, dan kalium, serta beragam senyawa, mulai dari antioksidan, antibakteri, antijamur, antiperadangan, antialergi, hingga antitumor. Perilla digunakan untuk mengobati asma, mengatasi mual, sengatan matahari, menginduksi keringat, dan mengurangi kejang otot. Dalam dunia kuliner, perilla dapat digunakan sebagai penyedap makanan.

Manfaat Perilla untuk Kesehatan Kulit Wajah

Daun ini dkelompokkan sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sudah diteliti. Berikut ini ada beberapa manfaat perilla untuk kulit wajah.

1. Kaya Antioksidan

Daun perilla ini diketahui memiliki sifat antioksidan karena komponen fenolik yang ada di dalamnya. Antioksidan akan membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit metabolik lainnya. Daun yang berwarna ungu, dinilai memiliki sifat antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan daun yang berwarna hijau. Antioksidan ini berfungsi juga untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kekenyalannya.

2. Mengurangi Kemunculan Reaksi Alergi

Menurut penelitian dari Journal of the British Society for Allergy and Clinical Immunology, daun perilla mengandung senyawa asam rosmarinat yang mampu mencegah dan mengurangi gejala reaksi alergi pada saluran pernapasan, seperti batuk dan pilek. Meskipun begitu, penggunaan perilla dalam skincare juga lebih ringan dan kemunculan reaksi alergi ini sangat minim.

3. Mencerahkan Kulit

Ekstrak daun perilla memiliki kemampuan untuk menghambat sintesis tirosinase dan sintesis melanin pada hewan uji. Tidak heran jika tanaman ini dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu bahan baku produk pencerah kulit.

Last Updated on October 18, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 13 October 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya