Tips Mandi untuk Pemilik Kulit Kering dan Sensitif

0
Diunggah 06 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Tips Mandi untuk Pemilik Kulit Kering dan Sensitif

Memiliki kulit kering dan sensitif perlu berhati-hati dalam memilih produk kebersihan. Yuk, cek tips mandi untuk kulit kering dan sensitif!

Kalau kamu memiliki kondisi kulit tubuh yang sangat kering, sensitif, dan gampang mengalami peradangan atau luka bahkan tidak tahan dengan kandungan seperti SLS, kamu wajib berhati-hati. Kulitmu biasanya tidak mampu untuk melembapkan dirinya sendiri jadi harus dibantu dengan moisturizer yang rich dan sangat melembapkan. Kondisi ini biasanya disebut dengan Dermatitis Atopic atau Eczema.

Kondisi eksema ini tidak bisa disembuhkan tetapi kamu bisa menjaganya agar tidak kumat dengan menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa menggunakan produk sabun tanpa detergen, body oil, dan tambahan body lotion. Selain produk yang tepat, perawatan untuk kulit eksema ini harus kamu imbangi dengan kebiasaan yang sesuai. Salah satunya kebiasaan kamu mandi. Mandi ini penting untuk membersihkan badan tetapi juga berbahaya karena membuat kulit kering. Nah, kamu bisa ikuti beberapa tips mandi untuk kulit kering dan sensitif di bawah ini!

1. Gunakan Air Dingin atau Suhu Ruang

Memiliki kulit kering dan sensitif sebaiknya jangan manding menggunakan air panas. Air hangat atau panas ini akan menghilangkan minyak alami kulit, sehingga kulit menjadi kering dan gatal. Selain itu, menggunakan air hangat akan membuat lebih betah untuk lama mandi padahal mandi terlalu lama tidak baik untuk kulit.

2. Pilihlah Produk Sabun yang Lembut

Kamu tidak perlu terlalu bingung memilih produk sabun yang cocok. Tidak harus sabun yang diresepkan oleh dokter, kamu cukup memilih sabun dengan formula lembut, tidak membuat kulit kering, tidak mengandung SLS, dan bukan sabun antiseptic. Kamu bisa memilih produk sabun dengan membaca ingredients yang tertera pada kemasan atau bertanya pada penjual atau penjaga.

3. Jangan Mandi Terlalu Lama

Setelah melakukan aktivitas seharian memang me-time paling enak berendam di kamar mandi bukan? Namun, mandi berlama-lama adalah salah satu kebiasaan buruk untuk kulit kering. Mandi yang terlalu lama dapat mengikis sebum alami pada kulit dan menjadikan kulit semakin mengering. Jadi, kamu harus membatasi waktu mandi dan jangan terlalu lama serta sering mandi. Kamu bisa mandi satu sampai dua kali sehari dengan waktu sekali mandi cukup lima sampai sepuluh menit saja.

Baca Juga : Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

4. Pakai Pelembap Tubuh Setelah Mandi

Jangan menunda atau memberi jeda terlalu lama antara mandi dan memakai body lotion. Kamu bisa memakai pelembap tubuh sesaat setelah selesai mandi. Selesai mandi langsung keringkan tubuh dengan handuk sebentar lalu oleskan body lotion ke seluruh tubuh saat itu juga. Kulit yang masih lembap karena air setelah mandi akan lebih baik dalam menyerap kelembapan body lotion yang kamu aplikasikan.

Kalau kamu masih merasa kulit sangat kering kamu bisa pakai body oil dengan body butter. Jadi, setelah mandi dalam kondisi kulit masih basah, kamu bisa langsung aplikasikan body oil ke seluruh tubuh. Setelah kulit agak kering, lanjutkan dengan mengaplikasikan body butter.

5. Hindari Menggosok Kulit Terlalu Sering dan Kasar

Menggosok kulit menggunakan body scrub, shower puff, atau mengeringkan tubuh dengan handuk kasar juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Kamu tetap boleh menggunakan body scrub tetapi pastikan butirannya tidak terlalu kasar dan jangan terlalu sering memakainya. Selain itu, jangan menggunakan body scrub dalam keadaan kulit kering karena gesekan yang dihasilkan akan lebih kuat. Selain itu, kamu juga perlu meminimalisir penggunaan shower puff. Kamu bisa menghasilkan busa dengan shower puff tetapi tidak menggosoknya ke tubuh. Untuk handuk, pastikan kamu menggunakan kain yang tidak terlalu kasar dan selalu bersih.

Beberapa tips mandi untuk kulit kering dan sensitif di atas bisa kamu lakukan mulai sekarang agar kulitmu tetap sehat ya! Jangan mandi asal-asalan lagi kalau memiliki kulit kering dan sensitif.

Last Updated on October 08, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 06 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya