Kulit Semakin Sehat Dengan Detoksifikasi, Begini Cara dan Manfaatnya!

0
Diunggah 08 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kulit Semakin Sehat Dengan Detoksifikasi, Begini Cara dan Manfaatnya!

Kulit yang cantik tentunya membutuhkan detoksifikasi yang baik. Lalu bagiamana sih cara detoksifikasi agar kulit tetap sehat dan terawat?

Proses detoksifikasi pun ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Detoksifikasi kulit dapat membuat kulit tampak tetap sehat dan cerah, lho. Lantas bagaimana cara detoksifikasi tersebut? Untuk mengetahui lebih dalam mengenai detoksifikas, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga : Apakah Facial dan Chemical Peeling Berbeda? Simak Penjelasannya di Sini!

Apa Itu Detoksifikasi?

Seperti yang dijelaskan di atas, detoksifikasi adalah proses pembuangan racun yang ada di dalam tubuh lewat organ tubuh seperti usus, hati, darah, paru-paru, kulit dan sebagainya. Detoksifikasi sendiri sebenarnya proses alami yang ada di dalam tubuh. Setiap organ memiliki cara detoksifikasi masing-masing.

Misalnya, pada paru-paru, proses detoksifikasi terjadi saat kamu menghembuskan nafas. Sementara pada ginjal, proses detoksifikasi terjadi saat kamu buang air kecil. Begitu pula proses detoksifikasi kulit terjadi saat menghasil keringat dan minyak di wajah.

Beberapa Cara Detoksifikasi

Detosifikasi kulit memang perlu dilakukan dari luar dan dari dalam juga. Beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang lebih sehat.

1. Cleanser Sederhana

Agar proses detoksifikasi pada kulit berjalan lancar, ada beberapa cara bisa dilakukan. Misalnya kamu bisa membersihkan kulit secara sederhana dengan penggunaan cleanser. Kemudian kamu lanjutkan dengan scrub lemon atau outmeal yang dicampur dengan madu.

Detoksifikasi tubuh

Racikan scrub bisa kamu oleskan pada bagian kulit yang tidak sedang iritasi. Hal ini dapat mengangkat sel kulit mati dengan maksimal. Jangan lupa setelah selesai bilaslah dengai air bersih. Bila sempat, sebelum tidur tambahkan essential oil pada wajahmu supaya regenerasi kulit dapat berlangsung secara optimal.

Baca Juga : Pembersih Wajah Baru dari Avoskin, Natural Sublime Facial Cleanser

2. Konsumsi Air Putih

Detoksifikasi tubuh

Konsumsi air putih 8 gelas perhari atau 2 liter perhari juga dapat memperlancar proses detoksifikasi pada kulit. Saat melakukan proses detoks, sebaiknya hindari makanan goreng selama 3 hari, mie instan, dan makanan yang mengandung pewarna. Dengan kalian melakukan hal tersebut tubuh dan kulit akan bisa menjadi sehat, kulit menjadi segar, kenyal dan lembap.

3. Konsumsi Teh Hijau

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya

Manfaat teh hijau memang sudah tidak diragukan lagi. Termasuk untuk mendetoksifikasi kulitmu. Konsumsi teh hijau secara teratur 2-3 gelas dalam sehari baik untuk mengeluarkan toksin yang bersarang di kulit. Selain itu, manfaat teh hijau dapat digunakan sebagai anti inflamasi dan penangkal radikal bebas.

4. Facial

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya

Jangan salah kamu bisa melakukan detoks kulit dengan facial sendiri di rumah. Lakukan facial sendiri menggunakan air hangat yang diberi minyak rasa citrus. Basahi handuk dan tempel di muka, pori-pori akan terbuka. Manfaat facial wajah berguna untuk membersihkan kotoran kulit wajah.

5. Masker

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya

Selain melembapkan, masker wajah juga berguna sebagai sarana detoksifikasi. Menggunakan masker tidak harus dilakukan setiap hari. Hanya cukup membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua kali dalam seminggu untuk menggunakan masker wajah.

Bersihkan wajah terlebih dahulu agar kotoran tidak menempel di masker wajah yang kamu pakai. Kemudian gunakan masker wajah yang sesuai dengan keadaan kulitmu. Tunggu sekitar beberapa menit. Setelah itu lepas perlahan masker dan bersihkan dengan tonic wajah. Pilih masker wajah mengandung vitamin, minyak esensial, dan bahan antiaging seperti gingseng dan green tea.

6. Olahraga

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya
freepik.com

Gerakan olahraga kecil seperti jogging sangat baik untuk detoksifikasi, lho. Gerakan terus menerus yang kamu lakukan, dapat membantu mengurangi toksin yang terdapat dalam tubuh. Saat tarik nafas, oksigen akan masuk ke tubuh. Sementara ketika menghembuskan napas racun pun ikut keluar.

Baca Juga : Memiliki Banyak Kelebihan, Tren Kecantikan Asal Korea โ€œHoney Skinโ€ Patut Dicoba!

7. Scrub Kopi

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya

Untuk membuang sel kulit mati, buang toksin, dan memperlancar peredaran darah, kamu juga bisa memanfaatkan scrub dari kopi. Bubuk kopi bisa dijadikan masker atau scrub yang dapat mengangkat sel kulit mati. Hal ini dikarenakan pada bubuk kopi terdapat kandungan flavanoid yang berperan membantu produksi sel kulit baru.

Proses ini juga dapat mengangkat sel kulit mati yang sudah mengendap lama di dalam kulit. Pada akhirnya, kulit mati akan terkikis sehingga akan muncul sel kulit baru yang lebih bersih dan sehat. Dengan begitu, kulit tentu akan terlihat lebih cerah dan lembut.

8. Menggunakan Skincare Rangkaian Perawatan Avoskin

Detoksifikasi tubuh manfaat dan caranya

Siapa bilang detoksifikasi tidak bisa dilakukan dengan produk perawatan wajah. Nyatanya, rangkaian perawatan dari Avoskin juga bisa kok membantu proses detoks pada kulitmu. Kamu bisa menggunakan pelembap dan pembersih wajah dari Avoskin untuk membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga wajahmu kembali bersih dan cerah setiap saat.

Baca Juga : 5 Kandungan Skincare untuk Kulit Sehat dan Glowing

Manfaat Detox pada Wajah

Setelah mengetahui cara detoksifikasi, berikut adalah manfaat detox yang baik pada wajah agar kamu semakin semangat untuk melakukan detoksifikasi :

1. Melindungi Kulit Wajah dari Polutan

Kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan tidak dapat dipungkiri menyebabkan wajah terpapar polusi. Debu dan udara kotor yang beterbangan pun dapat masuk ke dalam ruangan sehingga tanpa kamu sadari juga membuat wajah terpapar polusi.

Sebab itulah dengan melakukan detoksifikasi, kamu dapat menetralisir polutan-polutan tidak hanya dari tubuhmu tapi juga membersihkan kulit wajah.

2. Menghilangkan Minyak Berlebih pada Wajah dan Kulit

Bukan hanya polutan, kulit terutama pada bagian wajah sangat rentan terhadap minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Kebiasaan yang baik seperti konsumsi air mineral yang disebutkan di atas terlihat sepele namun dapat mengurangi minyak berlebih ini. Hal tersebut karena dengan konsumsi air putih akan menghidrasi kulit. Kulit wajah yang terhidrasi akan lebih stabil produksi minyaknya daripada kulit yang kering.

3. Meningkatkan Paparan Oksigen pada Wajah

Wajah yang terdetoks dengan baik akan lebih bersih daripada wajah yang tidak didetoks. Hal ini menyebabkan hilangnya penghalang yaitu kotoran yang menghalangi kontak kulit dengan oksigen. Padahal oksigen ini dapat memberikan manfaat baik seperti membantu produksi kolagen pada kulit.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen

Seperti yang disebutkan di atas, mangaat detoksifikasi wajah secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Kolagen ini bermanfaat untuk menjaga wajah tetap cerah dan glowing.

Baca Juga : Ritual di Malam Hari agar Wajah Glowing Saat Bangun Tidur

5. Menghindari Munculnya Jerawat

Dengan detox menggunakan 7 cara di atas, wajah akan lebih bersih, mengurangi produksi minyak berlebih, dan memperbaiki sirkulasi darah dengan konsumsi makanan yang mendukung seperti teh hijau yang tinggi antioksidan. Sebab itulah kulit menjadi lebih sehat dan mengurangi resiko munculnya jerawat.

Last Updated on April 13, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya