Menyimpan Kosmetik dalam Lemari Es, Amankah?

0
Diunggah 09 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Menyimpan Kosmetik dalam Lemari Es, Amankah?

Menyimpan kosmetik dalam lemari es semalaman, bisa membuat kosmetik semakin bagus. Namun, tidak semua produk bisa kamu simpan di dalamnya ya!

Penyimpanan kosmetik seringkali membutuhkan tips tersendiri. Seperti halnya tips menyimpan kosmetik di lemari es atau kulkas. Namun, bagaimana tentang keamanan dan kualitas produk jika kita menyimpannya di dalam lemari es? Simak paparannya pada artikel di bawah ini ya!

Perhatikan Bahan Dalam Kosmetik

Menyimpan kosmetik di dalam lemari es diperbolehkan, namun hal ini bergantung pada bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jika kosmetikmu mengandung bahan-bahan yang aman dan organik, maka produk tersebut aman untuk disimpan di dalam lemari es. Kosmetik dengan bahan yang ringan, netral dan organik cenderung tidak mengandung bahan pengawet. Suhu dingin justru dapat menjadi penyimpanan terbaik untuk mempertahankan kualitas kosmetik organik tersebut.

Alternatif untuk Menyelamatkan Kosmetik dari Suhu Panas

Untuk produk kosmetik yang tidak boleh terpapar sinar matahari atau suhu ruangan yang panas, menyimpannya di lemari es dapat menjadi alternatif yang memudahkan. Namun, penyimpanan di lemari es dianjurkan tidak dilakukan secara terus-menerus, melainkan hanya beberapa jam saja. Hal ini ditujukan untuk menstabilkan temperatur suhu untuk produk kosmetik, sehingga formula, tekstur dan kualitasnya tetap terjaga.

Toner, Face Mist, dan Lotion Boleh Disimpan dalam Lemari Es

Produk-produk kosmetik dan perawatan wajah yang bersifat oil-free cukup dianjurkan untuk disimpan ke dalam lemari es. Toner, berfungsi sebagai penyegar yang juga berguna untuk mengecilkan pori-pori wajah dan mengurangi kulit berminyak. Jika digunakan dalam keadaan dingin, fungsi toner akan berjalan lebih efektif saat bersentuhan langsung dengan kulit. Hal ini juga terjadi pada penyimpanan face mist serta lotion ke dalam kulkas.

Dapat Mengurangi Risiko Iritasi Kulit

Selain memberikan sensasi yang lebih segar, penyimpanan kosmetik di lemari es juga dapat mencegah iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan karena tekstur kosmetik yang dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga iritasi dan pembengkakkan dapat dicegah sedini mungkin. Selain itu, bagi kamu pemilik kulit kering dan mudah memerah, tekstur produk kecantikan kulit yang dingin juga dapat mengatasinya.

Meski diperbolehkan, simpanlah dalam lemari es dengan suhu dingin yang normal. Kosmetik dianjurkan disimpan dalam temperatur yang ideal, yaitu antara 8-25 derajat celcius. Suhu yang terlalu dingin dikhawatirkan akan membuat kosmetik menjadi cenderung beku dan menyebabkan formula vitamin di dalamnya menjadi hilang.

Begitu juga, dengan lamanya waktu yang digunakan. Menyimpan kosmetik di dalam lemari es, sebaiknya dilakukan dalam waktu yang cukup, yaitu antara 4-6 jam. Selebihnya, kamu bisa mengeluarkannya untuk sementara pada suhu ruangan yang normal. Setelah 2-3 jam kemudian, kamu bisa menyimpannya kembali di dalam lemari es sesuai dengan waktu yang dianjurkan.

Baca Juga : Sering Gonta-Ganti Skincare, Amankah? Ini Jawabannya!

Selalu Perhatikan Cara Penyimpanannya

bolehshop.com

Jangan sampai penyimpanan kosmetik di lemari es dapat mengganggu benda-benda lain yang ada di dalam lemari es. Simpanlah kosmetik di dalam wadah yang steril dan tertutup, sehingga aroma dan formula kosmetik tetap terjaga kualitasnya. Penyimpanan kosmetik tanpa wadah meskipun sudah tertutup rapat, berpotensi merusak kualitas produk serta mengganggu makanan dan minuman yang ada di lemari esmu, lho!

Tetap Cermati Tanggal Kadaluarsa Produk

Layaknya makanan, kosmetik juga memiliki tanggal kadaluarsa. Pastikan setiap menggunakan produk kecantikan, kamu juga memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Jika kadaluarsa sudah hampir habis, menyimpan kosmetik di lemari es bukan menjadi solusinya! Penyimpanan di dalam lemari es hanya berpengaruh pada tingkat kesegaran teksturnya saja, bukan pada lamanya ketahanan produk tersebut.

Tidak Semua Kosmetik dapat Disimpan Dalam Lemari Es

Khususnya bagi produk kosmetik yang oil-based atau mengandung banyak minyak. Bedak, lipstick, foundation, bahkan krim wajah tidak dianjurkan untuk disimpan di dalam lemari es. Kandungan minyak dan turunannya dapat menebal dan membuat tekstur produk menjadi cenderung pecah dan berkerak sehingga tidak layak lagi digunakan. Perubahan zat kimia di dalamnya juga dapat merusak formula produk tersebut.

Menyimpan Kosmetik pada Ruangan Bersuhu Normal Adalah Pilihan yang Paling Aman

Tidak semua produk kosmetik dianjurkan disimpan di dalam suhu dingin. Pilihan terbaik ialah menyimpannya di ruangan dengan suhu yang normal. Jangan letakkan kosmetik di tempat yang lembab, juga di tempat yang terpapar langsung sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya letakkan meja rias atau tempat kosmetikmu dari jendela dan sumber sinar matahari yang masuk ke dalam ruanganmu.

Last Updated on April 11, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya