Berbagai Jenis Sabun Cuci Muka yang Perlu Kamu Tahu untuk Jenis Kulit Tertentu

0
Diunggah 29 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Berbagai Jenis Sabun Cuci Muka yang Perlu Kamu Tahu untuk Jenis Kulit Tertentu

Beragam jenis sabun cuci muka telah banyak tersedia di pasaran. Lantas, kamu biasa menggunakan jenis sabun yang mana nih?

Sama seperti produk krim wajah yang beraneka ragam, sabun pembersih wajah pun juga memiliki beraneka jenis yang berbeda. Tidak hanya berupa sabun batangan atau cair saja, masih ada varian sabun pembersih wajah yang tersedia di pasaran. Yuk, cari tahu jenis-jenis sabun cuci muka supaya kamu lebih bisa menggunakannya sesuai kebutuhan kulitmu!

Baca Juga : Begini Cara Memilih Sabun Mandi yang Benar Sesuai Jenis Kulit

Jenis-jenis Sabun Muka untuk Masing-Masing Tipe Kulit Wajah dan Cara Penggunaannya

1. Sabun Batang

Bisa dibilang jenis sabun batang merupakan jenis pembersih wajah yang paling lama dan pertama diciptakan oleh manusia.

  • Cara Menggunakan Sabun Batang untuk Wajah

Cara pemakaian yang cukup mudah, menjadi salah satu alasan penggunaan sabun ini cukup diminati. Cukup gosokkan sabun batang ke telapak tangan dengan air, lalu berikan sedikit air dan basuhkan ke seluruh wajah.

sabun cuci muka yang bagus
  • Jenis Kulit yang Cocok untuk Sabun Batang

Sabun jenis ini merupakan sabun cuci muka yang bagus dan bisa digunakan untuk segala jenis kulit serta kebutuhan. Kamu bisa menemukan sabun batang dengan bermacam fungsi. Misalnya, kamu bisa menemukan sabun batang dengan tambahan pewangi alami, anti bakteri, anti jerawat, ataupun eksfoliasi.

Meskipun bersifat melembutkan, sabun ini masih bersifat lebih mengeringkan daripada gel atau krim pembersih wajah lainnya. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih sabun batang yang tidak mengandung detergent yang akan membuat kulit semakin kering. Pilihlah sabun yang terdapat kandungan pelembapnya, seperti emolien, minyak esensial atau madu.

Temukan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu dalam Naufa Avoskin Facial Soap yang akan mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada wajah sehingga kulit terasa lembut, lembap, dan sehat.

2. Sabun Cair

sabun cuci muka yang bagus

Sabun cair memang menjadi pilihan yang tepat untukmu yang gemar dengan kepraktisan. Biasanya, jenis sabun cair identik dengan tekstur berbusa yang timbul saat kamu menggosokkan ke telapak tangan dengan air.

Cara menggunakannya, hanya dengan menuangkan dua tetes sabun cair kemudian beri air sedikit. Jika busa telah muncul, segera usapkan ke wajah sambil dipijat halus. Setelahnya basuh dengan air bersih sampai benar-benar bersih.

Adanya busa saat pemakaian sabun cair akan memberikan efek sedikit kering. Oleh karena itu jenis sabun ini disarankan untuk kulit berminyak. Meskipun begitu, tidak lantas jenis kulit kering atau normal tidak boleh memakai.

Kamu tetap bisa memilih jenis sabun yang mengandung pelembap seperti petrolatum sehingga memberikan efek melembutkan di kulit. Carilah juga produk yang mengandung alpha hydroxy acids untuk membantu pengelupasan kulit kusam dan memungkinkan pelembap dapat menyerap lebih baik.

Pembersih ini juga memiliki ciri khas cepat larut dan mudah dibersihkan. Sehingga jenis sabun ini sangat nyaman dipakai pada pagi dan malam hari untuk menangani permukaan kulit yang berminyak, berdebu, dan meluruhkan makeup tanpa mengakibatkan kulit terasa tebal dan kering.

3. Sabun Gel

sabun cuci muka yang bagus

Dengan tekstur gel, sabun ini tidak seringan sabun cair pada umumnya. Sehingga rasa kental dan tidak lengket bisa kamu rasakan saat mengenakannya.

Sama seperti sabun cair, cara penggunaan sabun gel cukup dengan meneteskan beberapa butir gel ke telapak tanganmu. Basahi dengan sedikit air dan basuhkan pada wajah secara merata. Setelah itu, kamu bisa membersihkan dengan air dingin yang segar sampai wajah sampai tidak ada sabun yang tersisa.

Sabun gel sebenarnya juga berbentuk cair. Hanya bedanya, sabun gel lebih bertekstur kental dan mengandung banyak pewangi. Jenis sabun gel merupakan sabun cuci muka yang bagus digunakan bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Kelebihan dari tekstur gel adalah ketika digosokkan di telapak tangan tidak mengandung banyak busa. Sehingga saat digosokkan ke wajah menimbulkan sensasi licin dan membuat kulit menjadi terasa kenyal.

Baca Juga : Pembersih Wajah Baru dari Avoskin, Natural Sublime Facial Cleanser

4. Cleansing Oil

sabun cuci muka yang bagus

Berbeda dengan sebelumnya, jenis cleansing oil merupakan sabun yang berbahan dasar minyak.

  • Cara Menggunakan Cleansing Oil untuk Wajah

Cara menggunakannya, tuang dua pump cleansing oil, letakkan pada telapak tangan, kemudian pijat ke seluruh wajah. Setelah itu, oleskan sedikit air pada wajah, pijat wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam sampai cleansing oil pada wajah berubah menjadi milky. Kemudian basuhlah wajah menggunakan air hangat.

Jika pekerjaanmu menuntut untuk selalu mengaplikasikan makeup, maka tipe pembersih ini sangat cocok buat kamu. Tak perlu khawatir, cleansing oil juga tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan jenis kulit wajah. Formulanya tidak mengiritasi, sangat disarankan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering atau sensitif.

5. Sabun Scrub

sabun cuci muka yang bagus

Sabun jenis scrub akan membantu dalam mengangkat sel-sel kulit yang menumpuk. Scrub dapat membantu meluruhkan sel mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam. Selain itu scrub juga mempercepat proses regenerasi sel kulit. Tekstur yang agak kasar bila digosokkan pada bagian wajah berguna memperlancar peredaran darah. Gerakan ini menyebabkan melebarnya pembuluh darah untuk sementara waktu. Peredaran darah akan lebih lancar.

Menggunakan scrub untuk membersihkan wajah ada aturannya. Untuk kulit berminyak lakukan dua kali dalam seminggu. Sedangkan untuk kulit kering lakukan sekali setiap dua minggu. Mencoba berbagai jenis scrub untuk mencari yang paling tepat tak masalah, namun jika kulit wajah sensitif sebaiknya kamu hindari. Sebab, scrub bisa jadi malah semakin memperparah kondisi kulitmu.

Namun, bila terdapat infeksi di kulit seperti jerawat, areanya akan melebar juga. Kandungan scrub yang berkhasiat nengangkat sel kulit mati bisa memperburuk kulit berjerawat sehingga muncul peradangan di sekitarnya. Maka dari itu tidak semua kondisi kulit boleh discrub.

Baca Juga : Cara Mencuci Muka yang Benar yang Benar Sesuai Jenis Kulit Wajah

Meski memiliki fungsi yang sama, namun memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit adalah kunci mendapatkan kulit yang bersih dan terawat. Pastikan untuk memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan kulit wajah dan jangan lupa selalu berikan perawatan yang terbaik untuk kulit cantikmu!

Last Updated on August 31, 2022

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 29 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya